Urgensi Penggunaan Media Audio Visual Dalam Mendukung Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Gattareng Kecamatan Salomekko Kabuaten Bone
Haeratunnisa/02.16.1007 - Personal Name
Skripsi ini membahas “Urgensi Penggunaan Media Audio Visual dalam Mendukung
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah
Swasta (MAS) Gattareng Kecamatan Salomekko Kabuaten Bone”. Ada dua sub
masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bentuk pelaksanaan media audio visual
dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak,
pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam Mendukung
motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis dan sosiologis
Bentuk pelaksanaan media audio visual dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Gattareng, dapat dilakukan
melalui empat tahapan yaitu memilih media yang tepat, merancang media audio visual yang
akan diterapkan, menyesuaikan media dengan bahan ajar dan mengoperasikan media audio
visual. Pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam mendukung
motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta (MAS)
Gattareng yaitu pendukungnya adalah media yang lengkap, dana bos dan mudah memahami.
mengenai penghambatnya adalah terkadang proyektornya yang tidak mendukung dan dari
siswa itu sendiri ada yang mudah mengantuk, dan cepat bosan pada saat pembelajaran
berlangsung.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penggunaan media audio visual dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak di MAS Gattareng Kecamatan Salomekko Kabuaten Bone,
maka penulis dapat menyimpulkan :
1. Bentuk tahapan penggunaan media audio visual dalam mendukung motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta
(MAS) Gattareng, dapat dilakukan melalui empat tahapan yaitu memilih
media yang tepat, merancang media audio visual yang akan diterapkan,
menyesuaikan media dengan bahan ajar dan mengoperasikan media audio
visual.
2. Pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam
mendukung motivasi belajar siswa dalam penggunaan media audio visual
pada pelajaran Akidah Akhlak di MAS Gattareng yaitu, pendukungnya
adalah media yang lengkap, dana bos dan mudah memahami.
penghambatnya adalah terkadang proyektornya yang tidak mendukung dan
dari siswa itu sendiri ada yang mudah mengantuk, dan cepat bosan pada saat
pembelajaran berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis penguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini di
kemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut :
1. Kepada guru-guru MAS Gattareng tetap dapat mingkatkan keratifitas dalam
menggunakan media ataupun metode dalam memberikan pelajaran kepada
peserta didik dan tetap berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta
didik.
2. Kepada siswa di MAS Gattareng alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasihat, wejangan baik dari guru-guru serta selalu mematuhi
aturan-aturan yang berlaku di sekolah.
Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah
Swasta (MAS) Gattareng Kecamatan Salomekko Kabuaten Bone”. Ada dua sub
masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bentuk pelaksanaan media audio visual
dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak,
pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam Mendukung
motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, yaitu suatu metode yang
digunakan dengan jalan mendatangi lokasi penelitian, dan mengadakan pengamatan
langsung terhadap objek yang diteliti. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan psikologis dan sosiologis
Bentuk pelaksanaan media audio visual dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Gattareng, dapat dilakukan
melalui empat tahapan yaitu memilih media yang tepat, merancang media audio visual yang
akan diterapkan, menyesuaikan media dengan bahan ajar dan mengoperasikan media audio
visual. Pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam mendukung
motivasi belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta (MAS)
Gattareng yaitu pendukungnya adalah media yang lengkap, dana bos dan mudah memahami.
mengenai penghambatnya adalah terkadang proyektornya yang tidak mendukung dan dari
siswa itu sendiri ada yang mudah mengantuk, dan cepat bosan pada saat pembelajaran
berlangsung.
A. Simpulan
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis tentang urgensi
penggunaan media audio visual dalam mendukung motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak di MAS Gattareng Kecamatan Salomekko Kabuaten Bone,
maka penulis dapat menyimpulkan :
1. Bentuk tahapan penggunaan media audio visual dalam mendukung motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Swasta
(MAS) Gattareng, dapat dilakukan melalui empat tahapan yaitu memilih
media yang tepat, merancang media audio visual yang akan diterapkan,
menyesuaikan media dengan bahan ajar dan mengoperasikan media audio
visual.
2. Pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam
mendukung motivasi belajar siswa dalam penggunaan media audio visual
pada pelajaran Akidah Akhlak di MAS Gattareng yaitu, pendukungnya
adalah media yang lengkap, dana bos dan mudah memahami.
penghambatnya adalah terkadang proyektornya yang tidak mendukung dan
dari siswa itu sendiri ada yang mudah mengantuk, dan cepat bosan pada saat
pembelajaran berlangsung.
B. Implikasi
Setelah penulis penguraikan simpulan tersebut, maka di bawah ini di
kemukakan implikasi penelitian yang berisikan saran-saran. Adapun saran-saran
penulis dalam pembahasan ini adalah sebagai berikut :
1. Kepada guru-guru MAS Gattareng tetap dapat mingkatkan keratifitas dalam
menggunakan media ataupun metode dalam memberikan pelajaran kepada
peserta didik dan tetap berusaha untuk meningkatkan motivasi belajar peserta
didik.
2. Kepada siswa di MAS Gattareng alangkah baiknya tetap selalu
mendengarkan nasihat, wejangan baik dari guru-guru serta selalu mematuhi
aturan-aturan yang berlaku di sekolah.
Ketersediaan
| STAR20200335 | 335/2020 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
335/2020
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
