Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Cicilan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada Pegadaian CP Watampone)
Nurhikah/612062019028 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang “Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk
Cicilan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada Pegadaian CP
Watampone)”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaiamana
strategi pemasaran produk cicilan emas di Pegadaian CP Watampone dalam
meningkatkan jumlah nasabahnya.
Penelitian ini merupakan peneliatan lapangan (field research) dan
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah
Data Primer yakni data yang dipeoleh secara langsung dari subjek yang diteliti yaitu
pimpinan atau pegawai dan objek yang diteliti yakni pegadaian CP Watampone.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu menggunakan
metode analisis deskriptif kualitatif.
Strategi yang digunakan pegadaian CP Watampone dalam memasarkan
produknya secara garis besarnya adalah kanvassing secara langsung dimana pihak
pegadaian turun langsung ke pasar atau ke rumah nasabah untuk menawarkan
produknya, literasi yaitu pengenalan produk kepada masyarakat dengan melakukan
literasi baik itu disekolah, kantor desa dan instansi lainnya, pemasaran produk
melalui sosial media baik itu diinstagram,whatsapp,facebook dan sebagainya. Adapun
strategi yang digunakan berdasarkan dengan kebutuhan nasabah yaitu menggunakan
bauran pemasaran meliputi, produk, harga, tempat, dan promosi.
A. Kesimpulan
Strategi yang digunakan pegadaian CP Watampone dalam memasarkan
produknya secara garis besarnya adalah kanvassing secara langsung dimana pihak
pegadaian turun langsung ke pasar atau ke rumah nasabah untuk menawarkan
produknya, literasi yaitu pengenalan produk kepada masyarakat dengan melakukan
literasi baik itu disekolah, kantor desa dan instansi lainnya, pemasaran produk
melalui sosial media baik itu diinstagram,whatsapp,facebook dan sebagainya. Adapun
strategi yang digunakan berdasarkan dengan kebutuhan nasabah yaitu menggunakan
bauran pemasaran meliputi, produk, harga, tempat, dan promosi.
B. Saran
Melalui pengamatan pada saat melakukan penelitian di Pegadaian CP
Watampone penulis memberikan saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi semua
pihak. Adapun saran yang bisa saya berikan kepada pihak pegadaian cp watampone
perlu melakukan peningkatan sosialisasi atau melakukan perluasan untuk
memperkenalkan produk-produk di berbagai desa yang belum mengenal produk
pegadaian. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui manfaat dari produk
tersebut untuk memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang.
Cicilan Emas Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah (Studi Pada Pegadaian CP
Watampone)”. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaiamana
strategi pemasaran produk cicilan emas di Pegadaian CP Watampone dalam
meningkatkan jumlah nasabahnya.
Penelitian ini merupakan peneliatan lapangan (field research) dan
menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah
Data Primer yakni data yang dipeoleh secara langsung dari subjek yang diteliti yaitu
pimpinan atau pegawai dan objek yang diteliti yakni pegadaian CP Watampone.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisis data yaitu menggunakan
metode analisis deskriptif kualitatif.
Strategi yang digunakan pegadaian CP Watampone dalam memasarkan
produknya secara garis besarnya adalah kanvassing secara langsung dimana pihak
pegadaian turun langsung ke pasar atau ke rumah nasabah untuk menawarkan
produknya, literasi yaitu pengenalan produk kepada masyarakat dengan melakukan
literasi baik itu disekolah, kantor desa dan instansi lainnya, pemasaran produk
melalui sosial media baik itu diinstagram,whatsapp,facebook dan sebagainya. Adapun
strategi yang digunakan berdasarkan dengan kebutuhan nasabah yaitu menggunakan
bauran pemasaran meliputi, produk, harga, tempat, dan promosi.
A. Kesimpulan
Strategi yang digunakan pegadaian CP Watampone dalam memasarkan
produknya secara garis besarnya adalah kanvassing secara langsung dimana pihak
pegadaian turun langsung ke pasar atau ke rumah nasabah untuk menawarkan
produknya, literasi yaitu pengenalan produk kepada masyarakat dengan melakukan
literasi baik itu disekolah, kantor desa dan instansi lainnya, pemasaran produk
melalui sosial media baik itu diinstagram,whatsapp,facebook dan sebagainya. Adapun
strategi yang digunakan berdasarkan dengan kebutuhan nasabah yaitu menggunakan
bauran pemasaran meliputi, produk, harga, tempat, dan promosi.
B. Saran
Melalui pengamatan pada saat melakukan penelitian di Pegadaian CP
Watampone penulis memberikan saran yang diharapkan dapat bermanfaat bagi semua
pihak. Adapun saran yang bisa saya berikan kepada pihak pegadaian cp watampone
perlu melakukan peningkatan sosialisasi atau melakukan perluasan untuk
memperkenalkan produk-produk di berbagai desa yang belum mengenal produk
pegadaian. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengetahui manfaat dari produk
tersebut untuk memenuhi kebutuhan dimasa yang akan datang.
Ketersediaan
| SFEBI20230242 | 242/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
242/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
