Penerapan Full Day Scholl dalam Internalisasi Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bone)

No image available for this title
Skripsi ini berjudul Penerapan Full Day Scholl dalam Internalisasi
Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1
Bone. Penelitian ini membahas tentang 1) penerapan Full Day School di MAN 1
Bone, 2) bentuk internalisasi pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MAN 1 Bone, dan 3) hasil penerapan Full Day School dalam
internalisasi pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di MAN 1 Bone. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan
teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi, yang kemudian
dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menjawab rumusan masalah yang ada
bahwa 1) Penerapan Full Day School di MAN 1 Bone telah dilaksanakan sejak
diberlakukannya sistem Full Day School pada tahun 2017. Upaya ini dilakukan
pihak madrasah merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai bentuk
internalisasi pendidikan karakter kepada peserta didik. Internalisasi pendidikan
karakter tidak lepas dari penyampaian di dalam kelas saja tetapi dibutuhkan
pendekatan secara internal baik di dalam kelas maupun di luar kelas. 2) bentuk
internalisasi pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak
di MAN 1 Bone dilakukan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung juga
dilakukan dalam kegiatan di luar kelas yaitu kegiatan rutin yang setiap hari
dijadwalkan, karena penerapan Full Day School di MAN 1 Bone bertujuan untuk
mendidik peserta didiknya memiliki karakter yang baik yang meliputi kejujuran,
kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, demokratis dan semangat kebangsaan. 3)
Hasil penerapan Full Day School di MAN 1 Bone meliputi peningkatan waktu
belajar, pengembangan keterampilan non-akademik, pendidikan yang lebih
terintegrasi, dan keterlibatan orang tua. Hasil internalisasi pendidikan karakter
peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 1 Bone peserta didik
menjadi lebih baik dan memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab terhadap diri
sendiri untuk beribadah.
A. Kesimpulan
Setelah penelitian dilakukan dengan berbagai pengumpulan data dan
analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang diajukan
dalam penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. Penerapan Full Day School di MAN 1 Bone telah dilaksanakan sejak
diberlakukannya sistem Full Day School pada tahun 2017. Upaya ini
dilakukan pihak madrasah merupakan salah satu cara yang digunakan
sebagai bentuk internalisasi pendidikan karakter kepada peserta didik.
Internalisasi pendidikan karakter tidak lepas dari penyampaian di dalam
kelas saja tetapi dibutuhkan pendekatan secara internal baik di dalam kelas
maupun di luar kelas. Dari pendekatan tersebut peserta didik akan merasa
nyaman dalam melaksanakan kegiatan. Dari kegiatan yang dilakukan
peserta didik akan terbentuk pendidikan karakter seperti nilai religius, sopan
santu dan disiplin.
2. Bentuk internalisasi pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MAN 1 Bone dilakukan di dalam kelas ketika
pembelajaran berlangsung juga dilakukan dalam kegiatan di luar kelas yaitu
kegiatan rutin yang setiap hari dijadwalkan. Karena penerapan Full Day
School di MAN 1 Bone bertujuan untuk mendidik peserta didiknya
memiliki karakter yang baik. Pendidikan karakter yang diupayakan untuk
diinternalisasikan oleh pihak madrasah khususnya para guru Akidah Akhlak
melalui penerapan Full Day School di MAN 1 Bone ialah meliputi:
kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, toleransi, demokratis dan
semangat kebangsaan.
78
3. Hasil penerapan Full Day School di MAN 1 Bone meliputi: peningkatan
waktu belajar, pengembangan keterampilan non-akademik, pendidikan
yang lebih terintegrasi, keterlibatan orang tua. Dan hasil internalisasi
pendidikan karakter peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di
MAN 1 Bone peserta didik menjadi lebih baik dan memiliki sikap disiplin
dan tanggung jawab terhadap diri sendiri untuk beribadah. Adanya
kedekatan hati antara guru dan peserta didik inilah yang menjadi salah satu
faktor keberhasilan dalam internalisasi pendidikan karakter peserta didik
yang ada di MAN 1 Bone.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada seluruh pihak di madrasah agar mampu meningkatkan
perannya dalam memberikan pendidikan karakter terhadap peserta didiknya
agar kualitas karakter peserta didik menjadi semakin meningkat.
2. Diharapkan kepada para guru di madrasah agar turut bekerja sama dengan
orang tua agar mampu meningkatkan perannya dalam memberikan
pendidikan karakter terhadap peserta didik selama berada di lingkungan
madrasah.
3. Bagi madrasah yang ingin menerapkan Full Day School diharapkan untuk
lebih memperhatikan bentuk dan pola penerapan, serta faktor penghambat
dan pendukung penerapan Full Day School agar dalam
menginternalisasikan pendidikan karakter terhadap peserta didik dapat
maksimal.
Ketersediaan
STAR20250176176/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

176/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top