Efektivitas Model problem based learning (PBL) Terhadap Kemampuan dan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone.
Sarmila/862322021066 - Personal Name
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu terkait kurangnya
kemampuan membaca dan pemahaman siswa. Adapun tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengkaji efektivitas model problem based learning
menggunakan pendekatan pedagogik terhadap kemampuan membaca dan
pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yakni jenis penelitian kuantitatif desain pre-eksperimen
dengan tipe pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa lembar tes kemampuan membaca pemahaman dalam mata pelajaran
bahasa Indonesia dengan materi menentukan ide pokok yang menggunakan
lembar penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui Statiscal
Package Social Science (SPPS) versi 27 untuk mengetahui hasil perhitungan
nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
hipotesis, uji efektivitas. Melalui uji hipotesis dengan pengambilan keputusan
bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak (tidak efektif) dan
H1 diterima (efektif). Adapun hasil dari uji efektivitas yakni sebesar 72,17
dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran efektivitas N-Gain Score
berada pada kategori cukup efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang mengenai tentang
efektivitas model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Efektivitas Model problem based learning terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru. Melalui uji
hipotesis yakni dapat dilihat dengan uji hipotesis dengan pengambilan
keputusan. Jika nilai signifikansi (2-tailed)
kemampuan membaca dan pemahaman siswa. Adapun tujuan dari penelitian
ini yaitu untuk mengkaji efektivitas model problem based learning
menggunakan pendekatan pedagogik terhadap kemampuan membaca dan
pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini yakni jenis penelitian kuantitatif desain pre-eksperimen
dengan tipe pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa lembar tes kemampuan membaca pemahaman dalam mata pelajaran
bahasa Indonesia dengan materi menentukan ide pokok yang menggunakan
lembar penilaian sesuai dengan kisi-kisi instrumen. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui Statiscal
Package Social Science (SPPS) versi 27 untuk mengetahui hasil perhitungan
nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji reliabilitas, uji normalitas, uji
hipotesis, uji efektivitas. Melalui uji hipotesis dengan pengambilan keputusan
bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak (tidak efektif) dan
H1 diterima (efektif). Adapun hasil dari uji efektivitas yakni sebesar 72,17
dari skor tersebut dapat diketahui bahwa tafsiran efektivitas N-Gain Score
berada pada kategori cukup efektif.
A. Simpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang mengenai tentang
efektivitas model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten
Bone, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
Efektivitas Model problem based learning terhadap kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas V SD Inpres 6/86 Biru. Melalui uji
hipotesis yakni dapat dilihat dengan uji hipotesis dengan pengambilan
keputusan. Jika nilai signifikansi (2-tailed)
Ketersediaan
| STAR2025361 | 361/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
361/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
