Pengaruh Pelayanan Pendidikan Terhadap Tingkat Kepuasan Peserta Didik di SMP Negeri 1 Palakka
Yunita Juniarti/862312021022 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pendidikan
terhadap tingkat kepuasan peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka. Penelitian ini
terdiri dari dua variabel yaitu pelayanan pendidikan (X) dan tingkat kepuasan
peserta didik (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data
kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian yang
berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen dan psikologi. Sampel dalam penelitian ini
adalah semua siswa/i kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Palakka dengan
jumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yang diperoleh dari thitung = 6.787
dengan ttabel = 2.003 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nihil (H0)
ditolak. Artinya ada pengaruh pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan
peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka. Hasil penelitian menunjukkan nilai
signifikansi variabel yaitu 0.001 < 0.05. Artinya variabel pelayanan pendidikan
mempengaruhi tingkat kepuasan peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka dengan
Nilai (R) sebesar 0.672. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0.451 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel
bebas (Religiusitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah 45.1%, sisanya
sebesar 54.9% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel independen
penelitian ini.
A. Simpulan
1. Berdasarkan hasil penelitian dan persentase yang dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa pelayanan pendidikan di SMP Negeri 1
Palakka berada pada kategori “Baik” dengan persentase sebesar
18.96%.
2. Berdasarkan hasil penelitian dan persentase yang dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan peserta didik di SMP
Negeri 1 Palakka berada pada kategori “Baik” dengan persentase
sebesar 31.3%.
3. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh
pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan peserta didik di SMP
Negeri 1 Palakka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pelayanan pendidikan (X) terhadap tingkat kepuasan peserta didik (Y)
di SMP Negeri 1 Palakka. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis data
pada uji hipotesis yang diperoleh dari thitung = 6.787 dengan ttabel =
2.003 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nihil
(H0) ditolak. Adapun besaran pengaruh antara pelayanan pendidikan
terhadap tingkat kepuasan peserta didik yaitu berdasarkan nilai
signifikansi variabel yaitu 0.001 < 0.05 dengan nilai (R) sebesar 0.672.
Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0.451 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel
bebas (Religiusitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah
45.1%, sisanya sebesar 54.9% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari
variabel independen penelitian ini.
63
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat lebih mengoptimalkan peran manajerialnya
dalam mengawasi dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan,
terutama dalam hal keandalan dan ketanggapan guru serta tenaga
kependidikan. Dukungan terhadap pelatihan layanan prima dan
penyediaan sarana yang memadai juga penting untuk meningkatkan
kepuasan peserta didik.
2. Bagi guru, dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran, baik
dari aspek komunikasi, kepekaan terhadap kebutuhan siswa, maupun
metode pengajaran yang berorientasi pada peserta didik.
3. Sebagai calon guru hendaknya memahami pentingnya pelayanan
pendidikan yang berkualitas. Mereka perlu membekali diri tidak hanya
dengan kompetensi pedagogik, tetapi juga kemampuan interpersonal
dan sikap melayani demi membangun kepuasan peserta didik sejak
dini dalam praktik pendidikan.
4. Bagi siswa, diharapkan dapat lebih aktif menyampaikan saran kepada
pihak sekolah dan guru terkait pelayanan yang diterima.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk memperluas variabel dan
menggunakan metode lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih
komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan
peserta didik dan juga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi khususnya penelitian tentang pelayanan pendidikan terhadap
tingkat kepuasan peserta didik.
terhadap tingkat kepuasan peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka. Penelitian ini
terdiri dari dua variabel yaitu pelayanan pendidikan (X) dan tingkat kepuasan
peserta didik (Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data
kuantitatif. Metode ini disebut metode kuantitatif karena data penelitian yang
berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen dan psikologi. Sampel dalam penelitian ini
adalah semua siswa/i kelas VIII yang ada di SMP Negeri 1 Palakka dengan
jumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan pengujian hipotesis.
Berdasarkan hasil analisis data uji hipotesis yang diperoleh dari thitung = 6.787
dengan ttabel = 2.003 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nihil (H0)
ditolak. Artinya ada pengaruh pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan
peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka. Hasil penelitian menunjukkan nilai
signifikansi variabel yaitu 0.001 < 0.05. Artinya variabel pelayanan pendidikan
mempengaruhi tingkat kepuasan peserta didik di SMP Negeri 1 Palakka dengan
Nilai (R) sebesar 0.672. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R
Square) sebesar 0.451 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel
bebas (Religiusitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah 45.1%, sisanya
sebesar 54.9% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari variabel independen
penelitian ini.
A. Simpulan
1. Berdasarkan hasil penelitian dan persentase yang dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa pelayanan pendidikan di SMP Negeri 1
Palakka berada pada kategori “Baik” dengan persentase sebesar
18.96%.
2. Berdasarkan hasil penelitian dan persentase yang dilakukan, maka
dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan peserta didik di SMP
Negeri 1 Palakka berada pada kategori “Baik” dengan persentase
sebesar 31.3%.
3. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh
pelayanan pendidikan terhadap tingkat kepuasan peserta didik di SMP
Negeri 1 Palakka, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
pelayanan pendidikan (X) terhadap tingkat kepuasan peserta didik (Y)
di SMP Negeri 1 Palakka. Hal tersebut berdasarkan hasil analisis data
pada uji hipotesis yang diperoleh dari thitung = 6.787 dengan ttabel =
2.003 yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga dapat ditarik
kesimpulan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nihil
(H0) ditolak. Adapun besaran pengaruh antara pelayanan pendidikan
terhadap tingkat kepuasan peserta didik yaitu berdasarkan nilai
signifikansi variabel yaitu 0.001 < 0.05 dengan nilai (R) sebesar 0.672.
Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square)
sebesar 0.451 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel
bebas (Religiusitas) terhadap variabel terikat (Agresivitas) adalah
45.1%, sisanya sebesar 54.9% dijelaskan oleh variabel lain diluar dari
variabel independen penelitian ini.
63
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan diatas, selanjutnya penulis
akan menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran yaitu:
1. Bagi kepala sekolah, dapat lebih mengoptimalkan peran manajerialnya
dalam mengawasi dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan,
terutama dalam hal keandalan dan ketanggapan guru serta tenaga
kependidikan. Dukungan terhadap pelatihan layanan prima dan
penyediaan sarana yang memadai juga penting untuk meningkatkan
kepuasan peserta didik.
2. Bagi guru, dapat meningkatkan kualitas layanan pembelajaran, baik
dari aspek komunikasi, kepekaan terhadap kebutuhan siswa, maupun
metode pengajaran yang berorientasi pada peserta didik.
3. Sebagai calon guru hendaknya memahami pentingnya pelayanan
pendidikan yang berkualitas. Mereka perlu membekali diri tidak hanya
dengan kompetensi pedagogik, tetapi juga kemampuan interpersonal
dan sikap melayani demi membangun kepuasan peserta didik sejak
dini dalam praktik pendidikan.
4. Bagi siswa, diharapkan dapat lebih aktif menyampaikan saran kepada
pihak sekolah dan guru terkait pelayanan yang diterima.
5. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses
belajar mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan
maksimal.
6. Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk memperluas variabel dan
menggunakan metode lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih
komprehensif mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan
peserta didik dan juga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi khususnya penelitian tentang pelayanan pendidikan terhadap
tingkat kepuasan peserta didik.
Ketersediaan
| STAR20250096 | 96/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
96/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
