Efektivitas Permainan Tradisional Mabbenteng Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone
Nina Karina/862322021011 - Personal Name
Efektivitas Permainan Tradisional Mabbenteng
Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
keterampilan motorik kasar antara siswa sebelum dan sesudah melakukan
pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional mabbenteng.
Perbedaan ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata siswa, di mana nilai
pretest sebesar 2,3793 meningkat menjadi 2,7114 pada posttest. Selain itu,
berdasarkan hasil uji Paired Sample Test menggunakan SPSS versi 27,
diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,038. Karena nilai ini lebih
kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,038 < 0,05), maka hipotesis alternatif (H1)
diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan tradisional mabbenteng
berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar siswa.
Oleh sebab itu, permainan ini disarankan untuk diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran, khususnya yang bertujuan mengembangkan aspek motorik
kasar peserta didik.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, beberapa saran yang
dapat diajukan adalah sebagai berikut:
1. Untuk Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape, Kecamatan Palakka,
Kabupaten Bone, disarankan untuk meningkatkan kualitas fasilitas, sarana,
dan prasarana guna menunjang efektivitas proses pembelajaran, khususnya
dalam pengembangan keterampilan motorik siswa.
2. Bagi guru kelas, diharapkan dapat lebih mengembangkan kreativitas
dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang menarik
dan inovatif, agar tercipta suasana belajar yang lebih aktif dan
menyenangkan bagi siswa.
3. Untuk peneliti, selanjutnya disarankan agar dapat memperluas cakupan
penelitian, baik dari segi jumlah partisipan maupun wilayah studi,
sehingga hasil yang diperoleh memiliki tingkat generalisasi yang lebih
tinggi dan dapat dijadikan acuan secara lebih luas dalam pengembangan
metode pembelajaran.
Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Siswa
Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan
keterampilan motorik kasar antara siswa sebelum dan sesudah melakukan
pembelajaran dengan menggunakan permainan tradisional mabbenteng.
Perbedaan ini terlihat dari peningkatan skor rata-rata siswa, di mana nilai
pretest sebesar 2,3793 meningkat menjadi 2,7114 pada posttest. Selain itu,
berdasarkan hasil uji Paired Sample Test menggunakan SPSS versi 27,
diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,038. Karena nilai ini lebih
kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,038 < 0,05), maka hipotesis alternatif (H1)
diterima. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan tradisional mabbenteng
berkontribusi positif dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar siswa.
Oleh sebab itu, permainan ini disarankan untuk diterapkan dalam kegiatan
pembelajaran, khususnya yang bertujuan mengembangkan aspek motorik
kasar peserta didik.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, beberapa saran yang
dapat diajukan adalah sebagai berikut:
1. Untuk Madrasah Ibtidaiyah Babul Ilmi Lemoape, Kecamatan Palakka,
Kabupaten Bone, disarankan untuk meningkatkan kualitas fasilitas, sarana,
dan prasarana guna menunjang efektivitas proses pembelajaran, khususnya
dalam pengembangan keterampilan motorik siswa.
2. Bagi guru kelas, diharapkan dapat lebih mengembangkan kreativitas
dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang menarik
dan inovatif, agar tercipta suasana belajar yang lebih aktif dan
menyenangkan bagi siswa.
3. Untuk peneliti, selanjutnya disarankan agar dapat memperluas cakupan
penelitian, baik dari segi jumlah partisipan maupun wilayah studi,
sehingga hasil yang diperoleh memiliki tingkat generalisasi yang lebih
tinggi dan dapat dijadikan acuan secara lebih luas dalam pengembangan
metode pembelajaran.
Ketersediaan
| STAR20250227 | 227/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
227/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
