Pengaruh Media Buku Komik Terhadap Kemampuan Membaca permulaan siswa kelas II di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone
Emi Mastura/862322021055 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Pengaruh Media Buku Komik
Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Babul Ilmi
Lemoape Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk
one group pretest-posttest design dengan jumlah populasi 22 siswa dan
menggunakan pendekatan pedagogik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa tes yang berbentuk essay. Menggunakan analisis data deskriptif dan
analisis data inferensial dengan bantuan Microsoft Excel dan Statistical Pacge
Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata
pretest sebesar 40,9 sementara itu nilai rata-rata posttest sebesar 82,7 dengan
standar ketuntasan (KKTP) 68. Peningkatan kemampuan siswa kelas II di MI
Babul Ilmi Lemoape setelah menggunakan media buku komik didukung dengan
hasil uji hipotesis berupa uji Paired Sample T-Test Statistik dengan nilai
signifikansi rata-rata sebesar 0,000 Yang berarti lebih kecil dari < 0,005.
Berdasarkan data dan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media buku komik
berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II dapat
dikatakan meningkat.
A. Simpulan
Pengaruh Media Buku Komik Terhadap Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa Kelas II di MI Babul Ilmi Lemoape meningkat, karena nilai
rata-rata sebelum penggunaan media buku komik sebesar 40,9, standar deviasi
10,2, serta persentase ketuntasan sebesar 0%. Setelah penggunaan media buku
komik terhadap kemampuan membaca permulaan memiliki rata-rata sebesar 82,7,
standar deviasi 19,8, serta persentase ketuntasan sebesar 82%. Hal tersebut sejalan
dengan hasil uji Paired Sample T-Test Statistik 0,000 yang berarti lebih kecil dari
< 0,005. Dengan demikian hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima.
Sehingga media buku komik berpengaruh tehadap kemampuan membaca
permulaan siswa kelas II di MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone dapat
dikatakan meningkat.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Sebagai bahan masukan dan informasi bagi guru diharapkan dapat
menerapkan media buku komik dalam proses belajar mengajar terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa.
2. Hendaknya guru memperkenalkan media pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa mengembangkan kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensional. Pengaruh penggunaan media buku komik terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa tergolong tinggi.
3. Bagi Peneliti Lain agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media buku
komik dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI).
4. Bagi peneliti sendiri, sebagai syarat dalam menyelesaikan perkuliahan dan
persyaratan untuk mendapkan gelar S.Pd.
Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Babul Ilmi
Lemoape Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan bentuk
one group pretest-posttest design dengan jumlah populasi 22 siswa dan
menggunakan pendekatan pedagogik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini berupa tes yang berbentuk essay. Menggunakan analisis data deskriptif dan
analisis data inferensial dengan bantuan Microsoft Excel dan Statistical Pacge
Social Science (SPSS) versi 23. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata
pretest sebesar 40,9 sementara itu nilai rata-rata posttest sebesar 82,7 dengan
standar ketuntasan (KKTP) 68. Peningkatan kemampuan siswa kelas II di MI
Babul Ilmi Lemoape setelah menggunakan media buku komik didukung dengan
hasil uji hipotesis berupa uji Paired Sample T-Test Statistik dengan nilai
signifikansi rata-rata sebesar 0,000 Yang berarti lebih kecil dari < 0,005.
Berdasarkan data dan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media buku komik
berpengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas II dapat
dikatakan meningkat.
A. Simpulan
Pengaruh Media Buku Komik Terhadap Kemampuan Membaca
Permulaan Siswa Kelas II di MI Babul Ilmi Lemoape meningkat, karena nilai
rata-rata sebelum penggunaan media buku komik sebesar 40,9, standar deviasi
10,2, serta persentase ketuntasan sebesar 0%. Setelah penggunaan media buku
komik terhadap kemampuan membaca permulaan memiliki rata-rata sebesar 82,7,
standar deviasi 19,8, serta persentase ketuntasan sebesar 82%. Hal tersebut sejalan
dengan hasil uji Paired Sample T-Test Statistik 0,000 yang berarti lebih kecil dari
< 0,005. Dengan demikian hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima.
Sehingga media buku komik berpengaruh tehadap kemampuan membaca
permulaan siswa kelas II di MI Babul Ilmi Lemoape Kabupaten Bone dapat
dikatakan meningkat.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Sebagai bahan masukan dan informasi bagi guru diharapkan dapat
menerapkan media buku komik dalam proses belajar mengajar terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa.
2. Hendaknya guru memperkenalkan media pembelajaran yang menarik dan
interaktif, agar siswa mengembangkan kemampuannya dalam proses
pembelajaran. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak bersifat
konvensional. Pengaruh penggunaan media buku komik terhadap
kemampuan membaca permulaan siswa tergolong tinggi.
3. Bagi Peneliti Lain agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media buku
komik dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
(PGMI).
4. Bagi peneliti sendiri, sebagai syarat dalam menyelesaikan perkuliahan dan
persyaratan untuk mendapkan gelar S.Pd.
Ketersediaan
| STAR20250196 | 196/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
196/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
