Penerapan Sistem Made by Order dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Perspektif Marketing Syariah (Studi pada Lamone Coffe Shop)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai penerapan sistem made by order dalam
menjaga loyalitas pelanggan perspektif marketing syariah (studi pada Lamone coffe
shop). Pokok Permasalahannya adalah penerapan sistem made by order dalam
menjaga loyalitas pelanggan yang perspektif marketing syariah dan persepsi
pelanggan terhadap penerapan sistem made by order di Lamone coffe shop.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, menggunakan metode pendekatan
kualitatif.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara secara
langsung kepada pemilik usaha, karyawan, dan pelanggan Lamone coffe shop.
penerapan sistem made by order dalam menjaga loyalitas pelanggan yang perspektif
marketing syariah dan persepsi pelanggan terhadap penerapan sistem made by order
di Lamone coffe shop. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan
sumbangsih dan kontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan pada umumnya
dan ilmu keislaman pada khususnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem made by order dalam
menjaga loyalitas pelanggan mendapat pengaruh positif bagi Lamone coffe shop hal
tersebut deidasarkan dari data yang didapatkan peneliti bahwa menurut pemilik
Lamone coffe shop, penerapan made by order dapat mengefesiensi pekerjaan
Meskipun terdapat kekurangan terkait ketersediaan bahan baku yang dapat
mempengaruhi waktu produksi, namun secara keseluruhan sistem ini memberikan
nilai tambah dalam pelayanan yang efisien dan sesuai dengan preferensi pelanggan.
Selain itu, penerapan sistem ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip marketing syariah
yang mengedepankan sifat-sifat keteladanan Nabi Muhammad saw. yaitu ṣ iddiq,
amānah, fatānah, tabligh dan istiqāmah.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas, maka dapat ditarik
kesimpulan sebagai berikut:
1. Persepsi pelanggan terhadap penerapan sistem made by order di Lamone coffe
shop adalah positif. Sistem ini dianggap efisien karena pelanggan dapat memilih
menu sesuai dengan preferensi mereka, dan minuman yang disajikan terasa lebih
segar. Namun, terdapat kekurangan dalam sistem ini terkait dengan proses waktu
pembuatan yang bisa tertunda akibat ketersediaan bahan baku yang tidak
menentu.
2. Penerapan sistem made by order memiliki pengaruh positif dalam menjaga
loyalitas pelanggan di Lamone coffe shop. Menurut data yang diperoleh, pemilik
Lamone coffe shop menyatakan bahwa sistem ini telah meningkatkan efisiensi
kerja. Selain itu, belum ada keluhan langsung dari pelanggan terkait pelayanan
yang diberikan. Dalam perspektif marketing syariah, penerapan sistem made by
order di Lamone coffe shop mencerminkan sifat-sifat keteladanan Nabi
Muhammad saw. seperti sifat kejujuran ( ṣ iddiq ), amānah , kecerdasan, penyebaran
dakwah ( tabligh ), dan kestabilan dalam beribadah ( istiqāmah ).
B. Saran
Berdasarkan hasil kesimpulan yang telah dipaparkan, maka dapat disarankan
sebagai berikut:
1. Pihak Lamone coffe shop diharapkan untuk terus memperbaiki manajemen
persediaan untuk memastikan ketersediaan bahan baku yang mencukupi, sehingga
80
waktu produksi dapat lebih terjaga. Selain itu, pihak Lamone coffe shop juga
dapat membangun komunikasi yang efektif dengan pelanggan. Meskipun belum
ada keluhan langsung dari pelanggan terkait pelayanan yang diberikan, penting
bagi pemilik Lamone coffe shop untuk terus memperkuat komunikasi dengan
pelanggan. Dapat dilakukan dengan mengadakan sesi umpan balik secara teratur,
baik melalui survei, wawancara, atau media sosial. Hal ini akan membantu
memahami kebutuhan dan harapan pelanggan secara lebih baik, sehingga pemilik
dapat mengambil tindakan yang sesuai untuk meningkatkan pelayanan dan
mempertahankan loyalitas pelanggan.
2. Mempromosikan nilai-nilai marketing syariah melalui sistem made by order.
Mengingat penerapan sistem made by order di Lamone coffe shop mencerminkan
sifat-sifat keteladanan Nabi Muhammad saw. dalam perspektif marketing syariah,
pemilik dapat memanfaatkan ini sebagai keunggulan kompetitif. Dalam upaya
pemasaran, pemilik dapat lebih menekankan nilai-nilai seperti kejujuran,
kecerdasan, penyebaran dakwah, dan kestabilan dalam beribadah. Hal ini dapat
dilakukan melalui materi promosi, penekanan pada etika bisnis yang baik, dan
menciptakan lingkungan yang ramah dan berintegritas..
C. Implikasi
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan setelah memperhatikan hasil yang di
peroleh di lapangan, maka penulis dapat mengimplikasikan beberapa hal:
1. Secara ilmiah, dari hasil penelitian ini di harapkan dapat berguna bagi suatu
menjadi sebuah masukan yang dapat mendukung peneliti maupun pihak yang
lainya yang tertarik untuk meneliti dalam hal penelitian yang sama.
2. Secara praktis, hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai masukan
dan sebuah pertimbagan bagi pengusaha coffe shop yakni dengan
mempertimbangkan sistem produksi dalam menjaga loyalitas pelanggannya.
Ketersediaan
SFEBI20230187187/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

187/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Made by Order

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top