Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Bacaan di Kelas IV SDN 218 Maroanging Kabupaten Bone

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan strategi
pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan
menentukan ide pokok bacaan di kelas IV SDN 218 Maroanging Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental
design dengan bentuk one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SDN
218 Maroanging dengan jumlah sampel sebanyak 21 peserta didik. Adapun
pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data yakni tes dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh
kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Statistical
Package Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata pretest sebesar 26,26, sementara itu nilai rata-rata posttest sebesar 69,24
dengan standar ketuntasan (KKTP) 66. Peningkatan kemampuan peserta didik di
kelas IV SDN 218 Maroanging setelah menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif tipe scramble pun didukung dengan hasil perhitungan N-Gain Score
yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,30 dan termasuk dalam kategori cukup
efektif. Adapun nilai N-Gain Score minimum sebesar 16,46 serta nilai N-Gain
Score maksimum sebesar 88,44. Berdasarkan data dan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan menentukan ide pokok bacaan peserta didik di kelas IV SDN 218
Maroanging.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menentukan ide pokok bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia di
kelas IV SDN 218 Maroanging meningkat karena nilai rata-rata sebelum
penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 26,26, standar
deviasi sebesar 18,41, serta persentase ketuntasan sebesar 5%. Setelah penggunaan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble, kemampuan menentukan ide pokok
bacaan memiliki rata-rata nilai sebesar 69,24, standar deviasi sebesar 19,58, serta
persentase ketuntasan sebesar 67%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji efektivitas
N-Gain yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58,30 yang termasuk dalam
kategori cukup efektif dengan skor minimum sebesar 16,46 dan skor maksimum
sebesar 88,44.
B. Saran
Berikut beberapa saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian
dan kesimpulan yang telah dijabarkan, di antaranya:
1. Guru disarankan untuk lebih kreatif dalam mengajarkan dan menyampaikan
materi pembelajaran di dalam kelas, salah satunya dengan memilih strategi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik, misal
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble.
2. Selain itu, peserta didik harus menanamkan motivasi dalam dirinya untuk rajin
membaca, karena segala informasi dapat diperoleh melalui kegiatan membaca.
3. Penelitian ini telah memberikan hasil yang cukup efektif dan diharapkan
penelitian berikutnya mampu melakukan penelitian yang lebih baik sehingga
memperoleh hasil yang lebih baik pula.
Ketersediaan
STAR20250100100/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

100/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top