Pengaruh Program Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Terhadap Kompetensi Tenaga Pnedidik di UPT SMKN 1 Bone
A. Muh. Syahwan Syahnan/862312021013 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Program Pelatihan Pengembangan
Sumber Daya Manusia Terhdap Kompetensi Tegana Pendidik di UPT SMKN 1
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh
program pelatihan pengembangan sumber daya manusia terhadap kompetensi
etnaga pendidik di UPT SMKN 1 Bone. Penelitian ini terdiri dari dua variabel
yaitu Program pelatihan penegmbangan sumber daya manusia (X) dan
Kompetensi tenaga pendidik (Y).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data
penelitian yang berupa angka-angka dan alanisis menggunakan statistik.Penelitian
ini menggunakan pendekatan pedagogik. Sampel dalam penelitian ini adalah
semua tenaga pendidik yang ada di UPT SMKN 1 Bone dengan jumlah 75 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah angket
dan dokumentasi sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, uji regresi sederhana,
pengujian hipotesis, dan uji koefisien diterminasi. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh untuk variabel Program pelatihan pengembangan sumber daya
manusia (Y) di peroleh t hitung 24.935 > nilai t table 1,993 maka dapat
disimpulakan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh program
pelatihan pengembangan sumber daya manusiaa (X) secara signifikan terhadap
kompetensi tenaga pendidik (Y). Perolehan R2 sebesar 89,3% sisanya sebesar
10,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel independen.
A. Kesimpulan
1. Gambaran program pelatihan pengembangan sumber daya manusia (Y) di
UPT SMKN 1 Bone berada pada kategori Baik Sekali yaitu terletak pada
interval antara 85-94. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Program
pelatihan pengembangan sumber daya manusia termasuk dalam kategori
Baik Sekali.
2. Gambaran kompetensi tenaga pendidik (X) di UPT SMKN 1 Bone berada
pada kategori Baik Sekali yaitu terletak pada interval antara 85-94.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa kompetensi tenaga pendidik
termasuk dalam kategori Baik Sekali.
3. Pengaruh program pelatihan pengembangan sumber daya manusia (Y)
terhadap kompetensi tenaga pendidik (X)
Program pelatihan
pengembangan sumber daya manusia (Y) di peroleh t hitung 24.935 > nilai
t table 1,993 maka dapat disimpulakan H0 ditolak dan H1 diterima yang
berarti terdapat pengaruh program pelatihan pengembangan sumber daya
manusiaa (Y) secara signifikan terhadap kompetensi tenaga pendidik (X)
dengan perolehan R2 sebesar 89,3%, sisanya sebesar 10,7% dijelaskan
oleh variabel lain diluar dari variabel independen.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi sekolah, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
atau masukan ataupun sebagai bahan pertimbangan untuk terus
meningkatkan kompetensi guru. Hal ini dikarenakan apabila kompetensi
tenaga pendidik semakin meningkat maka pencapaian visi,misi dan
tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
program pelatihan pengembangan sumber daya manusia terhadap
kompetensi tenaga pendidik.
Sumber Daya Manusia Terhdap Kompetensi Tegana Pendidik di UPT SMKN 1
Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami pengaruh
program pelatihan pengembangan sumber daya manusia terhadap kompetensi
etnaga pendidik di UPT SMKN 1 Bone. Penelitian ini terdiri dari dua variabel
yaitu Program pelatihan penegmbangan sumber daya manusia (X) dan
Kompetensi tenaga pendidik (Y).Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data
penelitian yang berupa angka-angka dan alanisis menggunakan statistik.Penelitian
ini menggunakan pendekatan pedagogik. Sampel dalam penelitian ini adalah
semua tenaga pendidik yang ada di UPT SMKN 1 Bone dengan jumlah 75 orang.
Teknik pengumpulan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah angket
dan dokumentasi sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji linearitas, uji regresi sederhana,
pengujian hipotesis, dan uji koefisien diterminasi. Berdasarkan hasil analisis data
yang diperoleh untuk variabel Program pelatihan pengembangan sumber daya
manusia (Y) di peroleh t hitung 24.935 > nilai t table 1,993 maka dapat
disimpulakan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh program
pelatihan pengembangan sumber daya manusiaa (X) secara signifikan terhadap
kompetensi tenaga pendidik (Y). Perolehan R2 sebesar 89,3% sisanya sebesar
10,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel independen.
A. Kesimpulan
1. Gambaran program pelatihan pengembangan sumber daya manusia (Y) di
UPT SMKN 1 Bone berada pada kategori Baik Sekali yaitu terletak pada
interval antara 85-94. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa Program
pelatihan pengembangan sumber daya manusia termasuk dalam kategori
Baik Sekali.
2. Gambaran kompetensi tenaga pendidik (X) di UPT SMKN 1 Bone berada
pada kategori Baik Sekali yaitu terletak pada interval antara 85-94.
Dengan demikian, dapat diketahui bahwa kompetensi tenaga pendidik
termasuk dalam kategori Baik Sekali.
3. Pengaruh program pelatihan pengembangan sumber daya manusia (Y)
terhadap kompetensi tenaga pendidik (X)
Program pelatihan
pengembangan sumber daya manusia (Y) di peroleh t hitung 24.935 > nilai
t table 1,993 maka dapat disimpulakan H0 ditolak dan H1 diterima yang
berarti terdapat pengaruh program pelatihan pengembangan sumber daya
manusiaa (Y) secara signifikan terhadap kompetensi tenaga pendidik (X)
dengan perolehan R2 sebesar 89,3%, sisanya sebesar 10,7% dijelaskan
oleh variabel lain diluar dari variabel independen.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran yaitu:
1. Bagi sekolah, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan
atau masukan ataupun sebagai bahan pertimbangan untuk terus
meningkatkan kompetensi guru. Hal ini dikarenakan apabila kompetensi
tenaga pendidik semakin meningkat maka pencapaian visi,misi dan
tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
2. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi
untuk melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang
program pelatihan pengembangan sumber daya manusia terhadap
kompetensi tenaga pendidik.
Ketersediaan
| STAR20250327 | 327/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
327/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
