Strategi Pemasaran Hasanah Card Pada Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka, Kab. Kolaka Utara
Nurparini/6120062019126 - Personal Name
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Pemasaran Hasanah Card Pada
Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui bagaimana kendala dan strategi dalam pemasaran produk Hasanah Card
pada Bank BSI KCP Kolaka. Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dihasilkan yaitu
strategi pemasaran yang dilakukan Bank BSI KCP Kolaka dalam memasarkan produk
iB Hasanah Card dengan cara menganalisis auran Pemasaran atau Marketing Mix
yang terdiri dari Strategi Produk (Product), Strategi Tempat (Place), Strategi Harga
(Price) dan Strategi Promsi (Promotion), dan kendala dalam pemasaran iB Hasanah
Card yaitu kurangnya promosi dan pemasaran, kurangnya pemahaman SDM yang
profesional dalam bidang Hasanah Card, kurangnya kerjasama dengan asosiasi
organisasi pendukung.
A. Ke simpulan
B L e l rdasarkan hasil pe l ne l litian yang dilakukan di B L ank Syariah Indone l sia
KCP Kolaka me l nge l nai strate l gi pe l masaran iB L Hasanah Card, maka dapat ditarik
ke l simpulan:
1. Strate l gi Pe l masaran Produk Hasanah Card pada B L ank B L SI KCP Kolaka, Kab l .
Kolaka Utara, dalam me l masarkan produk iB L hasanah Card de l ngan cara
me l nganalisis B L auran Pe l masaran atau Marke l ting Mix yang te l rdiri dari Strate l gi
Produk (Product), Pe l nge l nalan Produk, Dalam me l mpe l rke l nalkan produknya
ke l pada masyarakat pada umumnya dan masyarakat Kolaka khususnya, B L ank
Syariah Indone l sia me l nggunakan b l e l re l rapa saluran promosi b l aik yang se l cara
langsung maupun tidak langsung, Strate l gi Te l mpat (Place l ), Pe l milihan lokasi
kantor, Pe l milihan lokasi yang te l pat akan b l e l rdampak cukup signif l ikan
te l rhadap pe l nj l ualan te l rutama pe l rusahaan yang b l e l rge l rak dib l idang j l asa,
khususnya pe l rb l ankan. Strate l gi Harga (Price l ), Pe l ne l rapan harga dari
pe l nghasilan minimum, Kare l na me l nurut B L SI pusat me l lalui manaj l e l me l n
pusatnya b l ahwa pe l rsaingan dunia pe l rb l ankan khususnya pe l rb l ankan syariah
cukup tinggi dan me l rupakan suatu tre l nd maka B L SI me l ne l rapkan harga sama
de l ngan para pe l saing untuk produk-produk iB L Hasanah Card. Adaptasi harga
atau adaptasi harga adalah strate l gi pe l ne l tapan harga yang didasarkan pada
b l e l b l e l rapa f l aktor se l pe l rti, pe l rsaingan, kondisi pasar, dan b l iaya sumb l e l r
produksidan. Strate l gi Promosi (Promotion) promosi me l rupakan saran yang
65
paling ampuh untuk me l narik dan me l mpe l rtahankan nasab l ahnya me l nce l rminkan
b l ahwa se l tiap transaksi yang didukung ole l h iB L Hasanah Card de l ngan me l rchant
ke l pada nasab l ah adalah transaksi yang b l e l rsif l at halal, tidak me l rugikan, dan
te l ntunya me l mb l antu nasab l ah ke l pada transaksi yang me l nguntungkan
2. Ke l ndala Inte l rnal dan E L kte l rnal Pe l masaran Produk Hasanah Card pada B L ank
B L SI KCP Kolaka, Kab l . Kolaka Utara, pe l rtama ke l ndala inte l rnal yaitu:
Kurangnya pe l gawai yang ahli dalam me l masarkan produk B L NI Syariah,
Pe l gawai B L ank B L SI KCP Kolaka harus me l mb l e l rikan pe l nj l e l lasan yang j l e l las
te l ntang produk se l rta f l asilitas apa saj l a yang te l rdapat di B L ank B L SI KCP Kolaka
te l rutama nasab l ah yang b l e l lum sama se l kali me l nggunakan produk di b l ank
syariah, kurangnya SDM yang luwe l s, te l pat dan ce l pat dalam me l layani nasab l ah
se l hingga nasab l ah me l rasa te l rlayani de l ngan kurang b l aik, kurang te l rse l dianya
kantor B L ank B L SI KCP Kolaka di b l e l b l e l rapa wilayah, me l mb l uat para nasab l ah
masih sulit untuk b l e l rtransaksi. Ke l dua, ke l ndaln e l kte l rnal yaitu risiko mace l t
me l rupakan risiko yang paling b l e l sar hal ini dise l b l ab l kan kare l na nasab l ah tidak
dapat me l mb l ayar atas tagihan iB L Hasanah Card yang dib l e l rikan ole l h pihak
b l ank se l suai de l ngan ke l se l pakatan yang te l lah dise l pakati antara pihak b l ank
de l ngan pihak nasab l ah se l dangkan risiko yang lain adalah tidak te l rtib l nya
nasab l ah dalam me l mb l ayar tagihan di saat j l atuh te l mpo, hal ini sangat
me l re l potkan pihak b l ank me l skipun pada akhirnya tagihan te l rse l b l ut dapat ditagih
nantinya.
B. Saran
B L agi B L ank B L SI KCP Kolaka khususnya pada pe l gawai he l ndaknya
me l lakukan inovasi kare l na me l lihat saingan pasar yang me l ne l rapkan siste l m yang
sama agar supaya b l isa me l narik para nasab l ah, ke l mudian ke l pada ke l pada pe l ne l liti
se l lanj l utnya, agar dapat me l ne l liti le l b l ih lanj l ut te l ntang strate l gi pe l masaran Ib l
Hasanah Card pada b l ank syariah dalam sudut pandang yang b l e l rb l e l da. Hal ini
dapat me l mpe l rkaya pe l rpustakaan E L konomi dalam b l idang pe l rb l ankan syariah.
Bank Syariah Indonesia KCP Kolaka. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk
mengetahui bagaimana kendala dan strategi dalam pemasaran produk Hasanah Card
pada Bank BSI KCP Kolaka. Penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan
kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan kesimpulan yang dihasilkan yaitu
strategi pemasaran yang dilakukan Bank BSI KCP Kolaka dalam memasarkan produk
iB Hasanah Card dengan cara menganalisis auran Pemasaran atau Marketing Mix
yang terdiri dari Strategi Produk (Product), Strategi Tempat (Place), Strategi Harga
(Price) dan Strategi Promsi (Promotion), dan kendala dalam pemasaran iB Hasanah
Card yaitu kurangnya promosi dan pemasaran, kurangnya pemahaman SDM yang
profesional dalam bidang Hasanah Card, kurangnya kerjasama dengan asosiasi
organisasi pendukung.
A. Ke simpulan
B L e l rdasarkan hasil pe l ne l litian yang dilakukan di B L ank Syariah Indone l sia
KCP Kolaka me l nge l nai strate l gi pe l masaran iB L Hasanah Card, maka dapat ditarik
ke l simpulan:
1. Strate l gi Pe l masaran Produk Hasanah Card pada B L ank B L SI KCP Kolaka, Kab l .
Kolaka Utara, dalam me l masarkan produk iB L hasanah Card de l ngan cara
me l nganalisis B L auran Pe l masaran atau Marke l ting Mix yang te l rdiri dari Strate l gi
Produk (Product), Pe l nge l nalan Produk, Dalam me l mpe l rke l nalkan produknya
ke l pada masyarakat pada umumnya dan masyarakat Kolaka khususnya, B L ank
Syariah Indone l sia me l nggunakan b l e l re l rapa saluran promosi b l aik yang se l cara
langsung maupun tidak langsung, Strate l gi Te l mpat (Place l ), Pe l milihan lokasi
kantor, Pe l milihan lokasi yang te l pat akan b l e l rdampak cukup signif l ikan
te l rhadap pe l nj l ualan te l rutama pe l rusahaan yang b l e l rge l rak dib l idang j l asa,
khususnya pe l rb l ankan. Strate l gi Harga (Price l ), Pe l ne l rapan harga dari
pe l nghasilan minimum, Kare l na me l nurut B L SI pusat me l lalui manaj l e l me l n
pusatnya b l ahwa pe l rsaingan dunia pe l rb l ankan khususnya pe l rb l ankan syariah
cukup tinggi dan me l rupakan suatu tre l nd maka B L SI me l ne l rapkan harga sama
de l ngan para pe l saing untuk produk-produk iB L Hasanah Card. Adaptasi harga
atau adaptasi harga adalah strate l gi pe l ne l tapan harga yang didasarkan pada
b l e l b l e l rapa f l aktor se l pe l rti, pe l rsaingan, kondisi pasar, dan b l iaya sumb l e l r
produksidan. Strate l gi Promosi (Promotion) promosi me l rupakan saran yang
65
paling ampuh untuk me l narik dan me l mpe l rtahankan nasab l ahnya me l nce l rminkan
b l ahwa se l tiap transaksi yang didukung ole l h iB L Hasanah Card de l ngan me l rchant
ke l pada nasab l ah adalah transaksi yang b l e l rsif l at halal, tidak me l rugikan, dan
te l ntunya me l mb l antu nasab l ah ke l pada transaksi yang me l nguntungkan
2. Ke l ndala Inte l rnal dan E L kte l rnal Pe l masaran Produk Hasanah Card pada B L ank
B L SI KCP Kolaka, Kab l . Kolaka Utara, pe l rtama ke l ndala inte l rnal yaitu:
Kurangnya pe l gawai yang ahli dalam me l masarkan produk B L NI Syariah,
Pe l gawai B L ank B L SI KCP Kolaka harus me l mb l e l rikan pe l nj l e l lasan yang j l e l las
te l ntang produk se l rta f l asilitas apa saj l a yang te l rdapat di B L ank B L SI KCP Kolaka
te l rutama nasab l ah yang b l e l lum sama se l kali me l nggunakan produk di b l ank
syariah, kurangnya SDM yang luwe l s, te l pat dan ce l pat dalam me l layani nasab l ah
se l hingga nasab l ah me l rasa te l rlayani de l ngan kurang b l aik, kurang te l rse l dianya
kantor B L ank B L SI KCP Kolaka di b l e l b l e l rapa wilayah, me l mb l uat para nasab l ah
masih sulit untuk b l e l rtransaksi. Ke l dua, ke l ndaln e l kte l rnal yaitu risiko mace l t
me l rupakan risiko yang paling b l e l sar hal ini dise l b l ab l kan kare l na nasab l ah tidak
dapat me l mb l ayar atas tagihan iB L Hasanah Card yang dib l e l rikan ole l h pihak
b l ank se l suai de l ngan ke l se l pakatan yang te l lah dise l pakati antara pihak b l ank
de l ngan pihak nasab l ah se l dangkan risiko yang lain adalah tidak te l rtib l nya
nasab l ah dalam me l mb l ayar tagihan di saat j l atuh te l mpo, hal ini sangat
me l re l potkan pihak b l ank me l skipun pada akhirnya tagihan te l rse l b l ut dapat ditagih
nantinya.
B. Saran
B L agi B L ank B L SI KCP Kolaka khususnya pada pe l gawai he l ndaknya
me l lakukan inovasi kare l na me l lihat saingan pasar yang me l ne l rapkan siste l m yang
sama agar supaya b l isa me l narik para nasab l ah, ke l mudian ke l pada ke l pada pe l ne l liti
se l lanj l utnya, agar dapat me l ne l liti le l b l ih lanj l ut te l ntang strate l gi pe l masaran Ib l
Hasanah Card pada b l ank syariah dalam sudut pandang yang b l e l rb l e l da. Hal ini
dapat me l mpe l rkaya pe l rpustakaan E L konomi dalam b l idang pe l rb l ankan syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20230225 | 225/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
225/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
