Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopee (Studi Kasus khususnya Gen Millenial & Gen-Z di Watampone)
Muhammad Adli Alwi/01.16.5089 - Personal Name
Internet sudah dianggap menjadi bagian dari kehidupan masyarakat karena
memiliki banyak manfaat yang dapat membantu keseharian mereka seperti untuk
kegiatan belajar, berkomunikasi, bekerja dan bahkan berbelanja. Kemudahan dalam
mengakses internet tersebut, mengakibatkan masyarakat lebih senang untuk
melakukan berbagai kegiatannya secara online. Gaya hidup online pada sebagian
masyarakat terus meningkat, seperti kegiatan berbelanja yang dulunya hanya dikenal
melalui toko fisik sekarang dilakukan secara online. Proses jual-beli yang dulunya
mengharuskan orang untuk bertatap muka, sekarang hanya menjadi sebatas klik di
gadget yang terintegrasi dengan teknologi internet. Teknologi dan informasi yang
telah berkembang sangat memudahkan bagi konsumen. Salah satunya internet yang
sukses membawa perubahan pada masyarakat dalam berbagai aspek dalam
kehidupan. Dalam membuktikan hal ini, maka diusulkan pertanyaan penelitian,
yakni: Bagaimana pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian
produk di Shopee?
Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dibutuhkan data primer dari
hasil kuesioner. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Dan untuk
menganalisis data digunakan analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas, maka dapat ditarik
kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan pada bab I
dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik, yaitu Electronic Word of
Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya,
hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh positif dan signifikan tersebut
menunjukkan bahwa electronic word of mouth dapat menjadi salah pertimbangan
generasi milenial dan generasi Z Muslim di Kabupaten Bone dalam memutuskan
untuk membeli produk di Shopee.
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah
dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik,
yaitu Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh
positif dan signifikan tersebut menunjukkan bahwa electronic word of mouth dapat
menjadi salah pertimbangan generasi milenial dan generasi Z Muslim di Kabupaten
Bone dalam memutuskan untuk membeli produk di Shopee.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan hal-hal sebagai
berikut:
1. Disarankan kepada konsumen khususnya generasi milenial dan generasi Z di
Kabupaten Bone yang membeli produk di Shopee, tidak hanya bersandar pada
seleranya saja, melainkan manfaat non fisik, yakni pahala dan berkah yang harus
diutamakan. Karena setiap Muslim wajib menggunakan produk yang halal dan
tayyib. Ini merupakan ajaran Islam yang wajib dilaksanakan. Jika seperti itu,
maka mereka adalah konsumen yang peduli maslahah yang mempertimbangkan
manfaat fisik dan manfaat non fisik dari produknya.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan sehingga
dalam pengambilan kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang diharapkan
dapat membaca skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan
sebagai panduan dalam mengembangkan keputusan pembelian generasi
millenialdan generasi Z Muslim, khususnya di Kabupaten Bone. Insya Allah,
Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.
C. Implikasi
Implikasi yang dapat ditimbulkan dari saran di atas, yaitu jika generasi
millenial dan generasi Z Muslim membeli suatu produk berdasarkan electronic word
of mouth maka produk yang dipasarkan di Shopee harus mempunyai kualitas yang
baik dengan harga yang bersahabat, sehingga generasi millenial dan generasi Z
Muslim di Kabupaten Bone akan semakin tertarik untuk membeli suatu produk
tersebut. Karena banyaknya generasi millenial dan generasi Z Muslim yang sering
membeli produk di Shopee bisa saja berdampak kepada aktivitas bisnis Shopee itu
sendiri, sehingga produk ini dapat bersaing dengan e-Commerce lainnya yang ada di
Indonesia.
memiliki banyak manfaat yang dapat membantu keseharian mereka seperti untuk
kegiatan belajar, berkomunikasi, bekerja dan bahkan berbelanja. Kemudahan dalam
mengakses internet tersebut, mengakibatkan masyarakat lebih senang untuk
melakukan berbagai kegiatannya secara online. Gaya hidup online pada sebagian
masyarakat terus meningkat, seperti kegiatan berbelanja yang dulunya hanya dikenal
melalui toko fisik sekarang dilakukan secara online. Proses jual-beli yang dulunya
mengharuskan orang untuk bertatap muka, sekarang hanya menjadi sebatas klik di
gadget yang terintegrasi dengan teknologi internet. Teknologi dan informasi yang
telah berkembang sangat memudahkan bagi konsumen. Salah satunya internet yang
sukses membawa perubahan pada masyarakat dalam berbagai aspek dalam
kehidupan. Dalam membuktikan hal ini, maka diusulkan pertanyaan penelitian,
yakni: Bagaimana pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap keputusan pembelian
produk di Shopee?
Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut dibutuhkan data primer dari
hasil kuesioner. Metode kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Dan untuk
menganalisis data digunakan analisis regresi linier sederhana.
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas, maka dapat ditarik
kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan pada bab I
dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik, yaitu Electronic Word of
Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Artinya,
hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh positif dan signifikan tersebut
menunjukkan bahwa electronic word of mouth dapat menjadi salah pertimbangan
generasi milenial dan generasi Z Muslim di Kabupaten Bone dalam memutuskan
untuk membeli produk di Shopee.
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah
dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik,
yaitu Electronic Word of Mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian. Artinya, hipotesis yang diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh
positif dan signifikan tersebut menunjukkan bahwa electronic word of mouth dapat
menjadi salah pertimbangan generasi milenial dan generasi Z Muslim di Kabupaten
Bone dalam memutuskan untuk membeli produk di Shopee.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka dapat disarankan hal-hal sebagai
berikut:
1. Disarankan kepada konsumen khususnya generasi milenial dan generasi Z di
Kabupaten Bone yang membeli produk di Shopee, tidak hanya bersandar pada
seleranya saja, melainkan manfaat non fisik, yakni pahala dan berkah yang harus
diutamakan. Karena setiap Muslim wajib menggunakan produk yang halal dan
tayyib. Ini merupakan ajaran Islam yang wajib dilaksanakan. Jika seperti itu,
maka mereka adalah konsumen yang peduli maslahah yang mempertimbangkan
manfaat fisik dan manfaat non fisik dari produknya.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan sehingga
dalam pengambilan kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang diharapkan
dapat membaca skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan
sebagai panduan dalam mengembangkan keputusan pembelian generasi
millenialdan generasi Z Muslim, khususnya di Kabupaten Bone. Insya Allah,
Aamiin Yaa Rabbal ‘Aalamiin.
C. Implikasi
Implikasi yang dapat ditimbulkan dari saran di atas, yaitu jika generasi
millenial dan generasi Z Muslim membeli suatu produk berdasarkan electronic word
of mouth maka produk yang dipasarkan di Shopee harus mempunyai kualitas yang
baik dengan harga yang bersahabat, sehingga generasi millenial dan generasi Z
Muslim di Kabupaten Bone akan semakin tertarik untuk membeli suatu produk
tersebut. Karena banyaknya generasi millenial dan generasi Z Muslim yang sering
membeli produk di Shopee bisa saja berdampak kepada aktivitas bisnis Shopee itu
sendiri, sehingga produk ini dapat bersaing dengan e-Commerce lainnya yang ada di
Indonesia.
Ketersediaan
| SFEBI20230204 | 204/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
204/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
