Efektifvtas Pembelajaran Bidang Studi Fikih Terhadap Praktik Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone
Marwati/8108202009 - Personal Name
Tesis ini membahas “Efektivitas Pembelajaran Bidang Studi Fikih terhadap
Praktik Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.” Tujuan penelitian
adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran bidang studi Fikih di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone, menganalisis pelaksanaan praktik ibadah peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dan menganalisis dampak pembelajaran bidang studi
Fikih terhadap pelaksanaan ibadah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu
menggambarkan suatu peristiwa atau fenomena di masyarakat, kemudian
menggunakan pendekatan teologis normatif, pendekatan pedagogik dan pendekatan
psikologis, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data sekaligus penyajian data, reduksi data,
triangulasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pembelajaran Fikih peserta
didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah berjalan efektif yakni praktik ibadah
sudah dilakukan sesuai dengan langkah persiapan fisik, administrasi, mengenali
potensi peserta didik dan pemberian motivasi. Langkah pelaksanaan dengan
memberikan pemahaman dan praktik ibadah, dan langkah evaluasi pembelajaran
dengan melakukan penilaian terhadap praktik. Kedua, langkah-langkah pelaksanaan
praktik ibadah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah terlaksana
dengan baik diantaranya peserta didik melaksanakan praktik wudu, salat wajib, praktik
salat jamak dan qaṣar. Ketiga, dampak pembelajaran fikih terhadap praktik ibadah
peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone mampu meningkatkan kesadaran
siswa dalam melaksanakan salat qas}ar dan salat jamak demikian pula dengan salat
sunah yang lain seperti salat ḍuha, qabliyah dan ba’diyah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah penulis uraikan maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pembelajaran Fikih peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah
melaksanakan tugas dengan baik. telah berjalan sesuai yang diharapkan dengan
langkah awal yakni membuat persiapan sebelum mengajar baik persiapan fisik
maupun persiapan secara administrasi, merencanakan pelaksanaan praktik
kepada peserta didik, mengenali potensi peserta didik serta memberikan
motivasi kepada peserta didik. Langkah pelaksanaan pembelajaran yakni
memberikan pemahaman dasar ibadah, memberikan praktik. Langkah terakhir
yakni evaluasi dengan mengevaulasi karasteristik perkembangan peserta didik
setelah selesai kegiatan pembelajaran.
2. Langkah-langkah pelaksanaan praktik ibadah peserta didik di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone telah berjalan dengan baik yakni peserta didik
melaksanakan praktik ibadah berupa wudu, salat wajib, praktik salat jama‟ dan
qasar, puasa, zakat dan praktik haji sesuai dengan panduan. Adapun langkah
yang digunakan, pertama yaitu peserta didik mempersiapkan diri mengikuti
praktik ibadah, peserta didik mengetahui tahapan-tahapan persiapan. Kedua,
tahapan pelaksanaan yakni peserta didik dibagi beberapa kelompok, guru
menyampaikan buku panduan tentang praktik juga menggunakan gambar dan
video dalam proses pembelajaran, selanjutnya peserta didik melakukan praktik
ibadah. Ketiga, tahapan evaluasi yaitu guru melakukan evaluasi dalam proses
praktik peserta didik dan memberikan penilaian dari hasil praktik peserta
didik.
3. Dampak pembelajaran Fikih terhadap praktik ibadah peserta didik di MAN 2 Bone
yaitu mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik sehingga
peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan fokus dan
konsentrasi peserta didik, menghilangkan rasa kantuk serta peningkatan
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik.
B. Implikasi Penelitian
Berangkat dari hasil penelitian ini, diharapkan guru Fikih yang ada di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam
mendidik peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didiknya dan tetap
menjalankan ibadah. Agar memahami kembali betapa pentingnya efektivitas
pembelajaran Fikih terhadap praktik ibadah dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik karena guru berperan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,
merancang pembelajaran sebaik mungkin, melaksanakan evalusi, serta
mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik.
Praktik Ibadah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.” Tujuan penelitian
adalah untuk menganalisis efektivitas pembelajaran bidang studi Fikih di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone, menganalisis pelaksanaan praktik ibadah peserta didik di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dan menganalisis dampak pembelajaran bidang studi
Fikih terhadap pelaksanaan ibadah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone.
Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu
menggambarkan suatu peristiwa atau fenomena di masyarakat, kemudian
menggunakan pendekatan teologis normatif, pendekatan pedagogik dan pendekatan
psikologis, dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara
dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data sekaligus penyajian data, reduksi data,
triangulasi data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama pembelajaran Fikih peserta
didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah berjalan efektif yakni praktik ibadah
sudah dilakukan sesuai dengan langkah persiapan fisik, administrasi, mengenali
potensi peserta didik dan pemberian motivasi. Langkah pelaksanaan dengan
memberikan pemahaman dan praktik ibadah, dan langkah evaluasi pembelajaran
dengan melakukan penilaian terhadap praktik. Kedua, langkah-langkah pelaksanaan
praktik ibadah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah terlaksana
dengan baik diantaranya peserta didik melaksanakan praktik wudu, salat wajib, praktik
salat jamak dan qaṣar. Ketiga, dampak pembelajaran fikih terhadap praktik ibadah
peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone mampu meningkatkan kesadaran
siswa dalam melaksanakan salat qas}ar dan salat jamak demikian pula dengan salat
sunah yang lain seperti salat ḍuha, qabliyah dan ba’diyah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian yang telah penulis uraikan maka dapat
ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Pembelajaran Fikih peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone telah
melaksanakan tugas dengan baik. telah berjalan sesuai yang diharapkan dengan
langkah awal yakni membuat persiapan sebelum mengajar baik persiapan fisik
maupun persiapan secara administrasi, merencanakan pelaksanaan praktik
kepada peserta didik, mengenali potensi peserta didik serta memberikan
motivasi kepada peserta didik. Langkah pelaksanaan pembelajaran yakni
memberikan pemahaman dasar ibadah, memberikan praktik. Langkah terakhir
yakni evaluasi dengan mengevaulasi karasteristik perkembangan peserta didik
setelah selesai kegiatan pembelajaran.
2. Langkah-langkah pelaksanaan praktik ibadah peserta didik di Madrasah
Aliyah Negeri 2 Bone telah berjalan dengan baik yakni peserta didik
melaksanakan praktik ibadah berupa wudu, salat wajib, praktik salat jama‟ dan
qasar, puasa, zakat dan praktik haji sesuai dengan panduan. Adapun langkah
yang digunakan, pertama yaitu peserta didik mempersiapkan diri mengikuti
praktik ibadah, peserta didik mengetahui tahapan-tahapan persiapan. Kedua,
tahapan pelaksanaan yakni peserta didik dibagi beberapa kelompok, guru
menyampaikan buku panduan tentang praktik juga menggunakan gambar dan
video dalam proses pembelajaran, selanjutnya peserta didik melakukan praktik
ibadah. Ketiga, tahapan evaluasi yaitu guru melakukan evaluasi dalam proses
praktik peserta didik dan memberikan penilaian dari hasil praktik peserta
didik.
3. Dampak pembelajaran Fikih terhadap praktik ibadah peserta didik di MAN 2 Bone
yaitu mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik sehingga
peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, meningkatkan fokus dan
konsentrasi peserta didik, menghilangkan rasa kantuk serta peningkatan
kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik.
B. Implikasi Penelitian
Berangkat dari hasil penelitian ini, diharapkan guru Fikih yang ada di
Madrasah Aliyah Negeri 2 Bone dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam
mendidik peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didiknya dan tetap
menjalankan ibadah. Agar memahami kembali betapa pentingnya efektivitas
pembelajaran Fikih terhadap praktik ibadah dalam meningkatkan hasil belajar peserta
didik karena guru berperan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab,
merancang pembelajaran sebaik mungkin, melaksanakan evalusi, serta
mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik.
Ketersediaan
| 8108202009 | 64/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
64/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Tesis PAI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
