Efektivitas Penggunaan Media Pair Card Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajara Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di Madrasah Darul Hikmah Kabupaten Bone
Fahran Try Setiawan/822322020043 - Personal Name
Aktivitas belajar adalah salah satu indikator adanya keinginan untuk belajar.
Dalam hal itu diperlukan media pair card untuk meningkatkan aktivitas belajar,
dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas
media pair card dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pair card dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest dan Posttest One Group
Design. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik
inferensial, kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic
versi 25. Hasil analisis uji efektivitas data aktivitas belajar siswa menggunakan
efektivitas dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh nilai rata-rata sebesar
62,77, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain Score termasuk dalam
kategori cukup efektif karena berada diantara tafsiran 56-75%. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pair card efektif dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media Pair Card untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Darul Hikmah kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan.
1. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media Pair Card
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah kabupaten Bone.
Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pretest eksperimen siswa kelas
VA diperoleh sebanyak nilai Sum ( jumlah keseluruhan) 1021 untuk kelas
VA dan diketahui bahwa skor pretest eksperimen mendapatkan skor
maximum 70, minimum 50 dengan jumlah rata-rata untuk pretest
eskperimen 52,27 pada pretest kontrol kelas VB diperoleh nilai Sum
(jumlah keseluruhan) 1033 untuk kelas VB dan diketahui bahwa skor
pretest mendapat skor maximum 70. Adapun skor minimum untuk data
pretest kontrol sebanyak 45 dengan jumlah rata rata untuk pretest yaitu
57,38.
2. Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan media
pembelajaran pair card. Pada posttest eksperimen siswa kelas VA
diperoleh sebanyak nilai Sum ( jumlah keseluruhan) sebanyak 1450 dan
diketahui bahwa skor pretest eksperimen mendapatkan skor maximum 92,
minimum 70 dengan jumlah rata-rata untuk posttest eskperimen 80,55,
pada posttest kontrol kelas VB diperoleh nilai Sum (jumlah keseluruhan)
sebanyak 1327 dan diketahui bahwa skor pretest mendapat skor maximum
60. Adapun skor minimum untuk data posttest kontrol sebanyak 85 dengan
jumlah rata-rata untuk posttest yaitu 75,25.
3. Media pair card efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
kelas V MI Darul Hikmah Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
hasil uji efektivitas dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh
nilai rata-rata sebesar 62,77, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas
N-Gain Score termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini,
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar sering membaca materi
pelajaran seperti dengan mengulang ulang bacaan agar materi
pelajaran Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW bisa cepat
dimengerti dan disarankan kepada siswa agar dapat memotivasi
diri sendiri dalam memajukan kompetensinya dalam membaca
baik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam maupun
dalam pelajaran lainnya.
2. Bagi guru
a. Diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya guru
dapat lebih menerapkan media pembelajaran Pair Card untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa.
b. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang
tidak berfokus pada satu metode saja namun disesuaikan
dengan keadaan yang dialami
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media Pair Card dalam
sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah.
Dalam hal itu diperlukan media pair card untuk meningkatkan aktivitas belajar,
dari hal tersebut yang menjadi masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas
media pair card dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pair card dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest dan Posttest One Group
Design. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik observasi dan tes.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik
inferensial, kemudian dianalisis dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic
versi 25. Hasil analisis uji efektivitas data aktivitas belajar siswa menggunakan
efektivitas dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh nilai rata-rata sebesar
62,77, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain Score termasuk dalam
kategori cukup efektif karena berada diantara tafsiran 56-75%. Hal ini
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran pair card efektif dalam
meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan
Islam di kelas V di MI Darul Hikmah Kabupaten Bone
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media Pair Card untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah
Darul Hikmah kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan.
1. Peningkatan aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan media Pair Card
siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah kabupaten Bone.
Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pretest eksperimen siswa kelas
VA diperoleh sebanyak nilai Sum ( jumlah keseluruhan) 1021 untuk kelas
VA dan diketahui bahwa skor pretest eksperimen mendapatkan skor
maximum 70, minimum 50 dengan jumlah rata-rata untuk pretest
eskperimen 52,27 pada pretest kontrol kelas VB diperoleh nilai Sum
(jumlah keseluruhan) 1033 untuk kelas VB dan diketahui bahwa skor
pretest mendapat skor maximum 70. Adapun skor minimum untuk data
pretest kontrol sebanyak 45 dengan jumlah rata rata untuk pretest yaitu
57,38.
2. Peningkatan aktivitas belajar siswa setelah menerapkan media
pembelajaran pair card. Pada posttest eksperimen siswa kelas VA
diperoleh sebanyak nilai Sum ( jumlah keseluruhan) sebanyak 1450 dan
diketahui bahwa skor pretest eksperimen mendapatkan skor maximum 92,
minimum 70 dengan jumlah rata-rata untuk posttest eskperimen 80,55,
pada posttest kontrol kelas VB diperoleh nilai Sum (jumlah keseluruhan)
sebanyak 1327 dan diketahui bahwa skor pretest mendapat skor maximum
60. Adapun skor minimum untuk data posttest kontrol sebanyak 85 dengan
jumlah rata-rata untuk posttest yaitu 75,25.
3. Media pair card efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
kelas V MI Darul Hikmah Kab. Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
hasil uji efektivitas dengan menggunakan N-Gain Score diperoleh
nilai rata-rata sebesar 62,77, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas
N-Gain Score termasuk dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini,
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar sering membaca materi
pelajaran seperti dengan mengulang ulang bacaan agar materi
pelajaran Sejarah Hidup Nabi Muhammad SAW bisa cepat
dimengerti dan disarankan kepada siswa agar dapat memotivasi
diri sendiri dalam memajukan kompetensinya dalam membaca
baik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam maupun
dalam pelajaran lainnya.
2. Bagi guru
a. Diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya guru
dapat lebih menerapkan media pembelajaran Pair Card untuk
meningkatkan aktivitas belajar siswa.
b. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang
tidak berfokus pada satu metode saja namun disesuaikan
dengan keadaan yang dialami
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media Pair Card dalam
sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah.
Ketersediaan
| STAR20250030 | 30/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
30/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
