Peranan Kegunaan dan Kemudahan Dengan Kualitas Layanan Sebagai Variabel Intervening Pada Sikap Pengguna DANA
Hasrul/602022019159 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan mengamati keputusan sebelum menggunakan Aplikasi
DANA sebagai alat pembayaran elektronik. Aplikasi DANA telah dipandang sebagai
sebuah fasilitas yang memberikan kegunaan dan kemudahan dalam bertransaksi.
Namun demikian, banyak orang memandang bahwa teknologi ini juga memiliki
risiko, terutama karena disebabkan terkait dengan pembayaran. Meskipun
mengandung risiko menurut sebagaian orang, banyak pula pelanggan yang masih
mempercainya dan tetap menggunakannya karena kualitas layanan yang diberikanya,
sehingga dapat merubah sikap seseorang untuk menggunakanya. Oleh karena itu,
penelitian ini mempertimbangkan faktor kegunaan dan kemanfaatan untuk
mengembangkan Aplikasi DANA. Temuan empiris menunjukkan bahwa baik
kegunaan atau kegunaan berpengaruh pada kualitas layanan sehingga mempengaruhi
sikap penggunaan DANA.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini.
Didapatkan 4 hipotesis diterima dan 3 hipotesis ditolak, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Variabel kegunaan terbukti berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan DANA. Dapat dilihat dari nilai T-Statistik (1.978) lebih tinggi
dari T-Tabel (1,96) dengan tingkat signifikansi P-Value (0.048) lebih
rendah dari (0,05) maka hasil dinyatakan signifikan atau diterima.
2. Variabel kemudahan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan DANA. Dapat dilihat dari nilai T-Statistik (0.064) lebih
rendah dari T-Tabel (1,96) dengan tingkat signifikansi P-Value (0.949)
lebih tinggi dari (0,05) maka hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak
diterima.
3. Variabel kegunaan tidak terbukti berpengaruh terhadap sikap Penggunaan
DANA dengan kualitas layanan sebagai variabel intervening. Hal ini Dapat
dilihat dari nilai T-Statistik (1.495) lebih rendah dari T-Tabel (1,96)
dengan tingkat signifikansi P-Value (0.135) lebih tinggi dari (0,05) maka
hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak diterima.
4. Variabel kemudahan tidak terbukti berpengaruh terhadap sikap penggunaan
DANA dengan kualitas layanan sebagai variabel intervening. Dalam hal ini
dapat dilihat dari nilai T-Statistik (1.913) lebih rendah dari T-Tabel (1,96)
dengan tingkat signifikansi P-Value (0.056) lebih tinggi dari (0,05) maka
hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak diterima.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan
saran sebagai berikut:
1. DANA sebagai objek penelitian dengan menggunakan model penelitian
Technology Acceptace Model (TAM). DANA merupakan salah satu
perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi finansial dengan
menyediakan infra-struktur yang memungkinkan, DANA dapat melakukan
pembayaran dan transaksi secara non-tunai dan non-kartu secara digital,
online maupun offline, dan juga memberikan kegunaan dan kemudahan,
maka dari penjelasan tersebut diharapkan penelitian selanjutnya mampu
mengkaji lebih luas lagi tentang aplikasi DANA dengan menggunakan
model penelitian Technology Acceptace Model (TAM), dan diharapkan
juga menggunakan indikator pengukuran yang lebih banyak serta
diharapkan dapat menggunakan model penerimaan lain yang dapat
dijadikan pembanding untuk penelitian ini.
2. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan lagi
tentang penelitian dengan objek aplikasi DANA dan menambah
indikator yang terdapat dalam variabel yang digunakan dan melakukan
penelitian dengan cara survei atau wawancara secara langsung untuk
mendapatkan hasil yang lebih objektif sehingga mampu untuk menjawab
beberapa faktor hipotesis yang ditolak.
DANA sebagai alat pembayaran elektronik. Aplikasi DANA telah dipandang sebagai
sebuah fasilitas yang memberikan kegunaan dan kemudahan dalam bertransaksi.
Namun demikian, banyak orang memandang bahwa teknologi ini juga memiliki
risiko, terutama karena disebabkan terkait dengan pembayaran. Meskipun
mengandung risiko menurut sebagaian orang, banyak pula pelanggan yang masih
mempercainya dan tetap menggunakannya karena kualitas layanan yang diberikanya,
sehingga dapat merubah sikap seseorang untuk menggunakanya. Oleh karena itu,
penelitian ini mempertimbangkan faktor kegunaan dan kemanfaatan untuk
mengembangkan Aplikasi DANA. Temuan empiris menunjukkan bahwa baik
kegunaan atau kegunaan berpengaruh pada kualitas layanan sehingga mempengaruhi
sikap penggunaan DANA.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada penelitian ini.
Didapatkan 4 hipotesis diterima dan 3 hipotesis ditolak, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Variabel kegunaan terbukti berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan DANA. Dapat dilihat dari nilai T-Statistik (1.978) lebih tinggi
dari T-Tabel (1,96) dengan tingkat signifikansi P-Value (0.048) lebih
rendah dari (0,05) maka hasil dinyatakan signifikan atau diterima.
2. Variabel kemudahan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap sikap
penggunaan DANA. Dapat dilihat dari nilai T-Statistik (0.064) lebih
rendah dari T-Tabel (1,96) dengan tingkat signifikansi P-Value (0.949)
lebih tinggi dari (0,05) maka hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak
diterima.
3. Variabel kegunaan tidak terbukti berpengaruh terhadap sikap Penggunaan
DANA dengan kualitas layanan sebagai variabel intervening. Hal ini Dapat
dilihat dari nilai T-Statistik (1.495) lebih rendah dari T-Tabel (1,96)
dengan tingkat signifikansi P-Value (0.135) lebih tinggi dari (0,05) maka
hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak diterima.
4. Variabel kemudahan tidak terbukti berpengaruh terhadap sikap penggunaan
DANA dengan kualitas layanan sebagai variabel intervening. Dalam hal ini
dapat dilihat dari nilai T-Statistik (1.913) lebih rendah dari T-Tabel (1,96)
dengan tingkat signifikansi P-Value (0.056) lebih tinggi dari (0,05) maka
hasil dinyatakan tidak signifikan atau tidak diterima.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti memberikan
saran sebagai berikut:
1. DANA sebagai objek penelitian dengan menggunakan model penelitian
Technology Acceptace Model (TAM). DANA merupakan salah satu
perusahaan yang bergerak pada bidang teknologi finansial dengan
menyediakan infra-struktur yang memungkinkan, DANA dapat melakukan
pembayaran dan transaksi secara non-tunai dan non-kartu secara digital,
online maupun offline, dan juga memberikan kegunaan dan kemudahan,
maka dari penjelasan tersebut diharapkan penelitian selanjutnya mampu
mengkaji lebih luas lagi tentang aplikasi DANA dengan menggunakan
model penelitian Technology Acceptace Model (TAM), dan diharapkan
juga menggunakan indikator pengukuran yang lebih banyak serta
diharapkan dapat menggunakan model penerimaan lain yang dapat
dijadikan pembanding untuk penelitian ini.
2. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat lebih mengembangkan lagi
tentang penelitian dengan objek aplikasi DANA dan menambah
indikator yang terdapat dalam variabel yang digunakan dan melakukan
penelitian dengan cara survei atau wawancara secara langsung untuk
mendapatkan hasil yang lebih objektif sehingga mampu untuk menjawab
beberapa faktor hipotesis yang ditolak.
Ketersediaan
| SFEBI20240001 | 01/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
01/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
