Penerapan Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Melalui Media Sosial Instagram Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Usaha Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Resto CafeTeras)
Marya Mawarni/01.18.3036 - Personal Name
Resto Cafe Teras telah melakukan pemasaran menggunakan media sosial
instagram yang dapat memberikan kemudahan dalam dunia pemasaran dan
perkembangan usaha. Resto Cafe Teras dilengkapi dengan tampilan instagram yang
fotogenik serta jumlah folowers yang cukup banyak yaitu sebesar 8.066 dengan
postingan sebesar 2.224 yang menandakan bahwa resto cafe teras sangat update
dalam memberikan informasi kepada konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan strategi
pemasaran bisnis kuliner Resto Cafe Teras setelah menggunakan media sosial
instagram. Manfaat pada penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangsi,
kontribusi terhadap ilmu pengetahuan serta diharapkan dapat memberi sumbangsi
pemikiran untuk membangun masyarakat yang lebih baik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
lapangan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan
berupa data primer dan sekunder serta pengumpulan informasi berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Resto Cafe Teras dalam menjalankan
usahanya menggunakan media sosial instagram sebagai sebagai platform pemasaran
dengan tujuan untuk dapat bersaing di era globalisasi serta mampu meningkatkan
usaha yang dijalankan. Selain itu Resto Café Teras juga menggunakan beberapa
strategi seperti: strategi pendekatan, komunitas serta mengutamakan kenyamanan dan
loyalitas pelanggang. Perkembangan usaha Resto Cafe Teras setelah menggunakan
media sosial Instagram sudah berjalan dengan baik sehingga dapat bersaing dan
mampu meningkatkan usaha. pemasaran menggunakan media sosial instagram sudah
sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yang mengedepankan prinsip dan
akhlak syariat islam dalam menjalankan usahanya, sebagaimana dalam QS. At-
Taubah/9:105.
A. Kesimpulan
Adapun penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diperoleh hasil
kesimpulan dari lapangan tentang penerapan strategi pemasaran bisnis kuliner
menggunakan media sosial instagram dalam meningkatkan usaha dimasa pandemi
covid-19 ditinjau dari persfektif ekonomi islam
1. Resto Cafe Teras dalam menjalankan usahanya menggunakan media sosial
instagram sebagai sebagai platform pemasaran dengan tujuan untuk dapat
bersaing di era globalisasi serta mampu meningkatkan usaha yang dijalankan.
Selain itu Resto Cafe Teras juga menggunakan beberapa strategi seperti: strategi
pendekatan, komunitas serta mengutamakan kenyamanan dan loyalitas
pelanggang. Penerapan yang digunakan dalam media sosial instagram yaitu
membuat konten yang menarik, memanfaatkan vitur Instagram, influencer
marketing, update, dan menetapkan pihak pengelolah Instagram agar dapat
berjalan dengan baik.
2. Perkembangan usaha Resto Cafe Teras setelah menggunakan media sosial
instagram sudah berjalan dengan baik sehingga dapat bersaing dan mampu
meningkatkan usaha. Pemasaran menggunakan media sosial instagram sudah
sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yang mengedepankan prinsip dan
akhlak syariat islam dalam menjalankan usahanya, sebagaimana dalam QS. At-
Taubah/9:105.
B. Implikasi
Dana darurat yang disediakan oleh pihak Resto Cafe Teras untuk menjaga-
jaga apabila terjadi suatu masalah dalam sebuah usaha dimanfaatkan untuk
mengatasi masalah yang dihadapi pada masa pandemi Covid-19 sehingga mampu
terus bertahan hingga sekarang ini. Resto Cafe Teras menerapkan strategi pemasaran
menggunakan media sosial instagram untuk meningkatan usaha sangat brpengaruh
dan berperan penting dalam keberhasilan sebuah usha para pengusaha sangat merasa
terbantu dengan adanya strategi secara online atau disebut juga digital marketing
karena mampu menjangkau market yang lebih luas dengan biaya yang terjangkau
serta mampu bertahan dan bersaing dalam dunia usaha.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka informasi yang
perlu disampaikan peneliti adalah sebagai berikut:
1. Bagi pihak Resto Cafe Teras
Resto Cafe Teras dalam menjalankan usaha harus lebih memanfaatkan
digital marketing dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai media
promosi untuk terus bersaing dan mengikuti perkembangan zaman agar dapat
mempetahankan usahanya, selain itu resto cafe teras juga perlu memperhatikan
dan meningkatkan kualitas dan persaingan dalam dunia bisnis khususnya
mpemanfaattan dalam dunia pemasaran agar dapat berjalan dan bertahan lebih
baik dan lebih dikenal diberbagai kalngan bukan hanya dikabupaten Bone.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Peneliti selanjutnya yang akan meneliti terkait strategi pemasran dalam
meningkatkan usaha maka disarankan untuk mencari dan membaca referensi
lain yang lebih banyak lagi sehingga hasil penelitian selanjutnya akan semakin
baik serta dapat memperoleh pengetahuan yang baru. Selain itu, bagi peneliti
selanjutnya hasil penelitin ini juga bisa dijadikan referensi sebagai perbandingan
dan referensi untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
instagram yang dapat memberikan kemudahan dalam dunia pemasaran dan
perkembangan usaha. Resto Cafe Teras dilengkapi dengan tampilan instagram yang
fotogenik serta jumlah folowers yang cukup banyak yaitu sebesar 8.066 dengan
postingan sebesar 2.224 yang menandakan bahwa resto cafe teras sangat update
dalam memberikan informasi kepada konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perkembangan strategi
pemasaran bisnis kuliner Resto Cafe Teras setelah menggunakan media sosial
instagram. Manfaat pada penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangsi,
kontribusi terhadap ilmu pengetahuan serta diharapkan dapat memberi sumbangsi
pemikiran untuk membangun masyarakat yang lebih baik.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
lapangan field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data yang digunakan
berupa data primer dan sekunder serta pengumpulan informasi berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Resto Cafe Teras dalam menjalankan
usahanya menggunakan media sosial instagram sebagai sebagai platform pemasaran
dengan tujuan untuk dapat bersaing di era globalisasi serta mampu meningkatkan
usaha yang dijalankan. Selain itu Resto Café Teras juga menggunakan beberapa
strategi seperti: strategi pendekatan, komunitas serta mengutamakan kenyamanan dan
loyalitas pelanggang. Perkembangan usaha Resto Cafe Teras setelah menggunakan
media sosial Instagram sudah berjalan dengan baik sehingga dapat bersaing dan
mampu meningkatkan usaha. pemasaran menggunakan media sosial instagram sudah
sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yang mengedepankan prinsip dan
akhlak syariat islam dalam menjalankan usahanya, sebagaimana dalam QS. At-
Taubah/9:105.
A. Kesimpulan
Adapun penelitian yang telah penulis lakukan maka dapat diperoleh hasil
kesimpulan dari lapangan tentang penerapan strategi pemasaran bisnis kuliner
menggunakan media sosial instagram dalam meningkatkan usaha dimasa pandemi
covid-19 ditinjau dari persfektif ekonomi islam
1. Resto Cafe Teras dalam menjalankan usahanya menggunakan media sosial
instagram sebagai sebagai platform pemasaran dengan tujuan untuk dapat
bersaing di era globalisasi serta mampu meningkatkan usaha yang dijalankan.
Selain itu Resto Cafe Teras juga menggunakan beberapa strategi seperti: strategi
pendekatan, komunitas serta mengutamakan kenyamanan dan loyalitas
pelanggang. Penerapan yang digunakan dalam media sosial instagram yaitu
membuat konten yang menarik, memanfaatkan vitur Instagram, influencer
marketing, update, dan menetapkan pihak pengelolah Instagram agar dapat
berjalan dengan baik.
2. Perkembangan usaha Resto Cafe Teras setelah menggunakan media sosial
instagram sudah berjalan dengan baik sehingga dapat bersaing dan mampu
meningkatkan usaha. Pemasaran menggunakan media sosial instagram sudah
sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yang mengedepankan prinsip dan
akhlak syariat islam dalam menjalankan usahanya, sebagaimana dalam QS. At-
Taubah/9:105.
B. Implikasi
Dana darurat yang disediakan oleh pihak Resto Cafe Teras untuk menjaga-
jaga apabila terjadi suatu masalah dalam sebuah usaha dimanfaatkan untuk
mengatasi masalah yang dihadapi pada masa pandemi Covid-19 sehingga mampu
terus bertahan hingga sekarang ini. Resto Cafe Teras menerapkan strategi pemasaran
menggunakan media sosial instagram untuk meningkatan usaha sangat brpengaruh
dan berperan penting dalam keberhasilan sebuah usha para pengusaha sangat merasa
terbantu dengan adanya strategi secara online atau disebut juga digital marketing
karena mampu menjangkau market yang lebih luas dengan biaya yang terjangkau
serta mampu bertahan dan bersaing dalam dunia usaha.
C. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan diatas, maka informasi yang
perlu disampaikan peneliti adalah sebagai berikut:
1. Bagi pihak Resto Cafe Teras
Resto Cafe Teras dalam menjalankan usaha harus lebih memanfaatkan
digital marketing dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai media
promosi untuk terus bersaing dan mengikuti perkembangan zaman agar dapat
mempetahankan usahanya, selain itu resto cafe teras juga perlu memperhatikan
dan meningkatkan kualitas dan persaingan dalam dunia bisnis khususnya
mpemanfaattan dalam dunia pemasaran agar dapat berjalan dan bertahan lebih
baik dan lebih dikenal diberbagai kalngan bukan hanya dikabupaten Bone.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Peneliti selanjutnya yang akan meneliti terkait strategi pemasran dalam
meningkatkan usaha maka disarankan untuk mencari dan membaca referensi
lain yang lebih banyak lagi sehingga hasil penelitian selanjutnya akan semakin
baik serta dapat memperoleh pengetahuan yang baru. Selain itu, bagi peneliti
selanjutnya hasil penelitin ini juga bisa dijadikan referensi sebagai perbandingan
dan referensi untuk penelitian yang akan dilakukan selanjutnya.
Ketersediaan
| SFEBI20230149 | 149/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
149/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
