Pengaruh Media Diorama Siklus Air Terhadap Kemampuan Kritis Siswa PAda Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
Melani Putri/862322021045 - Personal Name
Berpikir kritis merupakan tujuan yang ideal di dalam pendidikan karena
mempersiapkan peserta didik untuk kehidupan kedewasaannya. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum
mengunakan media diorama siklus air, 2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata Pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
setelah menggunakan media diorama siklus air, Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design
menggunakan one-group pretest-posttest design yang dilakukan di SD Inpres 6/86
Biru Kabupaten Bone pada kelas V dengan jumlah populasi 34 siswa dan sampel
34 siswa. kemudian pendekatan yang digunakan pedagogik. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial
melalui Program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 27. Sebelum dan
setelah diterapkannya media diorama siklus air di kelas V SD Inpres 6/86 Biru
Kabupaten Bone mengalami peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas V mencapai 45,4 dan nilai rata-rata untuk posttest kelas V
mencapai 77,4 dengan Kriteria Ketuntasan Miniman (KKM) pada pembelajaran
IPA dikelas V mencapai 75. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-Test nilai
signifikansinya yaitu
mempersiapkan peserta didik untuk kehidupan kedewasaannya. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada mata
pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone sebelum
mengunakan media diorama siklus air, 2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa pada mata Pelajaran IPA di kelas V SD Inpres 6/86 Biru Kabupaten Bone
setelah menggunakan media diorama siklus air, Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design
menggunakan one-group pretest-posttest design yang dilakukan di SD Inpres 6/86
Biru Kabupaten Bone pada kelas V dengan jumlah populasi 34 siswa dan sampel
34 siswa. kemudian pendekatan yang digunakan pedagogik. Adapun teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial
melalui Program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 27. Sebelum dan
setelah diterapkannya media diorama siklus air di kelas V SD Inpres 6/86 Biru
Kabupaten Bone mengalami peningkatan, dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas V mencapai 45,4 dan nilai rata-rata untuk posttest kelas V
mencapai 77,4 dengan Kriteria Ketuntasan Miniman (KKM) pada pembelajaran
IPA dikelas V mencapai 75. Berdasarkan hasil uji Independent Sampel T-Test nilai
signifikansinya yaitu
Ketersediaan
| STAR20250224 | 224/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
224/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
