Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran
berdiferensiasi dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pada siswa
kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Bone. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen jenis Posttest Only Control
Group Design. Subjek penelitian terdiri atas 56 siswa, yang terbagi dalam dua
kelompok : kelas kontrol (28 siswa) dan kelas eksperimen (28 siswa). Kelas
eksperimen diberikan perlakuan strategi pembelajaran berdiferensiasi yang
menyesuaikan gaya belajar siswa (visual, auditori, dan kinestetik), sementara
kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang
digunakan adalah tes posttest untuk mengukur pemahaman konsep penjumlahan
pecahan berpenyebut tidak sama. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata
nilai posttest siswa kelas eksperimen adalah 77,14 dengan persentase ketuntasan
belajar (peningkatan pemahaman konsep penjumlahan) 68%, sedangkan pada
kelas kontrol rata-rata nilai hanya 57,14 dengan persentase ketuntasan belajar
(peningkatan pemahaman konsep penjumlahan) 32%. Uji Independent Sample T-
Test menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, yang
berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi
efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan siswa.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas strategi
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan pemahaman konsep
penjumlahan siswa kelas V MIN 7 Bone, maka dapat disimpulkan :
1. Hasil posttest kemampuan pemahaman konsep penjumlahan siswa
sebelum menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi kelas V A
(kelas kontrol) MIN 7 Bone menunjukkan nilai rata – rata kemampuan
hasil kerja siswa sebesar 57,14, standar deviasi yaitu sebesar 25,799,
terdapat skor minimum sebesar 25, dan skor maksimum sebesar 100
dengan presentase ketuntasan sebesar 32%.
2. Hasil posttest kemampuan pemahaman konsep penjumlahan siswa
setelah menggunakan strategi pembelajaran berdiferensiasi kelas V B
(kelas eksperimen) MIN 7 Bone menunjukkan nilai rata – rata
kemampuan hasil kerja siswa sebesar 77,14, standar deviasi yaitu sebesar
16,240, terdapat skor minimum sebesar 50, dan skor maksimum sebesar
100 dengan presentase ketuntasan sebesar 68%. Efektivitas strategi
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan pemahaman konsep
penjumlahan siswa pada siswa kelas V MIN 7 Bone pada materi pecahan
berpenyebut tidak sama yang berdasarkan pada uji Independent Sample
T-Test dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSS Versi 27
diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari
Ketersediaan
STAR20250231231/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

231/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top