Pengaruh Endorsment Selebgram Terhadap Brand Awareness Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Konsumen Bevpa Pada Pengikut Deng_Elys_Manis)
Herlinda/602022019024 - Personal Name
Pembahasan penelitian ini membahas mengenai pengaruh endorsemet
selebgram terhadap brand awareness konsumen dalam meningkatkan omset
penjualan, dalam penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu apakah terdapat
pengaruh endorsement selebgram terhadap Brand awareness konsumen. Dalam
penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden, metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis
regresi sederhana Berdasarkan hasil pengujian ini, terbukti bahwa endorsement
selebgram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Artinya
dengan menggunakan jasa endosement selebgram mampu berpengaruh dalam
menciptakan kesadaran merek (brand awareness) Hal ini didukung dengan uji t
dengan hasil pengujian Endorsement Selebgram (X) secara parsial memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness konsumen (Y) karena memenuhi
dasar pengambilan keputusan dimana jika nilai signifikan t < 0,05, maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Dalam penelitian ini nilai sig X sebesar 0, 000 sehingga 0, 000 <
0,05 Berdasarkan hal tersebut, H0 ditolak dan Ha diterima. Dan juga didukung
dengan uji validasi dan reliabilitas dengan hasil uji validasi yang menunjukkan
bahwa setiap butir pertanyaan dalam dua variable itu valid, dan pengujian reliabilitas
menunjukkan bahwa semua indikator dari variabel kuesioner di nyatakan reliabel.
Nilai reliabilitas instrument menunjukkan tingkat reliabilitas instrument penelitian
sudah memadai karena mendekati.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil data peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian ini ditemukan bahwa tedapat pengaruh endorsement selebgram
terhadap brand awareness konsumen Bevpa pada pengikut deng_elys_manis.
Dalam ekonomi islam, mengenai endorsement yaitu melibatkan selebgram yang
melakukan promosi secara jujur dan merivew produk Bevpa dengan jujur dan
juga busana yang digunakan oleh selebgram deng_elys_manis juga sopan dan
menggunakan hijab. Prinsip yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW,
adalah personal selling, iklan, promosi penjualan dan humas. Hal ini pula
dengan menggunakan jasa endorsement selebgram dalam islam dengan bauran
promosi merupakan kombinasi dari alat-alat promosi, yaitu periklanan,
penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan dan publisitas yang
dirancang untuk menjual barang dan jasa.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan anlisis yang telah dilakukan, penelitian ini
masih banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus
diperbaiki dan diperhatikan lagi. Mengenai endorsment memang sangat
membantu dalam penjualan dan pengenalan produk kepada masyarakat atau
kepada konsumen. Selain endorsmen kita juga harus mempersiapkan produk
kita agar lebih unggul dari produk lain sehingga orang yang membeli produk
kita ada repeat order kembali dan juga perlu kiranya untuk lebih memperluas
lagi media market demi perkembangan usaha kita kedepannya. Dan semoga
penelitian ini bisa memberikan infomasi dan juga dapat menjadikan penelitian
ini sebagai referensi kepada peneliti selanjutnya agar penelitian selanjutnya
lebih teliti lagi dalam pengambilan keputusan mulai dari penentuan instrumen
penelitian hingga pengujian hasil data dari penelitian yang dilakukan.
selebgram terhadap brand awareness konsumen dalam meningkatkan omset
penjualan, dalam penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu apakah terdapat
pengaruh endorsement selebgram terhadap Brand awareness konsumen. Dalam
penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden, metode yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis
regresi sederhana Berdasarkan hasil pengujian ini, terbukti bahwa endorsement
selebgram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness. Artinya
dengan menggunakan jasa endosement selebgram mampu berpengaruh dalam
menciptakan kesadaran merek (brand awareness) Hal ini didukung dengan uji t
dengan hasil pengujian Endorsement Selebgram (X) secara parsial memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap brand awareness konsumen (Y) karena memenuhi
dasar pengambilan keputusan dimana jika nilai signifikan t < 0,05, maka H0 ditolak
dan Ha diterima. Dalam penelitian ini nilai sig X sebesar 0, 000 sehingga 0, 000 <
0,05 Berdasarkan hal tersebut, H0 ditolak dan Ha diterima. Dan juga didukung
dengan uji validasi dan reliabilitas dengan hasil uji validasi yang menunjukkan
bahwa setiap butir pertanyaan dalam dua variable itu valid, dan pengujian reliabilitas
menunjukkan bahwa semua indikator dari variabel kuesioner di nyatakan reliabel.
Nilai reliabilitas instrument menunjukkan tingkat reliabilitas instrument penelitian
sudah memadai karena mendekati.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil data peneliti dapat disimpulkan bahwa dalam
penelitian ini ditemukan bahwa tedapat pengaruh endorsement selebgram
terhadap brand awareness konsumen Bevpa pada pengikut deng_elys_manis.
Dalam ekonomi islam, mengenai endorsement yaitu melibatkan selebgram yang
melakukan promosi secara jujur dan merivew produk Bevpa dengan jujur dan
juga busana yang digunakan oleh selebgram deng_elys_manis juga sopan dan
menggunakan hijab. Prinsip yang digunakan oleh Nabi Muhammad SAW,
adalah personal selling, iklan, promosi penjualan dan humas. Hal ini pula
dengan menggunakan jasa endorsement selebgram dalam islam dengan bauran
promosi merupakan kombinasi dari alat-alat promosi, yaitu periklanan,
penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan dan publisitas yang
dirancang untuk menjual barang dan jasa.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan anlisis yang telah dilakukan, penelitian ini
masih banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus
diperbaiki dan diperhatikan lagi. Mengenai endorsment memang sangat
membantu dalam penjualan dan pengenalan produk kepada masyarakat atau
kepada konsumen. Selain endorsmen kita juga harus mempersiapkan produk
kita agar lebih unggul dari produk lain sehingga orang yang membeli produk
kita ada repeat order kembali dan juga perlu kiranya untuk lebih memperluas
lagi media market demi perkembangan usaha kita kedepannya. Dan semoga
penelitian ini bisa memberikan infomasi dan juga dapat menjadikan penelitian
ini sebagai referensi kepada peneliti selanjutnya agar penelitian selanjutnya
lebih teliti lagi dalam pengambilan keputusan mulai dari penentuan instrumen
penelitian hingga pengujian hasil data dari penelitian yang dilakukan.
Ketersediaan
| SFEBI20230210 | 210/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
210/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skropsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
