Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Mare Kab. Bone
Kasmiana/02.13.3109 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Mare Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan dalam kompetensi guru di Madrasah Tsanawiah Mare Kab.Bone, dan konstribusi kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Tsanawiah Mare Kab.Bone.rnUntuk memudahkan pemecahan masalah tersebut di atas digunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan teknik antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode kutipan langsung dan kutipan tidak langsung, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik dengan teknik analisis data kualitatif.rnBerdasarkan hasil penelitian tentang Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Madrasah Tsanawiyah Mare Kab. Bone telah terlaksana dengan baik hal ini dapat terlihat pada upaya kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu dapat meningkatkan wawasan kependidikan tenaga pendidik/guru dengan baik, mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru baik secara pribadi, sosial, maupun profesional, dan juga telah memenuhi kebutuhan guru, selalu memberikan dorongan atau motivasi untuk meningkatkan profesional guru, dalam memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru dengan cara mengamati berbagai tingkah laku masing-masing guru pada saat melaksanakan proses belajar mengajar, untuk dapat mengukur kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar. Adapun mengenai Konstribusi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu telah terlaksana dengan baik hal ini dapat dilihat pada konstribusi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru yaitu guru telah mengembangkan faktor situasi kondisi belajar peserta didik, upaya guru dalam memahami peserta dengan baik, strategi guru untuk merencanakan pembelajaran yang baiak, cara guru melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien ,serta upaya guru untuk melakukan penilaian hasil belajar kepada peserta didik dan juga guru mempu menguasai materi pembelajaran yang akan dibawakan, strategi guru untuk mengkaitkan topik yang diajarkan dengan aspek yang lain dengan relevan, serta strategi guru menguasi isu-isu baru.rnA.SimpulanrnBerdasarkan uraian pada bab hasil penelitian dan pembahasan maka penulis dapat mengemukakan simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan, yaitu:rn1.Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kegiatan Guru di MTs Mare Kab.Bone. Telah terlaksana dengan baik yaitu dapat meningkatkan wawasan kependidikan tenaga pendidik/guru dengan baik, mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru baik secara pribadi, sosial, maupun profesional, dan juga telah memenuhi kebutuhan guru, selalu memberikan dorongan atau motivasi untuk meningkatkan profesional guru, memberikan layanan dan bantuan untuk meningkatkan kualitas mengajar guru dengan cara mengamati berbagai tingkah laku masing-masing guru pada saat melaksanakan proses belajar mengajar, dapat mengukur kemampuan melaksanakan proses belajar mengajar.rn2.Kepala madrasah tetep berkonstribusi positif dalam meningkatkan kompetensi guru di MTs Mare tersebut dapat dilihat dari situasi kondisi belajar peserta didik, memahami peserta dengan baik, merencanakan pembelajaran yang baik, melaksanakan pembelajaran yang efektif dan efisien, melakukan penilaian hasil belajar kepada peserta didik.rnB.ImplikasirnSetelah penulis menguraiakan hasil simpulan tersebut, maka dibawah ini akan diuraikan saran-saran.rnAdapun saran-saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai berikut:rn1.Pemerintah, terutama pemerintah daerah hendaknya memfokuskan perhatian pada strategi-strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi guru, mengembangkan dan mengimplementasikan perencanaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sementara dalam hal administrasi, pemerintah daerah hendaknya lebih berperan sebagai fasilitator dan mengontrol aktivitas-aktivitas madrasah.rn2.Kepala Madrasah, diharapkan tidak hanya bertanggung jawab dan otoritasnya dalam program-program madrasah, kurikulum dan keputusan personel, tetapi juga bertanggung jawab untuk meningkatkan akuntabilitas keberhasilan program. rnrnrn
Ketersediaan
| ST20170058 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
58/2017
Penerbit
STAIN Watampone : Watampone., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
