xix ABSTRAK Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Daya Beli Konsumen Prespektif Manajemen Bisnis Syariah (Studi Pada Counter HP Aru Cell Kab. Bone)
Irmayanti H/01.15.3179 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai strategi marketing mix dalam
meningkatkan daya beli konsumen perspektif manajemen syariah pada counter HP
Aru Cell Kab. Bone. Hal ini ditujukan, bagaimana strategi marketing mixdalam
meningkatkan daya beli konsumen pada counter HP Aru Cell dan apakah strategi
yang dilakukan sesuai pada perspektif manajemen syariah. Karena hal itu, penelitian
ini bertujuan: (1) untuk mengetahui implementasimarketing mix dalam meningkatkan
daya beli konsumenpada counter HP Aru Cell. (2) untuk mengetahui strategi
marketing mix dalam meningkatkan daya beli konsumen pada counter HP Aru Cell
menurut perspektif manajemen bisnis syariah. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut,
maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh
data tersebut dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik descriptive
analysis dengan langkah-langkah mengumpulkan data-data dari lapangan, penyajian
data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi marketing mixcounter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli
konsumen memiliki 4 aspek yakni produk, harga, tempat saluran distribusi dan
promosi. Dari keempat aspek yang ada penerapannya pada counter HP Aru Cell lebih
mengutamakan promosi dan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan pemasaran
yaitu melalui media internet, dan lokasi yang mudah dijangkau. Sedangkan strategi
marketing mixcounter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli konsumen yaitu
dari segi produk dan harga selalu bersikap jujur dan mengedepankan kualitas produk.
Dari segi tempat yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau
oleh para konsumen, dari segi promosi selalu menekankan prinsip-prinsip syariah.
Perspektif manajemen syariah terhadap strategi marketing mix counter HP Aru Cell
dalam meningkatkan daya beli konsumen merupakan usaha yang baik dan sejalan
dengan syariat Islam, serta sesuai dengan manajemen syariah karena telah memenuhi
prinsip-prinsip manajemen syariah.Implikasi dari hasil penelitian perlu adanya
peningkatan dalam penetapan bauran pemasaran (marketing mix) agar dapat
memaksimalkan pemasarannya. Meningkatkan kegiatan promosi yang sudah
dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana pemasaran yang sudah ada dan berusaha
mencari sekmen pasar yang baru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi marketing mix counter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya
beli konsumen memiliki 4 aspek yakni produk (product), harga (price), tempat
saluran distribusi (place) dan promosi (promotion). Penerapan dari keempat
aspek pada counter HP Aru Cell lebih mengutamakan promosi sebagai prioritas
dan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan pemasaran. Dengan melakukan
promosi lewat media internet seperti facebook, instagram, radio dan sales
promosion produk yang ditawarkan, harga yang diberikan bersaing dengan
tempat lain dan lokasi yang mudah dijangkau.
2. Strategi marketing mix counter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli
konsumen menurut perspketif manajemen bisnis syariah yaitu dari segi produk
selalu bersikap jujur dan mengedepankan kualitas produk. Dari segi harga
menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk, kemudian dari tempat/saluran
distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh
para konsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan prinsip-prinsip
manajemen bisnis syariah, tidak melakukan kecurangan, tidak menjual produk
yang dilarang oleh agama, tidak memaksa konsumen untuk membeli
produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya.
Perspektif manajemen syariah terhadap strategi marketing mix counter HP Aru
Cell dalam meningkatkan daya beli konsumen merupakan usaha yang baik dan
sejalan dengan syariat Islam, serta sesuai dengan manajemen syariah karena
telah memenuhi prinsip-prinsip manajemen syariah.
B. Implikasi
1. Perlu adanya peningkatan dalam penetapan bauran pemasaran 4p (product,
price, place, promotion) agar dapat memaksimal pemasarannya, khususnya
dalam konsep harga dan penentuan pangsa pasar agar lebih luas.
2. Pemilik counter HP ARU Cell diharapkan dapat meningkatkan kegiatan
promosi yang sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana pemasaran
yang sudah ada.
3. Berusaha mencari sekmen pasar yang baru dengan menggunakan strategi
pemasaran yang tepat atau disesuaikan dengan kondisi pasar.
meningkatkan daya beli konsumen perspektif manajemen syariah pada counter HP
Aru Cell Kab. Bone. Hal ini ditujukan, bagaimana strategi marketing mixdalam
meningkatkan daya beli konsumen pada counter HP Aru Cell dan apakah strategi
yang dilakukan sesuai pada perspektif manajemen syariah. Karena hal itu, penelitian
ini bertujuan: (1) untuk mengetahui implementasimarketing mix dalam meningkatkan
daya beli konsumenpada counter HP Aru Cell. (2) untuk mengetahui strategi
marketing mix dalam meningkatkan daya beli konsumen pada counter HP Aru Cell
menurut perspektif manajemen bisnis syariah. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut,
maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Untuk memperoleh
data tersebut dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan menggunakan teknik descriptive
analysis dengan langkah-langkah mengumpulkan data-data dari lapangan, penyajian
data, dan pengambilan kesimpulan dan verifikasi.Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa strategi marketing mixcounter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli
konsumen memiliki 4 aspek yakni produk, harga, tempat saluran distribusi dan
promosi. Dari keempat aspek yang ada penerapannya pada counter HP Aru Cell lebih
mengutamakan promosi dan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan pemasaran
yaitu melalui media internet, dan lokasi yang mudah dijangkau. Sedangkan strategi
marketing mixcounter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli konsumen yaitu
dari segi produk dan harga selalu bersikap jujur dan mengedepankan kualitas produk.
Dari segi tempat yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau
oleh para konsumen, dari segi promosi selalu menekankan prinsip-prinsip syariah.
Perspektif manajemen syariah terhadap strategi marketing mix counter HP Aru Cell
dalam meningkatkan daya beli konsumen merupakan usaha yang baik dan sejalan
dengan syariat Islam, serta sesuai dengan manajemen syariah karena telah memenuhi
prinsip-prinsip manajemen syariah.Implikasi dari hasil penelitian perlu adanya
peningkatan dalam penetapan bauran pemasaran (marketing mix) agar dapat
memaksimalkan pemasarannya. Meningkatkan kegiatan promosi yang sudah
dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana pemasaran yang sudah ada dan berusaha
mencari sekmen pasar yang baru.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisi dan pembahasan diatas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Implementasi marketing mix counter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya
beli konsumen memiliki 4 aspek yakni produk (product), harga (price), tempat
saluran distribusi (place) dan promosi (promotion). Penerapan dari keempat
aspek pada counter HP Aru Cell lebih mengutamakan promosi sebagai prioritas
dan menjadi tolak ukur dalam meningkatkan pemasaran. Dengan melakukan
promosi lewat media internet seperti facebook, instagram, radio dan sales
promosion produk yang ditawarkan, harga yang diberikan bersaing dengan
tempat lain dan lokasi yang mudah dijangkau.
2. Strategi marketing mix counter HP Aru Cell dalam meningkatkan daya beli
konsumen menurut perspketif manajemen bisnis syariah yaitu dari segi produk
selalu bersikap jujur dan mengedepankan kualitas produk. Dari segi harga
menetapkan harga sesuai dengan kualitas produk, kemudian dari tempat/saluran
distribusi yaitu memberikan rasa nyaman dan akses yang mudah dijangkau oleh
para konsumen, dan dari segi promosi selalu menekankan prinsip-prinsip
manajemen bisnis syariah, tidak melakukan kecurangan, tidak menjual produk
yang dilarang oleh agama, tidak memaksa konsumen untuk membeli
produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya.
Perspektif manajemen syariah terhadap strategi marketing mix counter HP Aru
Cell dalam meningkatkan daya beli konsumen merupakan usaha yang baik dan
sejalan dengan syariat Islam, serta sesuai dengan manajemen syariah karena
telah memenuhi prinsip-prinsip manajemen syariah.
B. Implikasi
1. Perlu adanya peningkatan dalam penetapan bauran pemasaran 4p (product,
price, place, promotion) agar dapat memaksimal pemasarannya, khususnya
dalam konsep harga dan penentuan pangsa pasar agar lebih luas.
2. Pemilik counter HP ARU Cell diharapkan dapat meningkatkan kegiatan
promosi yang sudah dilaksanakan dengan memanfaatkan sarana pemasaran
yang sudah ada.
3. Berusaha mencari sekmen pasar yang baru dengan menggunakan strategi
pemasaran yang tepat atau disesuaikan dengan kondisi pasar.
Ketersediaan
| SFEBI20210264. | 264/2021 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
364/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
