Efektivitas Media Papan Tempel Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Pembelajaran IPA Kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe Kabupaten Bone
Asni Ilyana Putri/8622322021038 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Media Papan Tempel Tumbuhan
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA
Kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Adapun Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79
Bulu Tempe tentang pembelajaran IPA tanpa menggunakan media papan tempel
tumbuhan. 2) Pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu
Tempe tentang pembelajaran IPA menggunakan media papan tempel. 3)
Efektivitas penggunaan media papan tempel tumbuhan efektif untuk
meningkatkkan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu
Tempe.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di UPT SD Inpres
12/79 Bulu Tempe dan menjadi sampel yaitu semua siswa kelas IV dengan jumlah
34 siswa dengan menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrumen penelitian
menggunakan Tes. Teknik analisis data statistik inferensial yang terdiri dari uji
normalitas, uji hipotesis dan uji efektivitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media papan tempel efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA materi bagianbagian tumbuhan kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Hal ini dibuktikan
mmelalui hasil analisis inferensial dengan uji normalitas pada Pretest nilai
probalitas signifinakansi 0,72>0,05 dan posttest nillai probalitas signifikansi
0,73>0,05. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus SPSS versi 27
melalui sig (2-tailed) maka dapat dikatakan H₀ ditolak dan H₁ diterima. Serta uji
efektivitas dengan rumus N-Gain menunjukkan bahwa nilai presentase 9,33
dengan peresentase 39,59% di atas nilai 0,7 presentase di atas 7% sehingga
termasuk dalam kategori tinggi. Jadi, media papan tempel yang diterapkan peneliti
efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres
12/79 Bulu Tempe.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep siswa tanpa menggunakan media papan tempel dalam
pemelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dengan memiliki
persentase sebesar 6% dengan jumlah siswa sebanyak 2 orang dalam
kategori rendah, 47% dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang dalam
kategori sedang, dan 47% dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang yang
termasuk dalam kategori tinggi. Dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal
pretest sebesar 55.
2. Pemahaman konsep siswa menggunakan media papan tempeldalam
pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan memiliki persentase 3%
dengan jumlah siswa 1 orang dalam kategori rendah, 53% dengan jumlah
siswa sebanyak 18 orang dalam kategori sedang, dan 47% dengan jumlah
siswa sebanyak 16 orang yang termasuk dalam kategori tinggi. Dan nilai
rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 72,94.
3. Efektivitas media papan tempel dalam meningkatkan pemahaman konsep
siswa materi bagian-bagian tumbuhan di UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe
yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial uji normalitas pada pretest
nilai probalitas signifikansi 0,072>0,05 dan pada posttest nilai probalitas
signifikansi 0,073>0,05 sehingga disimpulkan datanya bahwa penelitian
berdistribusi normal. Uji hipotesis deangan menggunakan rumus SPSS versi
27 melalui sig(2-tailed) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Uji efektivitas dengan rumus N.Gain menunjukkan bahwa nilai
presentase 9,33 dengan persentase 39,59% diatas nilai 0,7 presentase di atas
70%, sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi. Jadi, media papan tempel
yang diterapkan peneliti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe.
B. Saran
Terdapat beberapa saran yang telah disimpulkan dari hasil penelitian ini,
maka penulis memiliki beberapa saran yang mungkin dapat dilaksanakan untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa, yaitu:
1. Bagi Kepala Sekolah
Mendukung fasilitas implementasi pada media papan tempel untuk
meningkatkan pemahaman konsep khususnya pada kelas IV. Pastikan
tenaga pendidik dalam pengembangan profesional dan monitor pada hasil
belajar peserta didik yang secara rutin.
2. Bagi Guru
Dalam tingkatan pemahaman dengan menggunakan metode tersebut,
rencana pembelajaran dengan baik, dan memanfaatkan media papan tempel
serta evaluasi hasil pembelajaran secara rutin.
3. Bagi Siswa
Memanfaatkan peluang belajar dengan aktif, gunakan media papan
tempel dengan baik, dan ajukan pertanyaan jika dipergunakan. Jalin
kerjasama dengan teman dan berkomunikasi dengan tenaga pendidik yang
bersangkutan mengenai tantangan dan keberhasilan belajar, terus tingkatkan
pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA.
Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pembelajaran IPA
Kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Adapun Pokok permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79
Bulu Tempe tentang pembelajaran IPA tanpa menggunakan media papan tempel
tumbuhan. 2) Pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu
Tempe tentang pembelajaran IPA menggunakan media papan tempel. 3)
Efektivitas penggunaan media papan tempel tumbuhan efektif untuk
meningkatkkan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu
Tempe.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV di UPT SD Inpres
12/79 Bulu Tempe dan menjadi sampel yaitu semua siswa kelas IV dengan jumlah
34 siswa dengan menggunakan metode Sampling Jenuh. Instrumen penelitian
menggunakan Tes. Teknik analisis data statistik inferensial yang terdiri dari uji
normalitas, uji hipotesis dan uji efektivitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media papan tempel efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA materi bagianbagian tumbuhan kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe. Hal ini dibuktikan
mmelalui hasil analisis inferensial dengan uji normalitas pada Pretest nilai
probalitas signifinakansi 0,72>0,05 dan posttest nillai probalitas signifikansi
0,73>0,05. Sedangkan uji hipotesis dengan menggunakan rumus SPSS versi 27
melalui sig (2-tailed) maka dapat dikatakan H₀ ditolak dan H₁ diterima. Serta uji
efektivitas dengan rumus N-Gain menunjukkan bahwa nilai presentase 9,33
dengan peresentase 39,59% di atas nilai 0,7 presentase di atas 7% sehingga
termasuk dalam kategori tinggi. Jadi, media papan tempel yang diterapkan peneliti
efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV UPT SD Inpres
12/79 Bulu Tempe.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan:
1. Pemahaman konsep siswa tanpa menggunakan media papan tempel dalam
pemelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dengan memiliki
persentase sebesar 6% dengan jumlah siswa sebanyak 2 orang dalam
kategori rendah, 47% dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang dalam
kategori sedang, dan 47% dengan jumlah siswa sebanyak 16 orang yang
termasuk dalam kategori tinggi. Dan nilai rata-rata yang diperoleh pada soal
pretest sebesar 55.
2. Pemahaman konsep siswa menggunakan media papan tempeldalam
pembelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan memiliki persentase 3%
dengan jumlah siswa 1 orang dalam kategori rendah, 53% dengan jumlah
siswa sebanyak 18 orang dalam kategori sedang, dan 47% dengan jumlah
siswa sebanyak 16 orang yang termasuk dalam kategori tinggi. Dan nilai
rata-rata yang diperoleh pada soal posttest sebesar 72,94.
3. Efektivitas media papan tempel dalam meningkatkan pemahaman konsep
siswa materi bagian-bagian tumbuhan di UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe
yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial uji normalitas pada pretest
nilai probalitas signifikansi 0,072>0,05 dan pada posttest nilai probalitas
signifikansi 0,073>0,05 sehingga disimpulkan datanya bahwa penelitian
berdistribusi normal. Uji hipotesis deangan menggunakan rumus SPSS versi
27 melalui sig(2-tailed) maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima. Uji efektivitas dengan rumus N.Gain menunjukkan bahwa nilai
presentase 9,33 dengan persentase 39,59% diatas nilai 0,7 presentase di atas
70%, sehingga termasuk ke dalam kategori tinggi. Jadi, media papan tempel
yang diterapkan peneliti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep
siswa kelas IV UPT SD Inpres 12/79 Bulu Tempe.
B. Saran
Terdapat beberapa saran yang telah disimpulkan dari hasil penelitian ini,
maka penulis memiliki beberapa saran yang mungkin dapat dilaksanakan untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa, yaitu:
1. Bagi Kepala Sekolah
Mendukung fasilitas implementasi pada media papan tempel untuk
meningkatkan pemahaman konsep khususnya pada kelas IV. Pastikan
tenaga pendidik dalam pengembangan profesional dan monitor pada hasil
belajar peserta didik yang secara rutin.
2. Bagi Guru
Dalam tingkatan pemahaman dengan menggunakan metode tersebut,
rencana pembelajaran dengan baik, dan memanfaatkan media papan tempel
serta evaluasi hasil pembelajaran secara rutin.
3. Bagi Siswa
Memanfaatkan peluang belajar dengan aktif, gunakan media papan
tempel dengan baik, dan ajukan pertanyaan jika dipergunakan. Jalin
kerjasama dengan teman dan berkomunikasi dengan tenaga pendidik yang
bersangkutan mengenai tantangan dan keberhasilan belajar, terus tingkatkan
pemahaman konsep dalam pembelajaran IPA.
Ketersediaan
| STAR20250153 | 153/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
153/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
