Hubungan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Di MAN 1 Bone
Melani Selvina Putri/862312021076 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Hubungan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di MAN 1 Bone. Penelitian ini
merupakan penelitian yang membahas tentang apakah terdapat hubungan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dan kreativitas belajar siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan projek penguatan profil pelajar
Pancasila dan kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu
jenis penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data
penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun
populasi dari penelitian ini sebanyak 360 siswa dengan jumlah sampel sebanyak
190 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan sampel menggunakan rumus
slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan
menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang
positif antara variabel projek penguatan profil pelajar Pancasila dan variabel
kreativitas belajar. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara projek penguatan
profil pelajar Pancasila dengan kreativitas belajar diperoleh nilai rhitung yaitu 0,879
dan rtabel sebesar 0,142 di mana rhitung (0,879) > rtabel (0,142). Sehingga dapat
disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pelaksanaan
projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan kreativitas belajar siswa
kelas X di MAN 1 Bone dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan
kreativitas belajar siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang dibuktikan
dengan menggunakan perhitungan rumus korelasi product moment
diperoleh nilai sebesar 0,879 dan rtabel dengan taraf signifikansi 0,05 atau
5% yaitu 0,142 sehingga rhitung (0,879) > rtabel (0,142). Hasil ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
yang kurang baik akan mengurangi tingkat kreativitas belajar siswa,
begitupun sebaliknya semakin baik pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar pancasila maka akan semakin baik pula tingkat kreativitas belajar
siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat memperbaiki sistem pengelolaan dalam
kelas dan sekolah sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai
dengan standar yang ada.
2. Bagi guru, dapat membantu kepala sekolah dalam peningkatan-
peningkatan standar yang ada.
3. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui faktor-faktor penghambat
pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan kreativitas
siswa.
4. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian
kreativitas belajar dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi.
Pancasila Terhadap Kreativitas Belajar Siswa di MAN 1 Bone. Penelitian ini
merupakan penelitian yang membahas tentang apakah terdapat hubungan projek
penguatan profil pelajar Pancasila dan kreativitas belajar siswa. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan projek penguatan profil pelajar
Pancasila dan kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian yang penulis gunakan yaitu
jenis penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data
penelitian yang berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun
populasi dari penelitian ini sebanyak 360 siswa dengan jumlah sampel sebanyak
190 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan sampel menggunakan rumus
slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dengan
menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang
positif antara variabel projek penguatan profil pelajar Pancasila dan variabel
kreativitas belajar. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara projek penguatan
profil pelajar Pancasila dengan kreativitas belajar diperoleh nilai rhitung yaitu 0,879
dan rtabel sebesar 0,142 di mana rhitung (0,879) > rtabel (0,142). Sehingga dapat
disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pelaksanaan
projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan kreativitas belajar siswa
kelas X di MAN 1 Bone dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan
kreativitas belajar siswa. Hal ini bisa terlihat dari data yang dibuktikan
dengan menggunakan perhitungan rumus korelasi product moment
diperoleh nilai sebesar 0,879 dan rtabel dengan taraf signifikansi 0,05 atau
5% yaitu 0,142 sehingga rhitung (0,879) > rtabel (0,142). Hasil ini
menunjukkan bahwa pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila
yang kurang baik akan mengurangi tingkat kreativitas belajar siswa,
begitupun sebaliknya semakin baik pelaksanaan projek penguatan profil
pelajar pancasila maka akan semakin baik pula tingkat kreativitas belajar
siswa.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat memperbaiki sistem pengelolaan dalam
kelas dan sekolah sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai
dengan standar yang ada.
2. Bagi guru, dapat membantu kepala sekolah dalam peningkatan-
peningkatan standar yang ada.
3. Sebagai calon guru hendaknya mengetahui faktor-faktor penghambat
pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dan kreativitas
siswa.
4. Bagi siswa, dituntut untuk lebih giat lagi belajar agar hasil belajar yang
didapatkan lebih baik.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian
kreativitas belajar dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi.
Ketersediaan
| STAR20250347 | 347/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
347/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
