Pengaruh Perceived Value dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Tbk Jl.Jenderal Ahmad Yani Watampone)

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Pengaruh Perceived Value dan Religiusitas Terhadap
Loyalitas Nasabah ( Studi Pada Nasabah Bank Muamalat Indonesia Tbk Jl.Jenderal
Ahmad Yani Watampone). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : (1) Untuk
mendeskripsikan apakah Perceived Value berpengaruh terhadap Loyalitas nasabah
Bank Muamalat. (2) Untuk mendeskripsikan apakah Religiusitas berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data adalah dengan membagikan kuesioner kepada 100
responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan
bantuan software Eviews 10. Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah: (1) Variabel Perceived Value (X1) secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas nasabah, dimana nilai t-statistic dari variabel Perceived
Value sebesar 8,098304 lebih besar dari nilai t-tabel (8,098304 > 1,985) dan nilai
signifikansinya 0,0000 < 0,05. (2) Variabel Religiulitas (X2) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, dimana nilai t-statistic
dari variabel Religiulitas sebesar 2,65789 lebih besar dari nilai t-tabel (5,415 > 1,982)
dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan
signifikan secara simultan antara Perceived Value dan Religiulitas terhadap loyalitas
nasabah, dimana nilai F statistic > F tabel (137,8374> 3,090), dan nilai Prob (F-
Statistic) adalah sebesar 0,0000 < 0,05. Dan adapun besar pengaruh kedua variabel
tersebut terhadap keputusan pembelian adalah sebesar 73,4353% dan sisanya
26,5647% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai Pengaruh Perceived
Value Dan Religiusitas Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Nasabah Bank
Muamalat Indonesia Tbk. Jln. Jenderal Ahmad Yani Watampone) peneliti dapat
menyimpulkan bahwa:
1. Berdasarkan hasil analisis deskriptif kuantitatif dari 100 responden terdapat 61
responden yang mengatakan bahwa perceived value atau persepsi pelanggan
terhadap nilai yang diberikan Bank Muamalat kepada pelanggan yaitu
memberikan pelayanan yang baik sehingga memberikan penilaian yang baik
pula dari nasabah atas apa yang dirasakan di Bank Muamalat. Sedangkan hasil
analisis deskriptif kuantitatif dari variabel religius dari 100 responden terdapat
60 responden yang mengatakan bahwa Bank Muamalat memberikan sikap
posistif pada nasabah dalam hal religiusitas, dimana mereka loyal terhadap
Bank Muamalat karena Bank Muamalat merupakan salah satu Bank Syariah
yang taat pada ajaran agama atau syariat islam dimana dalam proses tabung
menabung tidak ada sistem bunga sehingga terhindar dari riba. sehingga
berdasarkan hal tersebut dan hasil analisis deskriptif kuantitatif terdapat 60
responden yang loyal terhadap Bank Muamalat Indoneisa Tbk. Jln Jendral
Ahmad Yani Watampone.
2. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perceived Value dengan
loyalitas nasabah Bank Muamalat Jl. Jenderal Ahmad Yani Watampone.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai t-statistic dari variabel
Perceived Value sebesar 8,098304 lebih besar dari nilai t-tabel (8,098304 >
1,985) dan nilai signifikansinya 0,0000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha
diterima.
3. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Religiulitas dengan loyalitas
nasabah Bank Muamalat Jl. Jenderal Ahmad Yani Watampone. Berdasarkan
hasil penelitian diketahui bahwa nilai t-statistic dari variabel Religiulitas
sebesar 2,65789 lebih besar dari nilai t-tabel (5,415 > 1,982) dan nilai
signifikansinya 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.
4. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Perceived Value dan
Religiulitas dengan loyalitas nasabah Bank Muamalat Jl. Jenderal Ahmad Yani
Watampone. Berdasarkan hasil pengujian diatas, maka nilai F statistic adalah
sebesar 137,8374 dan nilai F tabel diketahui sebesar 3,090. Dengan demikian
nilai F statistic > F tabel (137,8374> 3,090), dan nilai Prob (F-Statistic) adalah
sebesar 0,0000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun
besarnya pengaruh variabel Perceived Value dan Religiulitas terhadap loyalitas
nasabah sebesar 73,43% dan sisanya 26,56% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
B. Saran
1. Bagi Nasabah
Diharapkan bagi nasabah agar dalam melakukan transaksi antar bank,
menabung dan lain sebagainya agar lebih memperhatikan Bank yang digunakan
yaitu Bank yang mengikuti syariat agama islam, agar terhindar dari perbuatan
yang dilarang agama seperti riba dan hal yang dilarang lain sebagaianya.
2. Bagi Pihak Bank Muamalat
Bagi pihak Bank Muamalat diharapkan agar lebih meningkatkan
kualitas pelayanan yang dimiliki agar nasabah dapat merasakan nilai dan
kualitas yang baik dari Bank Muamalat sehingga nasabah tetap loyal untuk
tetap menabung dan bertransaksi melalui Bank Muamalat.
3. Bagi Peneliti Selanjutnya
Bagi peneliti selanjutnya diharapkan agar dalam penelitiannya
menggunakan variabel lain yang berhubungan dengan loyalitas nasabah yang
tidak diteliti dalam penelitian ini karena masih ada 26,5647% variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini yang mempengaruhi loyalitas nasabah.
Ketersediaan
SFEBI20230158158/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

158/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top