Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Geometri Pada Kelas V SD Inpres 12/79 Cinennung Kabupaten Bone
Riswana/862322021043 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan pendekatan
etnomatematika dalam menyelesaikan soal geometri pada kelas V SD Inpres
12/79 Cinennung, (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnomatematika
dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal geometri pada kelas V SD
Inpres 12/79 Cinennung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain pre-eksperimental menggunakan one group pretest-
posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Inpres 12/79
Cinennung Kabupaten Bone yang berjumlah 19 orang dan sampel penelitian 19
orang. Berdasarkan hasil tes, skor rata-rata peserta didik mengalami peningkatan
antara pretest dan posttest sebesar 14,89 menjadi 36,84. Hasil uji paired sample t-
test diperoleh 0,001 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal
geometri pada kelas V SD Inpres 12/79 Cinennung Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait pengaruh
pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan
soal geometri pada kelas V SD Inpres 12/79 Cinennung, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran geometri
dilakukan dengan mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal,
yaitu dengan menggunakan kue tradisional Bugis berupa kue Pipang dan
kue Bolu Peca’ sebagai media pembelajaran. Pendekatan ini membantu
peserta didik memahami konsep luas permukaan dan volume bangun
ruang kubus dan balok secara lebih konkret, karena dikaitkan langsung
dengan objek yang dekat dengan kehidupan mereka. Selama proses
pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat aktif dan antusias dalam
proses pembelajaran.
2. Pendekatan etnomatematika berpengaruh signifikan terhadap peningkatan
kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri yang
berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolahan data SPSS versi 27 diperoleh sig.(2-tailed) dengan nilai 0,001
< 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Peserta Didik
Pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang
membutuhkan pemahaman peserta didik dalam menguasai langkah-
langkah dalam menyelesaikan soal agar mampu menjawab soal dengan
baik dan benar.
2. Bagi Guru Diharapkan untuk mengimplementasikan pendekatan
etnomatematika dalam pembelajaran matematika, khususnya materi
geometri. Agar dapat meningkatkan pemahaman konsep melalui konteks
budaya yang relevan dalam kehidupan peserta didik.
3. Bagi Sekolah
Diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap pengembangan
pembelajaran berbasis budaya lokal dengan menciptakan lingkungan yang
mendorong inovasi dalam proses pembelajaran.
4. Bagi Peneliti Lain
Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji pendekatan
etnomatematika pada materi atau jenjang pendidikan yang berbeda serta
menggunakan desain penelitian yang melibatkan kelompok kontrol agar
hasil penelitian lebih mendalam dan menyeluruh.
etnomatematika dalam menyelesaikan soal geometri pada kelas V SD Inpres
12/79 Cinennung, (2) untuk mengetahui pengaruh pendekatan etnomatematika
dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal geometri pada kelas V SD
Inpres 12/79 Cinennung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan desain pre-eksperimental menggunakan one group pretest-
posttest design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas V SD Inpres 12/79
Cinennung Kabupaten Bone yang berjumlah 19 orang dan sampel penelitian 19
orang. Berdasarkan hasil tes, skor rata-rata peserta didik mengalami peningkatan
antara pretest dan posttest sebesar 14,89 menjadi 36,84. Hasil uji paired sample t-
test diperoleh 0,001 < 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal
geometri pada kelas V SD Inpres 12/79 Cinennung Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait pengaruh
pendekatan etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan
soal geometri pada kelas V SD Inpres 12/79 Cinennung, maka dapat
disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran geometri
dilakukan dengan mengaitkan konsep matematika dengan budaya lokal,
yaitu dengan menggunakan kue tradisional Bugis berupa kue Pipang dan
kue Bolu Peca’ sebagai media pembelajaran. Pendekatan ini membantu
peserta didik memahami konsep luas permukaan dan volume bangun
ruang kubus dan balok secara lebih konkret, karena dikaitkan langsung
dengan objek yang dekat dengan kehidupan mereka. Selama proses
pembelajaran berlangsung peserta didik terlihat aktif dan antusias dalam
proses pembelajaran.
2. Pendekatan etnomatematika berpengaruh signifikan terhadap peningkatan
kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal geometri yang
berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolahan data SPSS versi 27 diperoleh sig.(2-tailed) dengan nilai 0,001
< 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Peserta Didik
Pada materi luas permukaan dan volume bangun ruang
membutuhkan pemahaman peserta didik dalam menguasai langkah-
langkah dalam menyelesaikan soal agar mampu menjawab soal dengan
baik dan benar.
2. Bagi Guru Diharapkan untuk mengimplementasikan pendekatan
etnomatematika dalam pembelajaran matematika, khususnya materi
geometri. Agar dapat meningkatkan pemahaman konsep melalui konteks
budaya yang relevan dalam kehidupan peserta didik.
3. Bagi Sekolah
Diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap pengembangan
pembelajaran berbasis budaya lokal dengan menciptakan lingkungan yang
mendorong inovasi dalam proses pembelajaran.
4. Bagi Peneliti Lain
Peneliti selanjutnya disarankan untuk mengkaji pendekatan
etnomatematika pada materi atau jenjang pendidikan yang berbeda serta
menggunakan desain penelitian yang melibatkan kelompok kontrol agar
hasil penelitian lebih mendalam dan menyeluruh.
Ketersediaan
| STAR20250161 | 161/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
161/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
