Pengaruh Flash sale dan Fitur Best Selling Product terhadap Keputusan Membeli yang Peduli Maslahah pada E-commerce Shopee (Studi pada Masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone)
Mardiana/602022019035 - Personal Name
Dalam penyusunan skripsi ini penyusun membahas masalah Pengaruh Flash
sale dan Fitur Best selling product terhadap Keputusan Membeli yang Peduli Maslahah
pada E-commerce Shopee (Studi pada Masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec.
Tanete Riattang, Kab. Bone). Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif yang
bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah flash sale berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada
masyarakat muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone (2) Untuk
mengetahui apakah fitur best selling product berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat
muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dan (3) Untuk mengetahui
apakah flash sale dan fitur best selling product secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada
masyarakat muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone
Penulis mengumpulkan data menggunakan metode field research (penelitian
lapangan), dengan mengumpulkan data melalui data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.Adapun alat
analisis data yakni uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
normalitas data) dan uji hipotrsis (uji F, uji t dan koefisien determinasi) yang diuji
menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis berkesimpulan bahwa (1)
tedapat pengaruh flash sale secara positif dan signifikan terhadap keputusan membeli
yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel.
Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai t hitung > t tabel atau 1,995 >
1,984 nilai sig sebesar 0,004 < 0,05. Dengan demikian H a 1 diterima, (2) tedapat
pengaruh flash sale secara positif dan signifikan terhadap keputusan membeli yang
peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge,
Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai t hitung > t tabel atau 5,892 > 1,984 nilai sig
sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H a 2 diterima dan (3) tedapat pengaruh flash
sale dan fitur best selling product secata simultan secara positif dan signifikan terhadap
keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat
Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai F hitung > F tabel
atau 88,110 > 3,09 nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H a 3 diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil data diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1. Flash sale adalah salah satu faktor pendorong seorang konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian yang peduli maslahah. Dalam penelitian ini,
variabel flash sale secara parsial berpengaruh terhadap keputusan membeli
yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel.
Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone. Semakin tinggi flash sale yang
diberikan oleh Shopee, masyarakat muslim kelurahan Manurunge akan
semakin melakukan pembelian yang peduli maslahah pada e-commerce
Shopee. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis H a 1 diterima.
2. Fitur best selling product adalah salah satu dari beberapa faktor penentu
seorang konsumen melakukan keputusan pembelian yang peduli maslahah.
Dalam penelitian ini, variabel fitur best selling product secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-
commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete
Riattang, Kab. Bone. Semakin banyak produk yang ditampilkan dalam fitur
best selling product yang diberikan oleh Shopee, masyarakat muslim kelurahan
Manurunge akan semakin melakukan pembelian produk pada e-commerce
Shopee. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis H a 2 diterima.
3. Variabel flash sale dan fitur best selling product secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee
pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone.
Semakin tinggi flash sale dan fitur best selling product yang diberikan oleh
Shopee, masyarakat muslim Kel. Manurunge akan semakin melakukan
pembelian produk pada aplikasi tersebut. Karena sistem jual beli produk di
aplikasi Shopee jujur dan amanah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
hipotesis H a 3 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini masih
banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus diperbaiki
dan diperhatikan lagi. Adapun saran yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya
1. Perlu adanya edukasi terkait konsep maslahah terutama dalam hal konsumsi
agar seorang konsumen lebih memahami dan mempertimbangkan maslahah
atau manfaat dari produk sebeum membeli suatu produk.
2. Bagi usaha sebaiknya memperhatikan sekaligus mempertimbangkan seperti
flash sale dan menampilkan produk terlaris dengan kualitas produk yang
sebanding.
3. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti memperluas cakupan penelitian
agar dapat menghasilkan kajian yang lebih mendalam dan akurat. Hasil dari
penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan atau titik awal bagi penelitian-
penelitian berikutnya serta menjadi landasan untuk melakukan perbaikan dan
peningkatan pada aspek-aspek tertentu yang mungkin ditemukan dalam
penelitian berikutnya.
sale dan Fitur Best selling product terhadap Keputusan Membeli yang Peduli Maslahah
pada E-commerce Shopee (Studi pada Masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec.
Tanete Riattang, Kab. Bone). Jenis penelitan ini adalah penelitian kuantitatif yang
bertujuan: (1) Untuk mengetahui apakah flash sale berpengaruh secara signifikan
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada
masyarakat muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone (2) Untuk
mengetahui apakah fitur best selling product berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat
muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dan (3) Untuk mengetahui
apakah flash sale dan fitur best selling product secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada
masyarakat muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone
Penulis mengumpulkan data menggunakan metode field research (penelitian
lapangan), dengan mengumpulkan data melalui data primer dan data sekunder. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan angket.Adapun alat
analisis data yakni uji kualitas data (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji
normalitas data) dan uji hipotrsis (uji F, uji t dan koefisien determinasi) yang diuji
menggunakan aplikasi SPSS versi 26.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis berkesimpulan bahwa (1)
tedapat pengaruh flash sale secara positif dan signifikan terhadap keputusan membeli
yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel.
Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai t hitung > t tabel atau 1,995 >
1,984 nilai sig sebesar 0,004 < 0,05. Dengan demikian H a 1 diterima, (2) tedapat
pengaruh flash sale secara positif dan signifikan terhadap keputusan membeli yang
peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge,
Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai t hitung > t tabel atau 5,892 > 1,984 nilai sig
sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H a 2 diterima dan (3) tedapat pengaruh flash
sale dan fitur best selling product secata simultan secara positif dan signifikan terhadap
keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat
Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone dengan nilai F hitung > F tabel
atau 88,110 > 3,09 nilai sig sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian H a 3 diterima.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil data diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1. Flash sale adalah salah satu faktor pendorong seorang konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian yang peduli maslahah. Dalam penelitian ini,
variabel flash sale secara parsial berpengaruh terhadap keputusan membeli
yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel.
Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone. Semakin tinggi flash sale yang
diberikan oleh Shopee, masyarakat muslim kelurahan Manurunge akan
semakin melakukan pembelian yang peduli maslahah pada e-commerce
Shopee. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis H a 1 diterima.
2. Fitur best selling product adalah salah satu dari beberapa faktor penentu
seorang konsumen melakukan keputusan pembelian yang peduli maslahah.
Dalam penelitian ini, variabel fitur best selling product secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-
commerce Shopee pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete
Riattang, Kab. Bone. Semakin banyak produk yang ditampilkan dalam fitur
best selling product yang diberikan oleh Shopee, masyarakat muslim kelurahan
Manurunge akan semakin melakukan pembelian produk pada e-commerce
Shopee. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hipotesis H a 2 diterima.
3. Variabel flash sale dan fitur best selling product secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan membeli yang peduli maslahah pada e-commerce Shopee
pada masyarakat Muslim Kel. Manurunge, Kec. Tanete Riattang, Kab. Bone.
Semakin tinggi flash sale dan fitur best selling product yang diberikan oleh
Shopee, masyarakat muslim Kel. Manurunge akan semakin melakukan
pembelian produk pada aplikasi tersebut. Karena sistem jual beli produk di
aplikasi Shopee jujur dan amanah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
hipotesis H a 3 diterima.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini masih
banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus diperbaiki
dan diperhatikan lagi. Adapun saran yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya
1. Perlu adanya edukasi terkait konsep maslahah terutama dalam hal konsumsi
agar seorang konsumen lebih memahami dan mempertimbangkan maslahah
atau manfaat dari produk sebeum membeli suatu produk.
2. Bagi usaha sebaiknya memperhatikan sekaligus mempertimbangkan seperti
flash sale dan menampilkan produk terlaris dengan kualitas produk yang
sebanding.
3. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti memperluas cakupan penelitian
agar dapat menghasilkan kajian yang lebih mendalam dan akurat. Hasil dari
penelitian ini dapat dijadikan sebagai rujukan atau titik awal bagi penelitian-
penelitian berikutnya serta menjadi landasan untuk melakukan perbaikan dan
peningkatan pada aspek-aspek tertentu yang mungkin ditemukan dalam
penelitian berikutnya.
Ketersediaan
| SFEBI20230138 | 138/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
138/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
