Pengaruh Fitur Spaylater terhada Kecenderungan Konsumtifitas Kaum Gen Z Muslim (Kasus pada Pengguna Twitter Base @Askrlfess dan @Convomfs)
Resqy Wihdayani Mutmainnah/602022019092 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fItur Spaylater
terhadap kecenderungan komsumtifitas kaun Gen Z Muslim. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, kuisioner dan
dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini Gen Z muslim
pengguna fitur Spaylater pada Twitter (base Twitter menfess @Askrlfess dan
@Convomf). Tehnik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling
dengan kriteria responden yaitu kaum gen Z yang lahir pada tahun 1995-2010
namun mempertimbangkan kematangan dalam pengambilan keputusan sehingga
memilih kaum gen Z yang berumur 17-27 tahun dan beragama Islam sehingga
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan fitur spaylater berpengaruh siginifikan dan
positif terhadap kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim. penggunaan
fitur spaylater berpengaruh terhadap konsumtifitas kaum Gen Z Muslim sebesar
49,8% sedangkan 50,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan juga pe i mbahasan mengenai pengaruh
penggunaan fitur spaylater yang siginifikan dan positif terhadap
kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh penggunaan fitur spaylater yang siginifikan dan positif
terhadap kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim. Penggunaan
spaylater dalam hal ini dapat memicu implusif buying, wasteul buying,
dan Non rational buying yang merupakan cakupan dari sikap konsumtif.
Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan dari penggunaan hingga
transaksi yang dilakukan dan juga tingkat suku bunga yang dinilai rendah
dari spaylater sehingga mampu memenuhi keinginan penggunanya yang di
latar belakangi oleh pengaruh sosial dan juga gaya hidup.
2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh dari tingkat penggunaan
spaylater adalah sebesar 49,8% dimana walau tingkat konsumtifitas kaum
Gen Z pengguna spaylater Muslim lebih besar dipengaruhi oleh faktor
lain, tetap saja angka ini tidak kecil sehingga dapat menunjukan peran
besar spaylater dalam mempengaruhi seseorang untuk bertindak
konsumtif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran
yang diberikan untuk penelitian ini:
1. Bagi akademisi diharapkan untuk dijadikan sumber kilmuan mengenai
tentang bagaimana suatu sistem pembayaran dapat mempengaruhi sikap
konsumtif seseorang
2. Bagi peneliti kedepannya diharapkan mampu menambahkan variabel
lainnya yang berhubungan sehingga hasil penelitian lebih dapat
digeneralisasi dan juga diharapkan dapat mengambil sampel yang lebih
representatif terhadap populasi yang lebih luas.
3. Bagi kaum Gen Z muslim untuk lebih memperhatikan prinsip konsumsi
yang sesuai dengan syariat Islam, dan belajar agar tidak mudah terdorong
akan kemudahan yang ditawarkan suatu sistem yang mengarah kepada
sikap konsumtif
C. Implikasi
Dari penelitian yang dilakukan serta hasil yang diperolah, maka terdapat
beberapa implikasi yang diberikan oleh penelitian ini:
1. Menambah wawasan bagi penulis bahwa suatu sistem pembayaran dengan
kemudahan yang ditawarkannya dapat mempengaruhi tingkat
kecenderungan konsumtifitas. Oleh karena itu , berpegan terhadap prinsip
konsumsi yang sesuai dengan syariat Islam adalah hal yang sangat
penting.
2. Hasil penelitian ini menambah wawasan maupun sebagai bahan masukan
bagi pemerintah, OJK dan juga masyarakat terkhusus dalam pembentukan
kebijakan terhadap marketplace yang ada di Indonesia sehingga dapat
membantu pertumbuhan ekonomi.
terhadap kecenderungan komsumtifitas kaun Gen Z Muslim. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, kuisioner dan
dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini Gen Z muslim
pengguna fitur Spaylater pada Twitter (base Twitter menfess @Askrlfess dan
@Convomf). Tehnik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling
dengan kriteria responden yaitu kaum gen Z yang lahir pada tahun 1995-2010
namun mempertimbangkan kematangan dalam pengambilan keputusan sehingga
memilih kaum gen Z yang berumur 17-27 tahun dan beragama Islam sehingga
jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu uji regresi sederhana, uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan fitur spaylater berpengaruh siginifikan dan
positif terhadap kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim. penggunaan
fitur spaylater berpengaruh terhadap konsumtifitas kaum Gen Z Muslim sebesar
49,8% sedangkan 50,2% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan juga pe i mbahasan mengenai pengaruh
penggunaan fitur spaylater yang siginifikan dan positif terhadap
kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Terdapat pengaruh penggunaan fitur spaylater yang siginifikan dan positif
terhadap kecenderungan konsumtifitas kaum Gen Z Muslim. Penggunaan
spaylater dalam hal ini dapat memicu implusif buying, wasteul buying,
dan Non rational buying yang merupakan cakupan dari sikap konsumtif.
Hal ini dikarenakan kemudahan yang ditawarkan dari penggunaan hingga
transaksi yang dilakukan dan juga tingkat suku bunga yang dinilai rendah
dari spaylater sehingga mampu memenuhi keinginan penggunanya yang di
latar belakangi oleh pengaruh sosial dan juga gaya hidup.
2. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh dari tingkat penggunaan
spaylater adalah sebesar 49,8% dimana walau tingkat konsumtifitas kaum
Gen Z pengguna spaylater Muslim lebih besar dipengaruhi oleh faktor
lain, tetap saja angka ini tidak kecil sehingga dapat menunjukan peran
besar spaylater dalam mempengaruhi seseorang untuk bertindak
konsumtif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terdapat beberapa saran
yang diberikan untuk penelitian ini:
1. Bagi akademisi diharapkan untuk dijadikan sumber kilmuan mengenai
tentang bagaimana suatu sistem pembayaran dapat mempengaruhi sikap
konsumtif seseorang
2. Bagi peneliti kedepannya diharapkan mampu menambahkan variabel
lainnya yang berhubungan sehingga hasil penelitian lebih dapat
digeneralisasi dan juga diharapkan dapat mengambil sampel yang lebih
representatif terhadap populasi yang lebih luas.
3. Bagi kaum Gen Z muslim untuk lebih memperhatikan prinsip konsumsi
yang sesuai dengan syariat Islam, dan belajar agar tidak mudah terdorong
akan kemudahan yang ditawarkan suatu sistem yang mengarah kepada
sikap konsumtif
C. Implikasi
Dari penelitian yang dilakukan serta hasil yang diperolah, maka terdapat
beberapa implikasi yang diberikan oleh penelitian ini:
1. Menambah wawasan bagi penulis bahwa suatu sistem pembayaran dengan
kemudahan yang ditawarkannya dapat mempengaruhi tingkat
kecenderungan konsumtifitas. Oleh karena itu , berpegan terhadap prinsip
konsumsi yang sesuai dengan syariat Islam adalah hal yang sangat
penting.
2. Hasil penelitian ini menambah wawasan maupun sebagai bahan masukan
bagi pemerintah, OJK dan juga masyarakat terkhusus dalam pembentukan
kebijakan terhadap marketplace yang ada di Indonesia sehingga dapat
membantu pertumbuhan ekonomi.
Ketersediaan
| SFEBI20230232 | 232/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
232/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
