Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Kemanusiaan Perpektif Pendidikan Islam di MA Assa'adah Sailong
Zenal Fahresi/862082020087 - Personal Name
Penelitian ini mengambil pokok masalah tentang Implementasi Kegiatan
Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja terhadap Nilai-nilai Kemanusiaan Perspektif
Pendidikan Islam di MA Assa’adah Sailong. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif dengan pendekatan pendagogis, sosiologis, dan psikologis. Data yang
digunakan berupa data primer dan sekunder dan dengan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi
data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Palang Merah Remaja
MA Assa’adah Sailong mengimplemenetasikan kegiatannya dengan melakukan
berbagai kegiatan yang bernuansa medis dan sosial, seperti latihan gabungan, bakti
sosial, penggalangan dana, dan sosialisasi penerapan hidup sehat. Kedua, penguatan
nilai-nilai kemanusiaan pada siswa MA Assa’adah Sailong berkisar kepada nilai
kebenaran, kebajikan, kedamaian, kasih sayang, dan menghindari bentuk
kekerasan. Ketiga, Palang Merah Remaja MA Assa’adah Sailong
mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dalam kegiatan mereka yang
terwujud dalam penerapan sikap tujuh prinsip Palang Merah, yaitu prinsip
kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan
kesemestaan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan terhadap
implementasi kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja terhadap
pemahaman nilai-nilai kemanusiaan perspektif pendidikan agama Islam di
MA Assa’adah Sailong, maka peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan.
Beberapa kesimpulan tersebut yaitu:
1. Implementasi kegiatan ekstarkulikuler Palang Merah Remaja pada
MA Assa’adah Sailong diwujudkan dengan berbagai kegiatan yang
diadakan oleh Palang Merah Remaja tersebut, yaitu latihan
gabungan, mengadakan bakti sosial, menjaga kebersihan lingkungan,
penggalangan dana dan penerapan pola hidup sehat. Berbagai
kegiatan tersebut berkesesuaian dengan kegiatan Palang Merah
Remaja pada umumnya yang juga melaksanakan kegiatan-kegiatan
tersebut.
2. Siswa pada MA Assa’adah Sailong mempunyai penguatan terhadap
nilai-nilai kemanusiaan melalui pemahaman yang beragam.
Penguatan tersebut berkisar antara lain pada nilai akhlak yang
mengandung unsur kemanusiaan, seperti mempertahankan
kebenaran, berbuat kebaikan, menciptakan perdamaian, sikap saling
mengasihi, dan bersikap lemah lembut.
3. Palang Merah Remaja MA Assa’adah Sailong,
mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dengan bertumpu
kepada tujuh prinsip yang dipegang teguh dalam kegiatan Palang
Merah pada umumnya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut yaitu
kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan,
kesatuan, dan kesemestaan.
B. Saran
Penelitian ini mengacu kepada implementasi nilai-nilai
kemanusiaan pada kegiatan Palang Merah Remaja. Oleh karena itu,
peneliti sangat menyarankan agar kiranya penelitian ini dapat menjadi
acuan berbagai lembaga atau organisasi untuk dapat menerapkan nilainilai kemanusian dalam setiap kegiatan yang diadakan.
Selain itu, peneliti melalui penelitian ini juga menyarakan untuk
selalu menjaga dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan pada situasi dan
kondisi apapun, sehingga hal tersebut akan dapat menjaga kedamaian dan
kesejahteraan. Begitu juga peneliti menyarankan bagi para akademisi
untuk lebih mengembangkan penelitian mengenai implementasi sikapsikap kemanusiaan pada suatu lembaga, organisasi, ataupun kegiatan
tertentu
Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja terhadap Nilai-nilai Kemanusiaan Perspektif
Pendidikan Islam di MA Assa’adah Sailong. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif
kualitatif dengan pendekatan pendagogis, sosiologis, dan psikologis. Data yang
digunakan berupa data primer dan sekunder dan dengan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi
data, penyajian data, dan penerikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Palang Merah Remaja
MA Assa’adah Sailong mengimplemenetasikan kegiatannya dengan melakukan
berbagai kegiatan yang bernuansa medis dan sosial, seperti latihan gabungan, bakti
sosial, penggalangan dana, dan sosialisasi penerapan hidup sehat. Kedua, penguatan
nilai-nilai kemanusiaan pada siswa MA Assa’adah Sailong berkisar kepada nilai
kebenaran, kebajikan, kedamaian, kasih sayang, dan menghindari bentuk
kekerasan. Ketiga, Palang Merah Remaja MA Assa’adah Sailong
mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dalam kegiatan mereka yang
terwujud dalam penerapan sikap tujuh prinsip Palang Merah, yaitu prinsip
kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, dan
kesemestaan
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan terhadap
implementasi kegiatan ekstrakulikuler Palang Merah Remaja terhadap
pemahaman nilai-nilai kemanusiaan perspektif pendidikan agama Islam di
MA Assa’adah Sailong, maka peneliti mendapatkan beberapa kesimpulan.
Beberapa kesimpulan tersebut yaitu:
1. Implementasi kegiatan ekstarkulikuler Palang Merah Remaja pada
MA Assa’adah Sailong diwujudkan dengan berbagai kegiatan yang
diadakan oleh Palang Merah Remaja tersebut, yaitu latihan
gabungan, mengadakan bakti sosial, menjaga kebersihan lingkungan,
penggalangan dana dan penerapan pola hidup sehat. Berbagai
kegiatan tersebut berkesesuaian dengan kegiatan Palang Merah
Remaja pada umumnya yang juga melaksanakan kegiatan-kegiatan
tersebut.
2. Siswa pada MA Assa’adah Sailong mempunyai penguatan terhadap
nilai-nilai kemanusiaan melalui pemahaman yang beragam.
Penguatan tersebut berkisar antara lain pada nilai akhlak yang
mengandung unsur kemanusiaan, seperti mempertahankan
kebenaran, berbuat kebaikan, menciptakan perdamaian, sikap saling
mengasihi, dan bersikap lemah lembut.
3. Palang Merah Remaja MA Assa’adah Sailong,
mengimplementasikan nilai-nilai kemanusiaan dengan bertumpu
kepada tujuh prinsip yang dipegang teguh dalam kegiatan Palang
Merah pada umumnya. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut yaitu
kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan,
kesatuan, dan kesemestaan.
B. Saran
Penelitian ini mengacu kepada implementasi nilai-nilai
kemanusiaan pada kegiatan Palang Merah Remaja. Oleh karena itu,
peneliti sangat menyarankan agar kiranya penelitian ini dapat menjadi
acuan berbagai lembaga atau organisasi untuk dapat menerapkan nilainilai kemanusian dalam setiap kegiatan yang diadakan.
Selain itu, peneliti melalui penelitian ini juga menyarakan untuk
selalu menjaga dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan pada situasi dan
kondisi apapun, sehingga hal tersebut akan dapat menjaga kedamaian dan
kesejahteraan. Begitu juga peneliti menyarankan bagi para akademisi
untuk lebih mengembangkan penelitian mengenai implementasi sikapsikap kemanusiaan pada suatu lembaga, organisasi, ataupun kegiatan
tertentu
Ketersediaan
| STAR20240218 | 218/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
218/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
