Pengaruh program bimbingan konseling terhadap pencegahan perilaku bullying di MTs. Ma’had hadits modern al-junaidiyah biru

No image available for this title
Bullying di lingkungan pendidikan, termasuk di pesantren, menjadi masalah serius
yang berdampak negatif secara psikologis, sosial, dan akademik. Upaya
pencegahan melalui program bimbingan konseling menjadi penting untuk
menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh program bimbingan konseling terhadap pencegahan
perilaku bullying di MTs. Ma’had Hadits Modern Al-Junaidiyah Biru. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi linier
sederhana. Sampel penelitian berjumlah 63 santriwati kelas VII–IX yang dipilih
dengan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program
bimbingan konseling berpengaruh signifikan terhadap pencegahan bullying, dengan
nilai koefisien determinasi sebesar 80,4%. Program ini terbukti mampu
meningkatkan kesadaran, empati, serta menurunkan frekuensi bullying di
madrasah. Oleh karena itu, optimalisasi layanan bimbingan konseling sangat
disarankan sebagai strategi preventif.
A. Simpulan
Adapun kesimpulan tersebut adalah program bimbingan konseling memiliki
pengaruh positif yang signifikan terhadap pencegahan perilaku bullying di MTs.
Ma’had hadits modern al-junaidiyah biru. Berdasarkan analisis uji hipotesis pada
kedua variabel yakni program bimbingan konseling dan perilaku bullying. Dari
pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh model persamaan regresi linear
sederhana yaitu Y= 43.963 + 0.195 X. Selain itu, pada tabel tersbut juga memperoleh
thitung 15.807. Berdasarkan nilai thitung dan nilai ttabel (15.807) = 1.671 maka pengujian
signifikansi diperoleh bahwa thitung > ttabel (15.807 > 1.671). Maka, dapat disimpulkan
bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga terbukti bahwa terdapat pengaruh yang
positif antara pengaruh program bimbingan konseling dengan pencegahan perilaku
bullying artinya semakin baik program bimbingan konseling, maka semakin minim
pula perilaku bullying.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Kepala sekolah diharapkan dapat memperkuat program-program yang ada,
khususnya layanan bimbingan konseling, guna meminimalisir bullying,
sehingga tercipta lingkungan sekolah yang tidak hanya nyaman tetapi jgan
aman bagi seluruh siswa.
2. Kepada peserta didik agar selalu menjaga hubungan yang baik satu sama
lain agar tercipta suasana yang kondusif di dalam maupun luar kelas dan
dalam proses pembelajaran
3. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian
tentang program bimbingan konseling terhadap pencegahan perilaku
bullying.
Ketersediaan
STAR20250123123/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

123/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

bullying

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top