Urgensi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete Riattang Timur Kab. Bone
Ardyan Nur/02.12.3076 - Personal Name
Penelitian ini berjudul“Urgensi Manajemen Penerimaan Siswa Baru
Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik di SMP Amir Islam Panyula Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
manajemen penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete
Riattang Timur Kab. Bone dan untuk mengetahui peran manajemen dalam
penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula dalam meningkatkan kualitas
peserta didik/siswa.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
penulis menggunakan metode field researchdengan jenis penelitian kualitatif
dalam melakukan pengelolaan data penelitian.Penelitian ini menggunakan
pendekatan pedagogis, psikologis, pendekatan sosiologis dan pendekatan
manajemen.
Dengan demikianhal yang diperoleh dalam penelitian adalahpenerimaan
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula di mulai dengan menggandakan formulir
PSB setelah ada instruksi PSB serentak dari diknas kab. Bone, kemudia menerima
pendaftaran, melaksanakan tes (tes/praktik shalat dan TPA), mengeluarkan
pengumuman lulus atau tidak lulus dan pendaftaran ulang bagi peserta didik yang
lulus kemudian standarnya ditetapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula dilakukan kebijakan yaitu: peningkatan
kapasitas jumlah ruangan dan fasilitas sarana yang lain dengan melibatkan ketua
komite sekolah, guru beserta dengan orang tua calon peserta didik. Manajemen
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula untuk meningkatkan kualitas siswa yaitu
disesuaikan dengan daya tampung kelas atau jumlah kelas yang tersedia. Jumlah
siswa dalam satu kelas (ukuran kelas) berdasarkan kebijakan pemerintah berkisar
antara 40-45 orang. Sedangkan ukuran kelas yang ideal secara teoritik berjumlah
25-30 siswa per satu kelas. Kemudian Rasio murid dan guru. Yang dimaksud
rasio murid guru adalah perbandingan antara banyaknya siswa dengan guru
perfultimer. Secara ideal rasio murid guru adalah 1:30.
A. Simpulan
1. Penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula di mulai dengan
menggandakan formulir PSB setelah ada instruksi PSB serentak dari diknas
kab. Bone, kemudia menerima pendaftaran, melaksanakan tes (tes/praktik
shalat dan TPA), mengeluarkan pengumuman lulus/Tidak dan pendaftaran
ulang bagi peserta didik yang lulus kemudian standarnya ditetapkan untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa baru di SMP Amir Islam Panyula
dilakukan kebijakan yaitu: peningkatan kapasitas jumlah ruangan dan
fasilitas sarana yang lain dengan melibatkan ketua komite sekolah, guru
beserta dengan orang tua calon peserta didik.
2. Manajemen siswa baru di SMP Amir Islam Panyula untuk meningkatkan
kualitas siswa yaitu disesuaikan dengan daya tampung kelas atau jumlah
kelas yang tersedia. Jumlah siswa dalam satu kelas (ukuran kelas)
berdasarkan kebijakan pemerintah berkisar antara 40-45 orang. Sedangkan
ukuran kelas yang ideal secara teoritik berjumlah 25-30 siswa per satu kelas.
Kemudian Rasio murid dan guru. Yang dimaksud rasio murid guru adalah
perbandingan antara banyaknya siswa dengan guru perfultimer. Secara ideal
rasio murid guru adalah 1:30.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan
hasil-hasilnya maka penulis menyarankan:
1. Hendaknya kepala sekolah sebagai administrator harus mengetahui langsung
sarana prasarana apa saja yang ada pada sekolah tersebut. Agar dapat
menunjang proses penerimaan siswa baru di sekolah tersebut.
2. Kepada pembaca atau peneliti lain, perlu adanya penelitian yang lebih lanjut
untuk pengembangan dan pengelolaan seleksi penerimaan siswa baru agar
dapat berfungsi seefisian mungkin guna meningkatkan mutu pendidikan.
Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik di SMP Amir Islam Panyula Kec.
Tanete Riattang Timur Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
manajemen penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula Kec. Tanete
Riattang Timur Kab. Bone dan untuk mengetahui peran manajemen dalam
penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula dalam meningkatkan kualitas
peserta didik/siswa.
Untuk memperoleh jawaban terhadap kedua pokok permasalahan tersebut,
penulis menggunakan metode field researchdengan jenis penelitian kualitatif
dalam melakukan pengelolaan data penelitian.Penelitian ini menggunakan
pendekatan pedagogis, psikologis, pendekatan sosiologis dan pendekatan
manajemen.
Dengan demikianhal yang diperoleh dalam penelitian adalahpenerimaan
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula di mulai dengan menggandakan formulir
PSB setelah ada instruksi PSB serentak dari diknas kab. Bone, kemudia menerima
pendaftaran, melaksanakan tes (tes/praktik shalat dan TPA), mengeluarkan
pengumuman lulus atau tidak lulus dan pendaftaran ulang bagi peserta didik yang
lulus kemudian standarnya ditetapkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula dilakukan kebijakan yaitu: peningkatan
kapasitas jumlah ruangan dan fasilitas sarana yang lain dengan melibatkan ketua
komite sekolah, guru beserta dengan orang tua calon peserta didik. Manajemen
siswa baru di SMP Amir Islam Panyula untuk meningkatkan kualitas siswa yaitu
disesuaikan dengan daya tampung kelas atau jumlah kelas yang tersedia. Jumlah
siswa dalam satu kelas (ukuran kelas) berdasarkan kebijakan pemerintah berkisar
antara 40-45 orang. Sedangkan ukuran kelas yang ideal secara teoritik berjumlah
25-30 siswa per satu kelas. Kemudian Rasio murid dan guru. Yang dimaksud
rasio murid guru adalah perbandingan antara banyaknya siswa dengan guru
perfultimer. Secara ideal rasio murid guru adalah 1:30.
A. Simpulan
1. Penerimaan siswa baru di SMP Amir Islam Panyula di mulai dengan
menggandakan formulir PSB setelah ada instruksi PSB serentak dari diknas
kab. Bone, kemudia menerima pendaftaran, melaksanakan tes (tes/praktik
shalat dan TPA), mengeluarkan pengumuman lulus/Tidak dan pendaftaran
ulang bagi peserta didik yang lulus kemudian standarnya ditetapkan untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa baru di SMP Amir Islam Panyula
dilakukan kebijakan yaitu: peningkatan kapasitas jumlah ruangan dan
fasilitas sarana yang lain dengan melibatkan ketua komite sekolah, guru
beserta dengan orang tua calon peserta didik.
2. Manajemen siswa baru di SMP Amir Islam Panyula untuk meningkatkan
kualitas siswa yaitu disesuaikan dengan daya tampung kelas atau jumlah
kelas yang tersedia. Jumlah siswa dalam satu kelas (ukuran kelas)
berdasarkan kebijakan pemerintah berkisar antara 40-45 orang. Sedangkan
ukuran kelas yang ideal secara teoritik berjumlah 25-30 siswa per satu kelas.
Kemudian Rasio murid dan guru. Yang dimaksud rasio murid guru adalah
perbandingan antara banyaknya siswa dengan guru perfultimer. Secara ideal
rasio murid guru adalah 1:30.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan
hasil-hasilnya maka penulis menyarankan:
1. Hendaknya kepala sekolah sebagai administrator harus mengetahui langsung
sarana prasarana apa saja yang ada pada sekolah tersebut. Agar dapat
menunjang proses penerimaan siswa baru di sekolah tersebut.
2. Kepada pembaca atau peneliti lain, perlu adanya penelitian yang lebih lanjut
untuk pengembangan dan pengelolaan seleksi penerimaan siswa baru agar
dapat berfungsi seefisian mungkin guna meningkatkan mutu pendidikan.
Ketersediaan
| STAR20190364 | 364/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
364/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
