Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Penggunaan Shopee-pay Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Pengguna Shopee-pay Di Kec. Barebbo Kab. Bone
Muhaemn Suhardi El-Hakim/612062019067 - Personal Name
Pemasaran digital atau digital marketing bisa lebih efektif dan efisien
dalam menjangkau target pasar. Digital maketing dalam islam merupakan
seluruh kegiatan pemasaran yang berhubungan dengan teknologi tersebut
harus berlandaskan hukum syariah . Bisnis digital di Indonesia semakin
berkembang dan berinovasi terutama di sektor jasa keuangan khususnya
pembayaran digital seperti shopee-pay. Tujuan penelitian ini untuk
menganilisis pengaruh digital markrting terhadap keputusan penggunaan
shopee-pay dengan metode penelitian yang bersifat kuantitatif yaitu penelitian
yang dilakukan untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel
lainnya dengan menyebar kuesioner pada 65 responden yang menggunakan
shopee-pay untuk bertransaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel digital marketing terhadap
keputusan penggunaan shopee-pay dengan presentasi pengaruh sebesar 53%.
Sehingga dapat disimpulkan digital marketing memiliki pengaruh terhadap
keputusan penggunaan shopee-pay.
A. Kesimpulan
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya maka dapat disimpulkan branding/merek, kehalalan dan
legalitas yang menajdi indikator digital marketing dalam perspektif islam
sebagai variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel dependen yaitu keputusan penggunaan shopee-pay.
B. Saran
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya maka dapat disimpulan bahwa :
1. Bagi penelitian selanjutnya, dapat lebih bervariatif, mendalam dan
lebih luas untuk menguatkan penelitian yang dilakukan peneliti agar
menjadi karya ilmiah yang dapat dignakan sebaik baiknya.
2. Bagi Masyarakat di kec.barebbo diharapkan agar lebih meningkatkan
pengetahuan tentang digital marketing dan pembayaran melalui media
digital seperti shopee-pay khususnya dalam perspektif islam agar dapat
memanfaatkan perkembangan kemajun digital marketing dan tetap
sejalan dengan prinsip syariah.
C. Implikasi
Hasil dari penelitian, memberikan manfaat dan implikasi serta
pembelajaran yang baik, memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih
luas khususnya digital marketing dan alat pembayaran shopee-pay bukan
hanya tentang mencari berapa banyak pelanggan, keuntungan atau manfaat
serta kemudahan yang dirasakan saat menggunakannya, tetapi hal yang harus
diutamakan adalah sistem dengan prinsip syariah yang terdapat didalamnya.
dalam menjangkau target pasar. Digital maketing dalam islam merupakan
seluruh kegiatan pemasaran yang berhubungan dengan teknologi tersebut
harus berlandaskan hukum syariah . Bisnis digital di Indonesia semakin
berkembang dan berinovasi terutama di sektor jasa keuangan khususnya
pembayaran digital seperti shopee-pay. Tujuan penelitian ini untuk
menganilisis pengaruh digital markrting terhadap keputusan penggunaan
shopee-pay dengan metode penelitian yang bersifat kuantitatif yaitu penelitian
yang dilakukan untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel
lainnya dengan menyebar kuesioner pada 65 responden yang menggunakan
shopee-pay untuk bertransaksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat
pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel digital marketing terhadap
keputusan penggunaan shopee-pay dengan presentasi pengaruh sebesar 53%.
Sehingga dapat disimpulkan digital marketing memiliki pengaruh terhadap
keputusan penggunaan shopee-pay.
A. Kesimpulan
BAB V
PENUTUP
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya maka dapat disimpulkan branding/merek, kehalalan dan
legalitas yang menajdi indikator digital marketing dalam perspektif islam
sebagai variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel dependen yaitu keputusan penggunaan shopee-pay.
B. Saran
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya maka dapat disimpulan bahwa :
1. Bagi penelitian selanjutnya, dapat lebih bervariatif, mendalam dan
lebih luas untuk menguatkan penelitian yang dilakukan peneliti agar
menjadi karya ilmiah yang dapat dignakan sebaik baiknya.
2. Bagi Masyarakat di kec.barebbo diharapkan agar lebih meningkatkan
pengetahuan tentang digital marketing dan pembayaran melalui media
digital seperti shopee-pay khususnya dalam perspektif islam agar dapat
memanfaatkan perkembangan kemajun digital marketing dan tetap
sejalan dengan prinsip syariah.
C. Implikasi
Hasil dari penelitian, memberikan manfaat dan implikasi serta
pembelajaran yang baik, memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih
luas khususnya digital marketing dan alat pembayaran shopee-pay bukan
hanya tentang mencari berapa banyak pelanggan, keuntungan atau manfaat
serta kemudahan yang dirasakan saat menggunakannya, tetapi hal yang harus
diutamakan adalah sistem dengan prinsip syariah yang terdapat didalamnya.
Ketersediaan
| SFEBI20230213 | 213/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
213/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
