Pengaruh Review Produk Terhadap Keputusan Pembelian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi pada Generasi Z Pengguna Skincare Di Kab. Bone)
Dewi Rahayu/602022019200 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Review Produk Terhadap Kepu-
tusan Pembelian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, dan besar pengaruh Review
Produk terhadap Keputusan Pembelian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei, dan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Gen-
erasi Z yang ada di Kab. Bone dan teknik yang digunakan adalah teknik simple ran-
dom sampling di mana anggota yang dijadikan sebagai sampel diambil dari populasi
yang dilakukan secara acak dan memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk
dijadikan sebagai sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabe i l re i vie i w produ i k
me i miliki pe i nagaru i h te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian. Hal ini ditu i nju i kkan dari hasil an-
alisis data yang dipe i role i h de i ngan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya me i miliki pe i ngaru i h
yang signifikan, dan nilai t hitu i ng 13,334 > t hitu i ng 1,984 hal ini me i nu i nju i kkan pe i ngaru i h
yang positif. (2) Pada hasil analisis u i ji koe i fisie i n de i te i rminan me i nu i nju i kkan be i sar
pe i ngaru i h re i vie i w produ i k te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian, de i ngan nilai R Squ i are i 0,645
(64,5%). Dan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti harga, kualitas, brand im-
age, dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Be i rdasarkan hasil pe i ne i litian pada bab se i be i lu i mnya,me i nu i nju i kkan bahwa:
1. Variabe i l re i vie i w produ i k me i miliki pe i nagaru i hte i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian.
Hal ini ditu i nju i kkan dari hasil analisis data yang dipe i role i h de i ngan nilai sig.
0,000 < 0,05 artinya me i miliki pe i ngaru i h yang signifikan, dan nilai t hitu i ng
13,334 > t hitu i ng 1,984 hal ini me i nu i nju i kkan pe i ngaru i h yang positif.
2. Pada hasil analisis u i ji koe i fisie i n de i te i rminan me i nu i nju i kkan be i sar pe i ngaru i h
re i vie i wprodu i k te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian, de i ngan nilai R Squ i are i 0,645
(64,5%).Dan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti harga, kualitas,
brand image, dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dalam hal ini me i nyatakan bahwa H 1 dite i rima, dan me i mbu i ktikan bahwa
re i vie i w produ i k dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i tu i san pe i mbe i lian.
B. Saran
Be i rdasarkan pe i nu i lisan pe i ne i litian ini, pe i ne i liti me i nyadari masih te i rdapat
banyak ke i ku i rangan di dalamnya. U i ntu i k itu i pe i ne i liti me i mbe i rikan saran agar
me i ndapat gambaran se i bagai bahan pe i rtimbangan dan pe i nye i mpu i rnaan pe i ne i litian
se i lanju i tnya yang be i rkaitan de i ngan pe i ne i litian se i ru i pa.
1. Hasil pe i ne i litian ini kiranya dijadikan re i fe i re i nsi tambahan atau i acu i an bagi
pe i ne i liti yang me i ncari data se i pe i rti de i ngan pe i ne i litian ini.
2. Bagi pe i ne i liti diharapkan u i ntu i k me i masu i kkan variabe i l lain yang be i lu i m diam-
su i kkan dalam pe i ne i litian ini. Hal ini kare i na hanya te i rdapat satu i variabe i l yang
me i mpe i ngaru i hi ke i pu i tu i san pe i mbe i lian se i lain dari re i vie i wprodu i k.
3. Bagi konsu i me i n diharapkan dapat me i njadi acu i an se i be i lu i m me i mu i tu i skan pe i m-
be i lian yaitu i de i ngan me i lihat re i vie i w produ i k.
C. Implikasi
Be i rdasarkan ke i simpu i lan di atas, pe i nu i lis me i ngharapkan pe i nge i tahu i an
Ge i ne i rasi Z me i nge i nai produ i k skincare i de i ngan me i ncari informasi me i lalu i i hasil
re i vie i w produ i k yang ada di sosial me i dia yang se i su i ai de i ngan pe i rspe i ktif e i itka
bisnis islam yang nantinya akan me i ne i ntu i kan ke i pu i tu i san pe i mbe i liannya. Hasil
pe i ne i litian ini dapat me i njadi me i njadi wawasan mau i pu i n se i bagai bahan masu i kan
bagi Ge i ne i rsi Z di Kab. Bone i mau i pu i n conte i nt cre i ator saat me i laku i kan re i vie i w
produ i k khu i su i snya produ i k skincare i de i ngan me i ne i rapkan e i tika bisnis islam.
tusan Pembelian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam, dan besar pengaruh Review
Produk terhadap Keputusan Pembelian dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei, dan pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Gen-
erasi Z yang ada di Kab. Bone dan teknik yang digunakan adalah teknik simple ran-
dom sampling di mana anggota yang dijadikan sebagai sampel diambil dari populasi
yang dilakukan secara acak dan memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk
dijadikan sebagai sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Variabe i l re i vie i w produ i k
me i miliki pe i nagaru i h te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian. Hal ini ditu i nju i kkan dari hasil an-
alisis data yang dipe i role i h de i ngan nilai sig. 0,000 < 0,05 artinya me i miliki pe i ngaru i h
yang signifikan, dan nilai t hitu i ng 13,334 > t hitu i ng 1,984 hal ini me i nu i nju i kkan pe i ngaru i h
yang positif. (2) Pada hasil analisis u i ji koe i fisie i n de i te i rminan me i nu i nju i kkan be i sar
pe i ngaru i h re i vie i w produ i k te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian, de i ngan nilai R Squ i are i 0,645
(64,5%). Dan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti harga, kualitas, brand im-
age, dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Be i rdasarkan hasil pe i ne i litian pada bab se i be i lu i mnya,me i nu i nju i kkan bahwa:
1. Variabe i l re i vie i w produ i k me i miliki pe i nagaru i hte i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian.
Hal ini ditu i nju i kkan dari hasil analisis data yang dipe i role i h de i ngan nilai sig.
0,000 < 0,05 artinya me i miliki pe i ngaru i h yang signifikan, dan nilai t hitu i ng
13,334 > t hitu i ng 1,984 hal ini me i nu i nju i kkan pe i ngaru i h yang positif.
2. Pada hasil analisis u i ji koe i fisie i n de i te i rminan me i nu i nju i kkan be i sar pe i ngaru i h
re i vie i wprodu i k te i rhadap ke i pu i tu i san pe i mbe i lian, de i ngan nilai R Squ i are i 0,645
(64,5%).Dan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lain seperti harga, kualitas,
brand image, dan sebagainya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Dalam hal ini me i nyatakan bahwa H 1 dite i rima, dan me i mbu i ktikan bahwa
re i vie i w produ i k dapat me i mpe i ngaru i hi ke i pu i tu i san pe i mbe i lian.
B. Saran
Be i rdasarkan pe i nu i lisan pe i ne i litian ini, pe i ne i liti me i nyadari masih te i rdapat
banyak ke i ku i rangan di dalamnya. U i ntu i k itu i pe i ne i liti me i mbe i rikan saran agar
me i ndapat gambaran se i bagai bahan pe i rtimbangan dan pe i nye i mpu i rnaan pe i ne i litian
se i lanju i tnya yang be i rkaitan de i ngan pe i ne i litian se i ru i pa.
1. Hasil pe i ne i litian ini kiranya dijadikan re i fe i re i nsi tambahan atau i acu i an bagi
pe i ne i liti yang me i ncari data se i pe i rti de i ngan pe i ne i litian ini.
2. Bagi pe i ne i liti diharapkan u i ntu i k me i masu i kkan variabe i l lain yang be i lu i m diam-
su i kkan dalam pe i ne i litian ini. Hal ini kare i na hanya te i rdapat satu i variabe i l yang
me i mpe i ngaru i hi ke i pu i tu i san pe i mbe i lian se i lain dari re i vie i wprodu i k.
3. Bagi konsu i me i n diharapkan dapat me i njadi acu i an se i be i lu i m me i mu i tu i skan pe i m-
be i lian yaitu i de i ngan me i lihat re i vie i w produ i k.
C. Implikasi
Be i rdasarkan ke i simpu i lan di atas, pe i nu i lis me i ngharapkan pe i nge i tahu i an
Ge i ne i rasi Z me i nge i nai produ i k skincare i de i ngan me i ncari informasi me i lalu i i hasil
re i vie i w produ i k yang ada di sosial me i dia yang se i su i ai de i ngan pe i rspe i ktif e i itka
bisnis islam yang nantinya akan me i ne i ntu i kan ke i pu i tu i san pe i mbe i liannya. Hasil
pe i ne i litian ini dapat me i njadi me i njadi wawasan mau i pu i n se i bagai bahan masu i kan
bagi Ge i ne i rsi Z di Kab. Bone i mau i pu i n conte i nt cre i ator saat me i laku i kan re i vie i w
produ i k khu i su i snya produ i k skincare i de i ngan me i ne i rapkan e i tika bisnis islam.
Ketersediaan
| SFEBI20230184 | 184/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
184/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
