Pengaruh Metode Pembayaran Cash On Delivery Terhadap Keputusan Masyarakat Muslim Berbelanja Secara Online” (Studi Pada Masyarakat Muslim Pengguna Shopee di Kab. bone)
Cece Kirani/612062019074 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Metode Pembayaran Cash On
Delivery Terhadap Keputusan Masyarakat Muslim Berbelanja Secara Online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembayaran Cash On
Deliveryterhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja secara online di Kab. Bone. Jenis
pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif, dengan
menggunakan software IBM SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (uji t) Metode pembayaran Cash
On Delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja
secara online dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkanhasil uji koefisiensi
determinasi dapat diketahui bahwa R square (R 2 ) sebesar 0,567 atau 56,7%, hal ini
menunjukkan bahwa metode pembayaran Cash On Delivery memiliki pengaruh
sebesar 56,7% terhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja secara online
sedangkan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam
penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang
signifikan dari nilai t hitung 11.332 > t tabel 1.984 hal ini menunjukkan pengaruh
yang positif. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa variabel Cash On
Delivery (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian
online (Y). sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini bermakna bahwa
Cash On Delivery berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian online. Hal ini membuktikan bahwa metode pembayaran Cash On
Delivery dapat dapat mempengaruhi keputusan pembelian online.
B. Saran
Berdasarkan penulisan penelitian ini peneliti menyadari masih
terdapat banyak kekurangan didalamnya.Untuk itu peneliti memberikan saran
agar mendapat gambaran sebagai bahan pertimbangan dan penyempurnaan
penelitian selnajutnya yang berkaitan dengan penelitian serupa.
1. Hasil penelitian ini kiranya dijadikan referensi tambahan atau acuan bagi
peneliti yang mencari data seperti dengan penelitian ini.
2. Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan
pemahaman mereka mengenai berbagai macam metode pembayaran
dalam memutuskan berbelanja secara online.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk menambah dan meningkatkan
kualitas variabel yang berhubungan dengan keputusan pembelian.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengharapkan wawasan
masyarakat mengenai berbagai macam metode pembayaran dalam melakukan
pembelian online, karena adanya pemahaman terhadap berbagai macam
metode pembayaran serta resiko-resiko yang akan didapatkan dapat
memutuskan seseorang melakukan pembelian online. Hasil penelitian ini
dapat menjadi wawasan maupun sebagai bahan masukan bagi
pemerintah.OJK dan khususnya masyarakat pengguna Shopee di Kab.Bone
dalam meningkatkan pengetahuan dalam melakukan pembelian secara online.
Delivery Terhadap Keputusan Masyarakat Muslim Berbelanja Secara Online.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembayaran Cash On
Deliveryterhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja secara online di Kab. Bone. Jenis
pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan kuantitatif, dengan
menggunakan software IBM SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (uji t) Metode pembayaran Cash
On Delivery berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja
secara online dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkanhasil uji koefisiensi
determinasi dapat diketahui bahwa R square (R 2 ) sebesar 0,567 atau 56,7%, hal ini
menunjukkan bahwa metode pembayaran Cash On Delivery memiliki pengaruh
sebesar 56,7% terhadap keputusan masyarakat muslim berbelanja secara online
sedangkan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam
penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian analisis data dan pembahasan pada bab
sebelumnya diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 artinya memiliki pengaruh yang
signifikan dari nilai t hitung 11.332 > t tabel 1.984 hal ini menunjukkan pengaruh
yang positif. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa variabel Cash On
Delivery (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian
online (Y). sehingga H 0 ditolak dan H 1 diterima. Hal ini bermakna bahwa
Cash On Delivery berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian online. Hal ini membuktikan bahwa metode pembayaran Cash On
Delivery dapat dapat mempengaruhi keputusan pembelian online.
B. Saran
Berdasarkan penulisan penelitian ini peneliti menyadari masih
terdapat banyak kekurangan didalamnya.Untuk itu peneliti memberikan saran
agar mendapat gambaran sebagai bahan pertimbangan dan penyempurnaan
penelitian selnajutnya yang berkaitan dengan penelitian serupa.
1. Hasil penelitian ini kiranya dijadikan referensi tambahan atau acuan bagi
peneliti yang mencari data seperti dengan penelitian ini.
2. Masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan
pemahaman mereka mengenai berbagai macam metode pembayaran
dalam memutuskan berbelanja secara online.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan untuk menambah dan meningkatkan
kualitas variabel yang berhubungan dengan keputusan pembelian.
C. Implikasi
Berdasarkan kesimpulan diatas, penulis mengharapkan wawasan
masyarakat mengenai berbagai macam metode pembayaran dalam melakukan
pembelian online, karena adanya pemahaman terhadap berbagai macam
metode pembayaran serta resiko-resiko yang akan didapatkan dapat
memutuskan seseorang melakukan pembelian online. Hasil penelitian ini
dapat menjadi wawasan maupun sebagai bahan masukan bagi
pemerintah.OJK dan khususnya masyarakat pengguna Shopee di Kab.Bone
dalam meningkatkan pengetahuan dalam melakukan pembelian secara online.
Ketersediaan
| SFEBI20230161 | 161/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
161/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
