Peran Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di MA DDI Maspul Kab. Bone
Gita Sufitri/862312020091 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Peran manajemen kelas terhadap keaktifan
belajar siswa di MA DDI Maspul. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
untuk mengetahui sejauh mana Manajemen Kelas di MA DDI Maspul, untuk
mengetahui begaimana Keaktifan Belajar Siswa di MA DDI Maspul, dan untuk
mengetahui Peran Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar di MA DDI
Maspul. Adapun metode penelitian ini adalah mengunakan jenis penelitian
kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen dan sosiologis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi yang diambil dari sumber data primer dan data sekunder. Adapun
teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran manajemen
kelas di MA DDI Maspul sudah berjalan sebagaimana mestinya, mulai dari peran
manajemen kelas dalam hal perencanaan kelas, pengelolaan kelas, kepemimpinan
kelas, pengendalian kelas. Bisa dilihat dari perincian dan penetapan tujuan yang
melibatkan guru dan siswa, menentukan sumber daya yang dibutuhkan, guru
mengarahkan, membimbing dan memotivasi siswa serta sekolah membentuk tim
yang melibatkan guru, staf administrasi dan siswa untuk merumuskan standar
penampilan kelas. 2)Keaktifan belajar siswa di MA DDI Maspul terdapat
kelemahan dari segi visual activities khususnya pada saat memperhatikan guru
menjelaskan terkadang siswa mengalami kesulitan. Dan oral activities di MA DDI
Maspul tidak begitu efektif dikarenakan siswa yang tidak mau mengajukan
pertanyaan serta ide dan pendapat mereka. Serta listening activities salah satunya
pada saat mendengarkan guru menjelaskan kurang efektif dikarenakan kurangnya
minat siswa pada pelajaran tertentu. Beberapa siswa hanya bersemangat dan fokus
jika pelajaran tersebut adalah yang mereka senangi. 3) Peran manajemen kelas
terhadap keaktifan belajar di MA DDI Maspul dilihat dari manajemen kelas dalam
hal perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian memiliki
peran terhadap keaktifan belajar siswa dimana meliputi visual activities, oral
activities, listening activities, serta motor activities.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
bahwa :
1. Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul sudah berjalan sebagaimana
mestinya, mulai dari peran manajemen kelas dalam hal perencanaan kelas,
pengelolaan kelas, kepemimpinan kelas, pengendalian kelas. Bisa dilihat
dari perincian dan penetapan tujuan yang melibatkan guru dan siswa,
menentukan sumber daya yang dibutuhkan, guru mengarahkan,
membimbing dan memotivasi siswa serta sekolah membentuk tim yang
melibatkan guru, staf administrasi dan siswa untuk merumuskan standar
penampilan kelas.
2. Keaktifan belajar siswa di MA DDI Maspul terdapat kelemahan dari segi
visual activities khususnya pada saat memperhatikan guru menjelaskan
terkadang siswa mengalami kesulitan. Dan oral activities di MA DDI
Maspul tidak begitu efektif dikarenakan siswa yang tidak mau mengajukan
pertanyaan serta ide dan pendapat mereka. Serta listening activities salah
satunya pada saat mendengarkan guru menjelaskan kurang efektif
dikarenakan kurangnya minat siswa pada pelajaran tertentu. Beberapa siswa
hanya bersemangat dan fokus jika pelajaran tersebut adalah yang mereka
senangi.
3. Peran manajemen kelas terhadap keaktifan belajar di MA DDI Maspul
dilihat dari manajemen kelas dalam hal perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, serta pengendalian memiliki peran terhadap keaktifan
belajar siswa dimana meliputi visual activities, oral activities, listening
activities, serta motor activities.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada piha-pihak terkaiat, adapun saran penulis maksud yaitu :
1. Hendaknya sekolah/madrasah terus meningkatkan manajemen kelas
sehingga tujuan pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien.
2. Bagi guru diharapkan senantiasa menciptakan suasana lingkungan belajar
yang kondusif, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif.
3. Bagi guru diharapkan senantiasa memberikan motivasi dan dorongan
kepada siswa
belajar siswa di MA DDI Maspul. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
untuk mengetahui sejauh mana Manajemen Kelas di MA DDI Maspul, untuk
mengetahui begaimana Keaktifan Belajar Siswa di MA DDI Maspul, dan untuk
mengetahui Peran Manajemen Kelas Terhadap Keaktifan Belajar di MA DDI
Maspul. Adapun metode penelitian ini adalah mengunakan jenis penelitian
kualitatif (Qualitatif research) melalui pendekatan manajemen dan sosiologis.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan
dokumentasi yang diambil dari sumber data primer dan data sekunder. Adapun
teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran manajemen
kelas di MA DDI Maspul sudah berjalan sebagaimana mestinya, mulai dari peran
manajemen kelas dalam hal perencanaan kelas, pengelolaan kelas, kepemimpinan
kelas, pengendalian kelas. Bisa dilihat dari perincian dan penetapan tujuan yang
melibatkan guru dan siswa, menentukan sumber daya yang dibutuhkan, guru
mengarahkan, membimbing dan memotivasi siswa serta sekolah membentuk tim
yang melibatkan guru, staf administrasi dan siswa untuk merumuskan standar
penampilan kelas. 2)Keaktifan belajar siswa di MA DDI Maspul terdapat
kelemahan dari segi visual activities khususnya pada saat memperhatikan guru
menjelaskan terkadang siswa mengalami kesulitan. Dan oral activities di MA DDI
Maspul tidak begitu efektif dikarenakan siswa yang tidak mau mengajukan
pertanyaan serta ide dan pendapat mereka. Serta listening activities salah satunya
pada saat mendengarkan guru menjelaskan kurang efektif dikarenakan kurangnya
minat siswa pada pelajaran tertentu. Beberapa siswa hanya bersemangat dan fokus
jika pelajaran tersebut adalah yang mereka senangi. 3) Peran manajemen kelas
terhadap keaktifan belajar di MA DDI Maspul dilihat dari manajemen kelas dalam
hal perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, serta pengendalian memiliki
peran terhadap keaktifan belajar siswa dimana meliputi visual activities, oral
activities, listening activities, serta motor activities.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
bahwa :
1. Peran manajemen kelas di MA DDI Maspul sudah berjalan sebagaimana
mestinya, mulai dari peran manajemen kelas dalam hal perencanaan kelas,
pengelolaan kelas, kepemimpinan kelas, pengendalian kelas. Bisa dilihat
dari perincian dan penetapan tujuan yang melibatkan guru dan siswa,
menentukan sumber daya yang dibutuhkan, guru mengarahkan,
membimbing dan memotivasi siswa serta sekolah membentuk tim yang
melibatkan guru, staf administrasi dan siswa untuk merumuskan standar
penampilan kelas.
2. Keaktifan belajar siswa di MA DDI Maspul terdapat kelemahan dari segi
visual activities khususnya pada saat memperhatikan guru menjelaskan
terkadang siswa mengalami kesulitan. Dan oral activities di MA DDI
Maspul tidak begitu efektif dikarenakan siswa yang tidak mau mengajukan
pertanyaan serta ide dan pendapat mereka. Serta listening activities salah
satunya pada saat mendengarkan guru menjelaskan kurang efektif
dikarenakan kurangnya minat siswa pada pelajaran tertentu. Beberapa siswa
hanya bersemangat dan fokus jika pelajaran tersebut adalah yang mereka
senangi.
3. Peran manajemen kelas terhadap keaktifan belajar di MA DDI Maspul
dilihat dari manajemen kelas dalam hal perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, serta pengendalian memiliki peran terhadap keaktifan
belajar siswa dimana meliputi visual activities, oral activities, listening
activities, serta motor activities.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa
saran kepada piha-pihak terkaiat, adapun saran penulis maksud yaitu :
1. Hendaknya sekolah/madrasah terus meningkatkan manajemen kelas
sehingga tujuan pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien.
2. Bagi guru diharapkan senantiasa menciptakan suasana lingkungan belajar
yang kondusif, dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara efektif.
3. Bagi guru diharapkan senantiasa memberikan motivasi dan dorongan
kepada siswa
Ketersediaan
| STAR20240257 | 257/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
257/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
