Stimulasi Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Art and Craft di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone
Nurul Fathinah/862072021017 - Personal Name
Penelitian ini berjudul “Stimulasi Motorik Halus pada Anak Usia 5-6 Tahun
Melalui Media Art and Craft di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani
Kabupaten Bone”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan
media art and craft pada anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan
Bontocani Kabupaten Bone, dan untuk mengetahui penerapan media art and craft
dalam menstimulasi kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK
Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogik. Adapun Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu
observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media art and
craft dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak dengan cara
menggambar, menggunting dan menempel. Guru menyediakan media art and craft
sebagai stimulasi dalam kemampuan motorik halus anak, dan anak-anak
menunjukkan sikap senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian
ini menunjukkan bahwa media art and craft dapat menjadi alternatif efektif dalam
menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul penelitian
tentang Stimulasi motorik halus pada anak usia 5-6 tahun melalui media art and
craft di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut.
1. Pelaksanaan media art and craft pada anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa
Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Pelaksanaan media art and craft dilakukan melalui penggunaan
media yang mudah, fleksibel, dan disajikan secara menarik sehingga mampu
meningkatkan motivasi belajar anak. motivasi tersebut terlihat dari
antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu, media ini mendorong
anak untuk belajar secara mandiri, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, serta
mendukung perkembangan motorik halus dan keterampilan belajar anak.
2. Penerapan media art and craft untuk menstimulasi kemampuan motorik halus
anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani
Kabupaten Bone.
Media art and craft dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan
menggambar yang menstimulasi koordinasi mata dan tangan serta
keterampilan memegang pensil dengan tepat. Selanjutnya, menggunting
melatih kekuatan jari, ketepatan gerakan dan konsentrasi anak. Terakhir,
menempelkan potongan kertas pada gambar menstimulasi kelenturan jari
serta keterampilan mengontrol tekanan tangan. Dengan demikian, media art
and craft memberikan stimulasi yang menyeluruh terhadap perkembangan
motorik halus anak.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah di kemukakan sebelumnya, maka
peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada guru diharapkan untuk mempertahankan sistem pembelajaran yang
telah terbangun dalam mendukung perkembangan motorik halus anak.
2. Kepada Lembaga Pendidikan dalam hal ini TK Assyifa agar dapat
mempertahankan program sekolah dalam mendukung perkembangan motorik
halus anak.
3. Kepada anak-anak kelompok B diharapkan untuk mendengarkan serta
melaksanakan arahan pendidik.
Melalui Media Art and Craft di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani
Kabupaten Bone”. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan
media art and craft pada anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan
Bontocani Kabupaten Bone, dan untuk mengetahui penerapan media art and craft
dalam menstimulasi kemampuan motorik halus pada anak usia 5-6 tahun di TK
Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif
dengan jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogik. Adapun Teknik pengumpulan data diperoleh melalui dua cara yaitu
observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media art and
craft dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak dengan cara
menggambar, menggunting dan menempel. Guru menyediakan media art and craft
sebagai stimulasi dalam kemampuan motorik halus anak, dan anak-anak
menunjukkan sikap senang dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian
ini menunjukkan bahwa media art and craft dapat menjadi alternatif efektif dalam
menstimulasi kemampuan motorik halus anak usia dini.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan judul penelitian
tentang Stimulasi motorik halus pada anak usia 5-6 tahun melalui media art and
craft di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone. Maka yang
menjadi simpulan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut.
1. Pelaksanaan media art and craft pada anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa
Bana Kecamatan Bontocani Kabupaten Bone.
Pelaksanaan media art and craft dilakukan melalui penggunaan
media yang mudah, fleksibel, dan disajikan secara menarik sehingga mampu
meningkatkan motivasi belajar anak. motivasi tersebut terlihat dari
antusiasme dan rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu, media ini mendorong
anak untuk belajar secara mandiri, berpartisipasi aktif dalam kegiatan, serta
mendukung perkembangan motorik halus dan keterampilan belajar anak.
2. Penerapan media art and craft untuk menstimulasi kemampuan motorik halus
anak usia 5-6 tahun di TK Assyifa Desa Bana Kecamatan Bontocani
Kabupaten Bone.
Media art and craft dilaksanakan secara bertahap, dimulai dengan
menggambar yang menstimulasi koordinasi mata dan tangan serta
keterampilan memegang pensil dengan tepat. Selanjutnya, menggunting
melatih kekuatan jari, ketepatan gerakan dan konsentrasi anak. Terakhir,
menempelkan potongan kertas pada gambar menstimulasi kelenturan jari
serta keterampilan mengontrol tekanan tangan. Dengan demikian, media art
and craft memberikan stimulasi yang menyeluruh terhadap perkembangan
motorik halus anak.
B. Saran
Beranjak dari ungkapan yang telah di kemukakan sebelumnya, maka
peneliti dapat memberikan saran sebagai berikut:
1. Kepada guru diharapkan untuk mempertahankan sistem pembelajaran yang
telah terbangun dalam mendukung perkembangan motorik halus anak.
2. Kepada Lembaga Pendidikan dalam hal ini TK Assyifa agar dapat
mempertahankan program sekolah dalam mendukung perkembangan motorik
halus anak.
3. Kepada anak-anak kelompok B diharapkan untuk mendengarkan serta
melaksanakan arahan pendidik.
Ketersediaan
| STAR20250337 | 337/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
337/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
