Strategi Pemasaran Pada Produk Syariah (Studi Pada Produk Kalung Kesehatan Al-Akbar)
Devi Widya Nengsih/01.18.3145 - Personal Name
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kendala dan solusi penerapan strategi
pemasaran pada produk Syariah kalung kesehatan Al-Akbar. Adapun pendekatan kualitatif
sebagai produser penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan
dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen, sesuai dengan sifat Nabi
Muhammad SWT dalam berbisnis yaitu: sifat Shiddiq ini sangat dibutuhkan karena produk
yang akan dipasarkan itu haruslah berdasarkan kejujuran. Amanah (dapat di percaya),
produk haruslah benar-benar dapat dipercaya aman dan berkualias untuk di gunakan oleh
konsumen. Kendala yang terjadi pada pemasaran kalung kesehatan Al-Akbar yaitu
banyaknya persingan harga yang lebih murah, terdapat persamaan barang kalung akan
tetapi merk yang dipasarkan berbeda yang menjadikan konsumen salah kaprah tentang
adanya pemalsuan kalung tersebut. Solusi harus jeli dengan tidak sekadar memasarkan
produk yang sudah ada demand-nya di pasar. Melainkan memasarkan pula produk yang
kedepan punya prospek bagus, kendati sekarang belum ada demand-nya. Dengan cara ini,
berarti pemasar bisa membangun pasar-pasar baru yang kompetisinya lebih rendah
sehingga tak perlu menurunkan harga.
A. Kesimpulan
1. Untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan dapat memuaskan
keinginan atau kebutuhan konsumen, sesuai dengan sifat Nabi Muhammad SWT
dalam berbisnis yaitu: Shaddiq (Jujur atau Benar), sifat Shiddiq ini sangat
dibutuhkan karena produk yang akan dipasarkan itu haruslah berdasarkan kejujuran.
Produk itu harus benar-benar barang baru, dan bersifat halal untuk digunakan.
Amanah (dapat di percaya), produk haruslah benar-benar dapat dipercaya aman dan
berkualias untuk di gunakan oleh konsumen. Produk yang dipercaya adalah barang
asli yang di buat bukan barang abal-abal. Dan kalung Al-Akbar sudah terbukti dan
sudah banyak testimoni bahwa kalung Al-Akbar dapat menyembuhkan penyakit.
Strategi pemasaran yang digunakan dalam penjualan kalung kesehatan AL-Akbar
yaitu secara islami dengan cara focus terhadap kualitas agar promosi apat dilakukan
secara jujur dan tidak melebih-lebihkan dan juga tidak menjatuhkan prdokuk lain
dalam promosi walaupun banyak produk yang sama yang beredar dipasaran.
2. Kendala yang terjadi pada pemasaran kalung kesehatan Al-Akbar yaitu banyaknya
persingan harga yang lebih murah, terdapat persamaan barang kalung akan tetapi
merk yang dipasarkan berbeda yang menjadikan konsumen salah kaprah tentang
adanya pemalsuan kalung tersebut, harus jeli dengan tidak sekadar memasarkan
produk yang sudah ada demand-nya di pasar. Melainkan memasarkan pula produk
yang kedepan punya prospek bagus, kendati sekarang belum ada demand-nya.
Dengan cara ini, berarti pemasar bisa membangun pasar-pasar baru yang
kompetisinya lebih rendah sehingga tak perlu banting-bantingan harga.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di atas, maka peneliti
memberikan beberapa implikasi atau saran, sebagai berikut:
Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
kepada EEC Group hendaknya terus membangun kualitas produk kalung kesehatan
yang dapat membantu menjaga kesehatan manusia dan tetap mempertahankan dan
meningkatkan strategi yang sesuai syariat islam yang saat ini di terapkan agar
masyarakat semakin percaya dengan kualitas yang dihasilkan produk kalung
kesehatan al akbar sehingga dapat memberikan manfaat untuk semu
pemasaran pada produk Syariah kalung kesehatan Al-Akbar. Adapun pendekatan kualitatif
sebagai produser penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan
dan dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen, sesuai dengan sifat Nabi
Muhammad SWT dalam berbisnis yaitu: sifat Shiddiq ini sangat dibutuhkan karena produk
yang akan dipasarkan itu haruslah berdasarkan kejujuran. Amanah (dapat di percaya),
produk haruslah benar-benar dapat dipercaya aman dan berkualias untuk di gunakan oleh
konsumen. Kendala yang terjadi pada pemasaran kalung kesehatan Al-Akbar yaitu
banyaknya persingan harga yang lebih murah, terdapat persamaan barang kalung akan
tetapi merk yang dipasarkan berbeda yang menjadikan konsumen salah kaprah tentang
adanya pemalsuan kalung tersebut. Solusi harus jeli dengan tidak sekadar memasarkan
produk yang sudah ada demand-nya di pasar. Melainkan memasarkan pula produk yang
kedepan punya prospek bagus, kendati sekarang belum ada demand-nya. Dengan cara ini,
berarti pemasar bisa membangun pasar-pasar baru yang kompetisinya lebih rendah
sehingga tak perlu menurunkan harga.
A. Kesimpulan
1. Untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan dapat memuaskan
keinginan atau kebutuhan konsumen, sesuai dengan sifat Nabi Muhammad SWT
dalam berbisnis yaitu: Shaddiq (Jujur atau Benar), sifat Shiddiq ini sangat
dibutuhkan karena produk yang akan dipasarkan itu haruslah berdasarkan kejujuran.
Produk itu harus benar-benar barang baru, dan bersifat halal untuk digunakan.
Amanah (dapat di percaya), produk haruslah benar-benar dapat dipercaya aman dan
berkualias untuk di gunakan oleh konsumen. Produk yang dipercaya adalah barang
asli yang di buat bukan barang abal-abal. Dan kalung Al-Akbar sudah terbukti dan
sudah banyak testimoni bahwa kalung Al-Akbar dapat menyembuhkan penyakit.
Strategi pemasaran yang digunakan dalam penjualan kalung kesehatan AL-Akbar
yaitu secara islami dengan cara focus terhadap kualitas agar promosi apat dilakukan
secara jujur dan tidak melebih-lebihkan dan juga tidak menjatuhkan prdokuk lain
dalam promosi walaupun banyak produk yang sama yang beredar dipasaran.
2. Kendala yang terjadi pada pemasaran kalung kesehatan Al-Akbar yaitu banyaknya
persingan harga yang lebih murah, terdapat persamaan barang kalung akan tetapi
merk yang dipasarkan berbeda yang menjadikan konsumen salah kaprah tentang
adanya pemalsuan kalung tersebut, harus jeli dengan tidak sekadar memasarkan
produk yang sudah ada demand-nya di pasar. Melainkan memasarkan pula produk
yang kedepan punya prospek bagus, kendati sekarang belum ada demand-nya.
Dengan cara ini, berarti pemasar bisa membangun pasar-pasar baru yang
kompetisinya lebih rendah sehingga tak perlu banting-bantingan harga.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan di atas, maka peneliti
memberikan beberapa implikasi atau saran, sebagai berikut:
Adapun saran yang penulis maksud dalam pembahasan skripsi ini yaitu
kepada EEC Group hendaknya terus membangun kualitas produk kalung kesehatan
yang dapat membantu menjaga kesehatan manusia dan tetap mempertahankan dan
meningkatkan strategi yang sesuai syariat islam yang saat ini di terapkan agar
masyarakat semakin percaya dengan kualitas yang dihasilkan produk kalung
kesehatan al akbar sehingga dapat memberikan manfaat untuk semu
Ketersediaan
| SFEBI20230209 | 209/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
209/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
