Pengaruh Penerapan Media Truth or Dare terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran PAI di SMPN 2 Lappariaja

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penerapan media
pembelajaran truth or dare pada pembelajaran PAI kelas VIII dan pengaruh
penerapan media pembelajaran truth or dare terhadap hasil belajar siswa kelas VIII.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Lappariaja. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-experimental design dengan
menggunakan tipe one-group pretest-posttest research design (tes awal-tes akhir
kelompok tunggal). Data penelitian diperoleh dengan membagikan tes essay pretest
dan posttest kepada siswa kelas VIII. Data penelitian menunjukkan bahwa hasil
pengujian signifikansinya yaitu: besarmya nilai korelasi/hubungan ( R) yaitu
sebesar 0.550, dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0.303, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (media
truth or dare) terhadap variabel terikat (hasil belajar) adalah sebesar 30.3%. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan media truth or dare memiliki pengaruh pada
peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas VIII di SMPN 2
Lappariaja. Oleh karena itu media pembelajaran ini cocok untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran truth or dare, terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama islam pada siswa
kelas VIII di SMPN 2 Lappariaja setelah menerapkan media pembelajaran truth
or dare. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest 65.5 sedangkan nilai
rata-rata hasil post test adalah 80. Dimana terjadi peningkatan yang signifikan.
Hal ini juga didasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan uji regresi dengan
program SPSS. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 9.127 dengan Tingkat
signifikan 0,006 lebih kecil dari 0.05, dengan demikian H0 ditolak dan H1
diterima sehingga dikatakan ada pengaruh yang signifikan.
B. Saran
1. Bagi pihak SMPN 2 Lappariaja, diharapkan agar Bersama-sama
membangun sinergi dalam menginovasi media pembelajaran yang lebih
kreatif dan menarik. Serta mendukung dan memfasilitasi pengembangan
media pembelajaran, sebab dapat dilihat bahwa betapa pentingnya mrdia
ataupun metode pembelajaran karena sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan dan kelancaran proses pembelajaran.
2. Kepada seluruh siswa SMPN 2 Lappariaja hendaknya lebih memperhatikan
arahan dan penjelasan dari para guru, karena guru sebagai orang tua kedua
selama disekolah, layaknya orang tua dirumah menginginkan anak-anaknya
berhasil dan sukses.
3. Kepada peneliti, bagi peneliti sendiri bukan berarti selesainya penelitian ini
selesai pula kretivitasnya anggaplah ini merupakan awal untuk lebih baik
kedepannya. Dan untuk peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat dijadikan
perbandingan atau landasan nantinya untuk menciptakan mutu Pendidikan
yang lebih baik.
Ketersediaan
STAR20250353353/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

353/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top