Efektivitas Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Bacaan di Kelas IV SDN 218 Maroanging Kabupaten Bone
Nur Fadilah Haidar/862322021061 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan strategi
pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan
menentukan ide pokok bacaan di kelas IV SDN 218 Maroanging Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental
design dengan bentuk one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SDN
218 Maroanging dengan jumlah sampel sebanyak 21 peserta didik. Adapun
pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data yakni tes dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh
kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Statistical
Package Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata pretest sebesar 26,26, sementara itu nilai rata-rata posttest sebesar 69,24
dengan standar ketuntasan (KKTP) 66. Peningkatan kemampuan peserta didik di
kelas IV SDN 218 Maroanging setelah menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif tipe scramble pun didukung dengan hasil perhitungan N-Gain Score
yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,30 dan termasuk dalam kategori cukup
efektif. Adapun nilai N-Gain Score minimum sebesar 16,46 serta nilai N-Gain
Score maksimum sebesar 88,44. Berdasarkan data dan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan menentukan ide pokok bacaan peserta didik di kelas IV SDN 218
Maroanging.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menentukan ide pokok bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia di
kelas IV SDN 218 Maroanging meningkat karena nilai rata-rata sebelum
penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 26,26, standar
deviasi sebesar 18,41, serta persentase ketuntasan sebesar 5%. Setelah penggunaan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble, kemampuan menentukan ide pokok
bacaan memiliki rata-rata nilai sebesar 69,24, standar deviasi sebesar 19,58, serta
persentase ketuntasan sebesar 67%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji efektivitas
N-Gain yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58,30 yang termasuk dalam
kategori cukup efektif dengan skor minimum sebesar 16,46 dan skor maksimum
sebesar 88,44.
B. Saran
Berikut beberapa saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian
dan kesimpulan yang telah dijabarkan, di antaranya:
1. Guru disarankan untuk lebih kreatif dalam mengajarkan dan menyampaikan
materi pembelajaran di dalam kelas, salah satunya dengan memilih strategi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik, misal
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble.
2. Selain itu, peserta didik harus menanamkan motivasi dalam dirinya untuk rajin
membaca, karena segala informasi dapat diperoleh melalui kegiatan membaca.
3. Penelitian ini telah memberikan hasil yang cukup efektif dan diharapkan
penelitian berikutnya mampu melakukan penelitian yang lebih baik sehingga
memperoleh hasil yang lebih baik pula.
pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan kemampuan
menentukan ide pokok bacaan di kelas IV SDN 218 Maroanging Kabupaten Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan pre-experimental
design dengan bentuk one group pretest-posttest design yang dilaksanakan di SDN
218 Maroanging dengan jumlah sampel sebanyak 21 peserta didik. Adapun
pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data yakni tes dan dokumentasi. Data penelitian yang diperoleh
kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Microsoft Excel dan Statistical
Package Social Science (SPSS) versi 27. Hasil penelitian menunjukkan nilai ratarata pretest sebesar 26,26, sementara itu nilai rata-rata posttest sebesar 69,24
dengan standar ketuntasan (KKTP) 66. Peningkatan kemampuan peserta didik di
kelas IV SDN 218 Maroanging setelah menggunakan strategi pembelajaran
kooperatif tipe scramble pun didukung dengan hasil perhitungan N-Gain Score
yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,30 dan termasuk dalam kategori cukup
efektif. Adapun nilai N-Gain Score minimum sebesar 16,46 serta nilai N-Gain
Score maksimum sebesar 88,44. Berdasarkan data dan hasil penelitian tersebut
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble cukup efektif dalam meningkatkan
kemampuan menentukan ide pokok bacaan peserta didik di kelas IV SDN 218
Maroanging.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian serta pembahasan, dapat disimpulkan bahwa
kemampuan menentukan ide pokok bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia di
kelas IV SDN 218 Maroanging meningkat karena nilai rata-rata sebelum
penggunaan strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble sebesar 26,26, standar
deviasi sebesar 18,41, serta persentase ketuntasan sebesar 5%. Setelah penggunaan
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble, kemampuan menentukan ide pokok
bacaan memiliki rata-rata nilai sebesar 69,24, standar deviasi sebesar 19,58, serta
persentase ketuntasan sebesar 67%. Hal tersebut sejalan dengan hasil uji efektivitas
N-Gain yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 58,30 yang termasuk dalam
kategori cukup efektif dengan skor minimum sebesar 16,46 dan skor maksimum
sebesar 88,44.
B. Saran
Berikut beberapa saran yang diberikan peneliti berdasarkan hasil penelitian
dan kesimpulan yang telah dijabarkan, di antaranya:
1. Guru disarankan untuk lebih kreatif dalam mengajarkan dan menyampaikan
materi pembelajaran di dalam kelas, salah satunya dengan memilih strategi
pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik, misal
strategi pembelajaran kooperatif tipe scramble.
2. Selain itu, peserta didik harus menanamkan motivasi dalam dirinya untuk rajin
membaca, karena segala informasi dapat diperoleh melalui kegiatan membaca.
3. Penelitian ini telah memberikan hasil yang cukup efektif dan diharapkan
penelitian berikutnya mampu melakukan penelitian yang lebih baik sehingga
memperoleh hasil yang lebih baik pula.
Ketersediaan
| STAR20250100 | 100/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
100/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
