Hubungan Antara Penguatan Nilai-nilai Spiritual dengan Kesadaran Berperilaku Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bone
Muh. Yahya/150202026 - Personal Name
Tesis ini membahas “Hubungan Antara Penguatan Nilai-nilai Spiritual dengan Kesadaran Berperilaku Peserta Didik pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bone”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep penguatan nilai-nilai spiritual pada peserta didik di MAN 2 Bone, mendeskripsikan pengaruh nilai-nilai spiritual terhadap tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone dan sejauhmana pengaruh hubungan antara penguatan nilai-nilai spiritual dengan tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif, yakni mendapatkan gambaran berupa angka-angka hubungan dan signifikansi variabel dependen dan independen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis. Pengukuran variabel dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data yakni uji validitas dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’c Alpha. Analisis regresi sederhana dengan menggunakan alat bantu aplikasi Software SPSS Versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai spiritual di MAN 2 Bone dengan melakukan pendekatan keagamaan kepada peserta didik. Pengaruh nilai-nilai spiritual terhadap tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone menunjukkan tingkat signifikan 5% (0,05), sehingga variabel (X) penguatan nilai-nilai spiritual dan variabel (Y) kesadaran berprilaku memiliki pengaruh dengan tingkat korelasi tinggi, maka variabel dependen dan independen memiliki hubungan (korelasi positif).
Implikasi penelitian ini bahwa penguatan nilai-nilai spiritual sangat dibutuhkan oleh peserta didik, keberlanjutan dan intensitas penguatan nilai-nilai spiritual di MAN 2 Bone perlu ditingkatkan demi melahirkan peserta didik yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dan bertanggung jawab.
1.ngan tingkat signifikan 5% (0,05), ini mejelaskan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel maka Ha diterima, dan mempunyai tingkat signifikan dibawah 0,05. Itu artinya bahwa variabel penguatan nilai-nilai spiritual berpengaruh pada tingkat kesadaran berprilaku peserta didik di MAN 2 Bone.
2.Tingkat pengaruh hubungan antara penguatan nilai-nilai spiritual dengan tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone akan menumbuhkan sikap kejujuran, bertanggung jawab dan kedisiplinan.
A.Saran/Rekomendasi
Berdasarkan simpulan penelitian di atas, maka sebagai saran dan rekomndasi penelitian tesis ini adalah;
1.Penelitian tentang penguatan nilai-nilai spiritual terhadap peserta didik di MAN 2 Bone khusunya telah memberikan gambaran upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kekebalan peserta didik untuk tidak terperosot pada lubang pergaulan bebas. Maka penguatan nilai-nilai spiritual peserta didik harus ditingkatkan demin mendapatkan peserta didik yang memiliki akhlak terpuji.
2.Peguatan nilai-nilai spiritual peserta didik perlu di programkan oleh pemerintah, hal itu untuk mendukung keberlangsungan pendidikan yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Karena bisa dipastikan peserta didik sangat membutuhkan hal demikian, sehingga butuh arahan pemerintah untuk menindaklanjuti terlaksananya penguatan nilai-nilai spiritual.
3.Penelitian ini menelaah tentang penguatan nilai-nilai spiritual, dalam penelitian ini hanya mengkaji aspek-aspek tertentu dalam nilai spiritual. Maka disadari bahwa kajian ini masih perlu dikaji dalam aspek-aspek lainya untuk penelitian selanjutnya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif, yakni mendapatkan gambaran berupa angka-angka hubungan dan signifikansi variabel dependen dan independen. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan paedagogis, psikologis dan sosiologis. Pengukuran variabel dengan menggunakan skala Likert. Metode analisis data yakni uji validitas dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’c Alpha. Analisis regresi sederhana dengan menggunakan alat bantu aplikasi Software SPSS Versi 20.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai-nilai spiritual di MAN 2 Bone dengan melakukan pendekatan keagamaan kepada peserta didik. Pengaruh nilai-nilai spiritual terhadap tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone menunjukkan tingkat signifikan 5% (0,05), sehingga variabel (X) penguatan nilai-nilai spiritual dan variabel (Y) kesadaran berprilaku memiliki pengaruh dengan tingkat korelasi tinggi, maka variabel dependen dan independen memiliki hubungan (korelasi positif).
Implikasi penelitian ini bahwa penguatan nilai-nilai spiritual sangat dibutuhkan oleh peserta didik, keberlanjutan dan intensitas penguatan nilai-nilai spiritual di MAN 2 Bone perlu ditingkatkan demi melahirkan peserta didik yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur dan bertanggung jawab.
1.ngan tingkat signifikan 5% (0,05), ini mejelaskan bahwa nilai t-hitung ≥ t-tabel maka Ha diterima, dan mempunyai tingkat signifikan dibawah 0,05. Itu artinya bahwa variabel penguatan nilai-nilai spiritual berpengaruh pada tingkat kesadaran berprilaku peserta didik di MAN 2 Bone.
2.Tingkat pengaruh hubungan antara penguatan nilai-nilai spiritual dengan tingkat kesadaran berperilaku peserta didik di MAN 2 Bone akan menumbuhkan sikap kejujuran, bertanggung jawab dan kedisiplinan.
A.Saran/Rekomendasi
Berdasarkan simpulan penelitian di atas, maka sebagai saran dan rekomndasi penelitian tesis ini adalah;
1.Penelitian tentang penguatan nilai-nilai spiritual terhadap peserta didik di MAN 2 Bone khusunya telah memberikan gambaran upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan kekebalan peserta didik untuk tidak terperosot pada lubang pergaulan bebas. Maka penguatan nilai-nilai spiritual peserta didik harus ditingkatkan demin mendapatkan peserta didik yang memiliki akhlak terpuji.
2.Peguatan nilai-nilai spiritual peserta didik perlu di programkan oleh pemerintah, hal itu untuk mendukung keberlangsungan pendidikan yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Karena bisa dipastikan peserta didik sangat membutuhkan hal demikian, sehingga butuh arahan pemerintah untuk menindaklanjuti terlaksananya penguatan nilai-nilai spiritual.
3.Penelitian ini menelaah tentang penguatan nilai-nilai spiritual, dalam penelitian ini hanya mengkaji aspek-aspek tertentu dalam nilai spiritual. Maka disadari bahwa kajian ini masih perlu dikaji dalam aspek-aspek lainya untuk penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| 150202026 | 51/2019 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
51/2019
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2019
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Tesis PAI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
