Dampak Penerapan Media Animasi dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Mubarak Tacipi
Mochammad Adlan Anzhari Kusma/862082020095 - Personal Name
Berdasarkan pengalaman peneliti, pemanfaatan media pembelajaran yang
digunakan pada saat pembelajaran Akidah berlangsung masih kurang bervariasi.
Pembelajaran seringnya berpatokan pada buku saja tidak didampingi oleh media
lainnya. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih didasarkan kepada
buku dan masih sangat kurang menggunakan medianya . Pembelajaran selama ini
menunjukkan bahwa siswa dalam kelas tersebut belum sepenuhnya memahami
materi yang diajarkan oleh guru, dikarenakan mereka kurang bersemangat dan
sibuk dengan temannya.
Dengan adanya penerapan media pembelajaran animasi ini sehingga dapat
menarik perhatian siswa untuk belajar siswa mampu memahami materi yang akan
disampaikan oleh guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak lagi sibuk
sendiri, atau sibuk dengan temannya, melainkan akan fokus pada tayangan video
pembelajaran animasi yang ditampilkan oleh guru di depan kelas. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan media pembelajaran animasi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Dampak penerapan media animasi sangat bermanfaat dalam bidang studi
pendidikan agama Islam yang mana media animasi memberikan kemudahan bagi
pendidik dan peserta didik. Bagi peserta didik, animasi dapat meningkatkan
motivasi belajar dan pemahaman terhadap materi pembelajaran. Bagi pihak
pendidik, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran
dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Media animasi merupakan jenis
media audiovisual yakni media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar
sehingga sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini juga berdasarkan
wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik yang secara keseluruhan
mengatakan bahwa peserta didik senang dengan media animasi yang digunakan
dalam pembelajaran.
A. Simpulan
1. Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penerapan media animasi
sangat bermanfaat dalam bidang studi pendidikan agama Islam yang mana
media animasi memberikan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik.
Bagi peserta didik, animasi dapat meningkatkan motivasi belajar dan
pemahaman terhadap materi pembelajaran. Bagi pihak pendidik, animasi
dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam
penyampaian materi kepada peserta didik. Media animasi merupakan jenis
media audiovisual yakni media yang mempunyai unsur suara dan unsur
gambar sehingga sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini juga
berdasarkan wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik yang
secara keseluruhan mengatakan bahwa peserta didik senang dengan media
animasi yang digunakan dalam pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, saran yang
dapat dikemukakan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan lebih dapat menggunakan media yang sesuai
dengan materi pembelajaran dengan baik salah satunya media animasi
untuk meningkatkan minat belajar siswa.
2. Untuk siswa diharapkan agar lebih semangat memperbanyak lagi
belajarnya dan juga meningkatkan lagi minat belajarnya melalui media
animasi.
3. Bagi peneliti diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat
bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian yang berhubungan
dampak penerapan media animasi dalam pembelajaran akidah akhlak.
digunakan pada saat pembelajaran Akidah berlangsung masih kurang bervariasi.
Pembelajaran seringnya berpatokan pada buku saja tidak didampingi oleh media
lainnya. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru lebih didasarkan kepada
buku dan masih sangat kurang menggunakan medianya . Pembelajaran selama ini
menunjukkan bahwa siswa dalam kelas tersebut belum sepenuhnya memahami
materi yang diajarkan oleh guru, dikarenakan mereka kurang bersemangat dan
sibuk dengan temannya.
Dengan adanya penerapan media pembelajaran animasi ini sehingga dapat
menarik perhatian siswa untuk belajar siswa mampu memahami materi yang akan
disampaikan oleh guru sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak lagi sibuk
sendiri, atau sibuk dengan temannya, melainkan akan fokus pada tayangan video
pembelajaran animasi yang ditampilkan oleh guru di depan kelas. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan media pembelajaran animasi untuk
meningkatkan hasil belajar siswa.
Dampak penerapan media animasi sangat bermanfaat dalam bidang studi
pendidikan agama Islam yang mana media animasi memberikan kemudahan bagi
pendidik dan peserta didik. Bagi peserta didik, animasi dapat meningkatkan
motivasi belajar dan pemahaman terhadap materi pembelajaran. Bagi pihak
pendidik, animasi dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran
dalam penyampaian materi kepada peserta didik. Media animasi merupakan jenis
media audiovisual yakni media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar
sehingga sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini juga berdasarkan
wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik yang secara keseluruhan
mengatakan bahwa peserta didik senang dengan media animasi yang digunakan
dalam pembelajaran.
A. Simpulan
1. Penelitian ini menunjukkan bahwa dampak penerapan media animasi
sangat bermanfaat dalam bidang studi pendidikan agama Islam yang mana
media animasi memberikan kemudahan bagi pendidik dan peserta didik.
Bagi peserta didik, animasi dapat meningkatkan motivasi belajar dan
pemahaman terhadap materi pembelajaran. Bagi pihak pendidik, animasi
dapat mempermudah proses pembelajaran dan pengajaran dalam
penyampaian materi kepada peserta didik. Media animasi merupakan jenis
media audiovisual yakni media yang mempunyai unsur suara dan unsur
gambar sehingga sesuai dengan karakteristik peserta didik. Hal ini juga
berdasarkan wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik yang
secara keseluruhan mengatakan bahwa peserta didik senang dengan media
animasi yang digunakan dalam pembelajaran.
B. Saran
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, saran yang
dapat dikemukakan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan lebih dapat menggunakan media yang sesuai
dengan materi pembelajaran dengan baik salah satunya media animasi
untuk meningkatkan minat belajar siswa.
2. Untuk siswa diharapkan agar lebih semangat memperbanyak lagi
belajarnya dan juga meningkatkan lagi minat belajarnya melalui media
animasi.
3. Bagi peneliti diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat bermanfaat
bagi peneliti selanjutnya dalam melakukan penelitian yang berhubungan
dampak penerapan media animasi dalam pembelajaran akidah akhlak.
Ketersediaan
| STAR20250113 | 113/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
113/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
