Implementasi In House Training dalam Mengoptimalkan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar di SMA Negeri 3 Bone
Faradhiba Agustina Yusma/:862312021052 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi In House Training dalam
Mengoptimalkan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar di SMA Negeri 3
Bone. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui
implementasi in house training di SMA Negeri 3 Bone, untuk mengetahui
penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone, dan untuk
mengetahui implementasi in house training dalam mengoptimalkan penggunaan
platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone. Adapun metode penelitian ini
adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif (Qualitatif Research) melalui
pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diambil dari
sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) In house training di SMA Negeri 3 Bone
berperan penting dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru,
olehnya itu pelatihan ini harus benar-benar dirancang berdasarkan kebutuhan guru
melalui langkah-langkah yang sistematis mulai dari perencanaan, proses
penyelenggaraan hingga evaluasi in house training. Pelatihan ini juga
memperkuat kesiapan guru dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan
terbaru, seperti kurikulum merdeka dan pemanfaatan platform merdeka mengajar,
serta mendorong terciptanya budaya belajar dan kolaborasi profesional di
lingkungan sekolah. 2) Penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3
Bone dapat dikatakan optimal dilihat dengan guru yang memanfaatkan berbagai
fitur yang tersedia didalamnya seperti fitur assessment, perangkat ajar, pelatihan
mandiri, komunitas, video inspirasi, dan bukti karya. 3) implementasi in house
training dalam mengoptimalkan penggunaan platform merdeka mengajar di SMA
Negeri 3 Bone sangat penting dan diperlukan guru dalam meningkatkan
pemahamannya terkait penggunaan platform tersebut. Dengan memperhatikan
setiap langkah-langkah yang ada, guru dapat meningkatkan kompetensi dan
keterampilannya dalam menggunakan platform merdeka mengajar, khususnya
pada fitur-fitur yang tersedia
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. In house training di SMA Negeri 3 Bone berperan penting dalam
meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, olehnya itu
pelatihan ini harus benar-benar dirancang berdasarkan kebutuhan guru
melalui langkah-langkah yang sistematis mulai dari perencanaan, proses
penyelenggaraan hingga evaluasi in house training. Pelatihan ini juga
memperkuat kesiapan guru dalam mengimplementasikan kebijakan
pendidikan terbaru, seperti kurikulum merdeka dan mendorong
terciptanya budaya belajar dan kolaborasi profesional di lingkungan
sekolah.
2. Penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone dapat
dikatakan optimal dilihat dengan guru yang telah memanfaatkan berbagai
fitur yang tersedia didalamnya seperti fitur assessment, perangkat ajar,
pelatihan mandiri, komunitas, video inspirasi, dan bukti karya.
3. Implementasi in house training dalam mengoptimalkan penggunaan
platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone sangat penting dan
diperlukan guru dalam meningkatkan pemahamannya terkait penggunaan
platform tersebut. Dengan memperhatikan setiap langkah-langkah yang
ada, guru dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dalam
menggunakan platform merdeka mengajar, khususnya pada fitur-fitur
yang tersedia.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada penelitian
yang penulis lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat memberikan bahan masukan yakni:
Sekolah rutin melaksanakan in house training ketika ada perubahan
kebijakan dan guru-guru tetap mengikuti kegiatan pelatihan secara rutin agar
pemhaman dan keterampilannya dapat terus meningkat.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, penulis
berharap dapat memperbaiki individu penulis dalam mengabdi dan berkarya.
Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian
lebih mengenai implementasi in house training dalam mengoptimalkan
penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone.
Mengoptimalkan Penggunaan Platform Merdeka Mengajar di SMA Negeri 3
Bone. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: untuk mengetahui
implementasi in house training di SMA Negeri 3 Bone, untuk mengetahui
penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone, dan untuk
mengetahui implementasi in house training dalam mengoptimalkan penggunaan
platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone. Adapun metode penelitian ini
adalah menggunakan jenis penelitian kualitatif (Qualitatif Research) melalui
pendekatan manajemen dan pendekatan sosiologis. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diambil dari
sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) In house training di SMA Negeri 3 Bone
berperan penting dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru,
olehnya itu pelatihan ini harus benar-benar dirancang berdasarkan kebutuhan guru
melalui langkah-langkah yang sistematis mulai dari perencanaan, proses
penyelenggaraan hingga evaluasi in house training. Pelatihan ini juga
memperkuat kesiapan guru dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan
terbaru, seperti kurikulum merdeka dan pemanfaatan platform merdeka mengajar,
serta mendorong terciptanya budaya belajar dan kolaborasi profesional di
lingkungan sekolah. 2) Penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3
Bone dapat dikatakan optimal dilihat dengan guru yang memanfaatkan berbagai
fitur yang tersedia didalamnya seperti fitur assessment, perangkat ajar, pelatihan
mandiri, komunitas, video inspirasi, dan bukti karya. 3) implementasi in house
training dalam mengoptimalkan penggunaan platform merdeka mengajar di SMA
Negeri 3 Bone sangat penting dan diperlukan guru dalam meningkatkan
pemahamannya terkait penggunaan platform tersebut. Dengan memperhatikan
setiap langkah-langkah yang ada, guru dapat meningkatkan kompetensi dan
keterampilannya dalam menggunakan platform merdeka mengajar, khususnya
pada fitur-fitur yang tersedia
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik
kesimpulan bahwa:
1. In house training di SMA Negeri 3 Bone berperan penting dalam
meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru, olehnya itu
pelatihan ini harus benar-benar dirancang berdasarkan kebutuhan guru
melalui langkah-langkah yang sistematis mulai dari perencanaan, proses
penyelenggaraan hingga evaluasi in house training. Pelatihan ini juga
memperkuat kesiapan guru dalam mengimplementasikan kebijakan
pendidikan terbaru, seperti kurikulum merdeka dan mendorong
terciptanya budaya belajar dan kolaborasi profesional di lingkungan
sekolah.
2. Penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone dapat
dikatakan optimal dilihat dengan guru yang telah memanfaatkan berbagai
fitur yang tersedia didalamnya seperti fitur assessment, perangkat ajar,
pelatihan mandiri, komunitas, video inspirasi, dan bukti karya.
3. Implementasi in house training dalam mengoptimalkan penggunaan
platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone sangat penting dan
diperlukan guru dalam meningkatkan pemahamannya terkait penggunaan
platform tersebut. Dengan memperhatikan setiap langkah-langkah yang
ada, guru dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilannya dalam
menggunakan platform merdeka mengajar, khususnya pada fitur-fitur
yang tersedia.
B. Saran
Sebagai akhir dari penelitian skripsi ini dengan mendasar pada penelitian
yang penulis lakukan, maka peneliti ingin memberikan saran yang mungkin
dapat memberikan bahan masukan yakni:
Sekolah rutin melaksanakan in house training ketika ada perubahan
kebijakan dan guru-guru tetap mengikuti kegiatan pelatihan secara rutin agar
pemhaman dan keterampilannya dapat terus meningkat.
Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dan kekeliruan
dalam penelitian skripsi ini. Namun dengan adanya karya ilmiah ini, penulis
berharap dapat memperbaiki individu penulis dalam mengabdi dan berkarya.
Untuk kedepannya dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian
lebih mengenai implementasi in house training dalam mengoptimalkan
penggunaan platform merdeka mengajar di SMA Negeri 3 Bone.
Ketersediaan
| STAR20250144 | 144/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
144/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
