Pengaruh Spritual Marketing Dan Service excellent terhadap Kepuasan Pembelian Dengan personal Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi pada PT. Astra Honda Motor Bone0

No image available for this title
Tesis ini berjudul Pengaruh Spiritual Marketing dan Service Excellent Terhadap
Keputusan Pembelian dengan Personal Branding Sebagai Variabel Intervening (Studi
pada PT Astra Honda Motor Bone). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh spiritual marketing terhadap keputusan pembelian, service
excellent terhadap keputusan pembelian, spiritual marketing terhadap personal
branding, service excellent terhadap personal branding, personal branding terhadap
keputusan pembelian, spiritual marketing terhadap keputusan pembelian melalui
mediasi personal branding, dan service excellent terhadap keputusan pembelian
melalui mediasi personal branding.
Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods, metode pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan PT. Astra Honda Motor Bone dengan menggunakan sampel 150 responden.
Data-data tersebut diuji dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling
(SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa spiritual marketing tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian, service excellent tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian, spiritual marketing berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap personal branding, service excellent berpengaruh
secara positif dan signifikan terhadap personal branding, personal branding
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, spiritual
marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian
melalui mediasi personal branding, dan service excellent berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui mediasi personal branding.
Penelitian ini memberikan implikasi bahwa PT. Astra Honda Motor Bone perlu
memperhatikan dan memperkuat personal branding para sales marketing sebagai
elemen penting dalam strategi pemasaran yang dilakukan. Selain itu, upaya untuk
meningkatkan spiritual marketing dan service excellent perlu terus dilakukan, tidak
hanya untuk memengaruhi personal branding, tetapi juga untuk memberikan pengaruh
positif pada keputusan pembelian pelanggan.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh beberapa
kesimpulan. Kesimpulan dalam bab ini merupakan jawaban dari semua rumusan
masalah dan pembuktian hipotesis yang telah dipaparkan dalam bab sebelumnya.
Adapun kesimpulan-kesimpulan tersebut antara lain sebagai berikut:
1. Spiritual Marketing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
Pembelian pada PT. Astra Honda Motor Bone. Artinya, meskipun semakin baik
nilai spiritual marketing yang diterapkan oleh sales marketing tidak akan
mempengaruhi keputusan pembelian.
2. Service Excellent tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan
Pembelian pada PT. Astra Honda Motor Bone. Artinya, meskipun semakin baik
service excellent yang diterapkan oleh sales marketing tidak akan
mempengaruhi keputusan pembelian.
3. Spiritual Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
Personal Branding pada PT. Astra Honda Motor Bone. Artinya, semakin baik
nilai spiritual marketing yang diterapkan oleh sales marketing maka personal
branding yang dimilikinya akan semakin baik pula.
4. Service Excellent berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Personal
Branding pada PT. Astra Honda Motor Bone. Artinya, semakin baik service
excellent yang diterapkan oleh sales marketing maka personal branding yang
dimilikinya akan semakin baik pula.
5. Personal Branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian pada PT. Astra Honda Motor Bone. Artinya, semakin
baik personal branding yang dimiliki oleh sales marketing maka keputusan
pembelian akan semakin meningkat.
6. Spiritual Marketing berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian pada PT. Astra Honda Motor Bone melalui mediasi
Personal Branding. Artinya, semakin baik nilai spiritual marketing yang
diterapkan disertai semakin baik pula personal branding yang dimiliki oleh
sales marketing maka keputusan pembelian akan semakin meningkat.
7. Service Excellent berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Keputusan
Pembelian pada PT. Astra Honda Motor Bone melalui mediasi Personal
Branding. Artinya, semakin baik service excellent yang diterapkan disertai
semakin baik pula personal branding yang dimiliki oleh sales marketing maka
keputusan pembelian akan semakin meningkat.
B. Implikasi Penelitian
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa variabel spiritual marketing dan service excellent tidak
berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, spiritual marketing
dan service excellent berpengaruh secara langsung terhadap personal branding,
personal branding berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian,
sedangkan spiritual marketing dan service excellent berpengaruh secara tidak
langsung terhadap keputusan pembelian jika dimediasi oleh personal branding. Hal
ini mengandung implikasi bahwa PT. Astra Honda Motor Bone setelah melakukan
proses perekrutan karyawan perlu untuk mengadakan kelas pelatihan kepada
karyawan baru dalam hal ini para sales marketing mengenai cara berkomunikasi
yang efektif dan coaching produk. Setelah itu, pihak PT. Astra Honda Motor Bone
perlu melakukan evaluasi setiap tahun terkait kinerja para sales marketing. Hal
seperti ini penting untuk dilakukan dalam memperkuat personal branding para
sales marketing yang terbukti merupakan elemen penting dalam strategi
pemasaran. Selain itu, upaya untuk meningkatkan spiritual marketing dan kualitas
pelayanan perlu terus dilakukan, tidak hanya untuk memengaruhi personal
branding, tetapi juga untuk mengarahkan pengaruh positif pada keputusan
pembelian pelanggan melalui jalur mediasi ini.
C. Saran-Saran
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, maka disampaikan saran yang
sekiranya dapat bermanfaat, yaitu sebagai berikut:
1. Bagi pihak peneliti selanjutnya, yaitu dapat menambahkan variabel lain sebagai
pengganti variabel spiritual marketing, service excellent, dan personal
branding.
2. Bagi PT. Astra Honda Motor Bone agar senantiasa memperhatikan personal
branding para karyawan utamanya sales marketing karena hal ini terbukti
menjadi faktor kunci dalam menentukan keputusan pembelian pelanggan.
Ketersediaan
60102202202302/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

02/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Tesis EKIS

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top