Analisis Upaya Pengembangan Usaha Owner Shop Dalam Menciptakan Daya Saing Bisnis Berbasis E-commerce Dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi Kasus Hola Dimsum Kabupaten Bone)
Ratu Tiara Ramadhani/602022019082 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang analisis upaya pengembangan usaha owner shop
dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis e-commerce dalam perspektif bisnis
islam (studi kasus Hola Dimsum Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui (1) pengembangan usaha owner shop Hola Dimsum dalam menciptakan
daya saing bisnis berbasis e-commerce dalam perspektif bisnis islam dan (2) dampak
pengembangan usaha owner shop dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis
ecommerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian adalah (1) upaya pengembangan usaha Owner Shop Hola
Dimsum dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis e-commerce, berfokus pada
lokasi outlet, inovasi produk, pelayanan pelanggan, dan pemanfaatan teknologi. Hola
Dimsum lebih cenderung menggunakan strategi pembedaan produk (differentiation).
Beberapa alasan yang mendukung pemilihan ini adalah: (1) fokus pada inovasi
produk dan variasi rasa, (2) pelayanan pelanggan sebagai prioritas utama dan (3)
mengatasi lonjakan kunjungan pelanggan dengan sistem pelayanan yang efisien.
Selain itu, Hola Dimsum mematuhi prinsip ekonomi Islam dengan mengutamakan
etika, keadilan, keberlanjutan, dan keberkahan dalam berbisnis dan (2)
Pengembangan usaha berbasis e-commerce memberikan dampak positif yang
signifikan bagi Hola Dimsum. Meningkatkan visibilitas merek, mencapai pasar yang
lebih luas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik telah membantu
Hola Dimsum menciptakan daya saing yang kuat.
A. Kesimpulan
1. Upaya pengembangan usaha Owner Shop Hola Dimsum dalam menciptakan
daya saing bisnis berbasis e-commerce, berfokus pada inovasi produk,
pelayanan pelanggan, dan pemanfaatan teknologi. Hola Dimsum lebih
cenderung menggunakan strategi pembedaan produk (differentiation).
Beberapa alasan yang mendukung pemilihan ini adalah: (1) fokus pada inovasi
produk dan variasi rasa, (2) pelayanan pelanggan sebagai prioritas utama dan
(3) mengatasi lonjakan kunjungan pelanggan dengan sistem pelayanan yang
efisien. Selain itu, Hola Dimsum mematuhi prinsip ekonomi Islam dengan
mengutamakan etika, keadilan, keberlanjutan, dan keberkahan dalam
berbisnis. Dengan langkah ini, mereka berhasil memenangkan hati konsumen
dan memperkuat posisi mereka di industri F&B yang kompetitif.
2. Pengembangan usaha berbasis e-commerce memberikan dampak positif yang
signifikan bagi Hola Dimsum. Meningkatkan visibilitas merek, mencapai
pasar yang lebih luas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik
telah membantu Hola Dimsum menciptakan daya saing yang kuat.
Pemanfaatan teknologi dan analisis data juga meningkatkan efisiensi
operasional dan pengambilan keputusan yang cerdas. Meskipun ada tantangan
keamanan data dan persaingan ketat, Hola Dimsum terus berinovasi dan
berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan untuk
mencapai daya saing yang lebih baik di industri yang berkembang pesat.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini masih
banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus diperbaiki
dan diperhatikan lagi. Adapun saran yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya
1. Bagi Usaha Hola Dimsum, sebaiknya mengembangkan inovasi pada produk
dimsum dan variasi rasa yang unik. Pelanggan cenderung tertarik pada menu
yang berbeda dan menarik. Dengan terus menawarkan menu baru yang
menarik, Hola Dimsum dapat menarik perhatian pelanggan dan
mempertahankan minat konsumen.
2. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti dapat memperluas ruang lingkup
penelitian sehingga menghasilkan penelitian yang baik dan akurat serta
penelitian ini dapat dijadikan acuan maupun bahan koreksi penelitian
selanjutnya.
dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis e-commerce dalam perspektif bisnis
islam (studi kasus Hola Dimsum Kabupaten Bone. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui (1) pengembangan usaha owner shop Hola Dimsum dalam menciptakan
daya saing bisnis berbasis e-commerce dalam perspektif bisnis islam dan (2) dampak
pengembangan usaha owner shop dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis
ecommerce. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian adalah (1) upaya pengembangan usaha Owner Shop Hola
Dimsum dalam menciptakan daya saing bisnis berbasis e-commerce, berfokus pada
lokasi outlet, inovasi produk, pelayanan pelanggan, dan pemanfaatan teknologi. Hola
Dimsum lebih cenderung menggunakan strategi pembedaan produk (differentiation).
Beberapa alasan yang mendukung pemilihan ini adalah: (1) fokus pada inovasi
produk dan variasi rasa, (2) pelayanan pelanggan sebagai prioritas utama dan (3)
mengatasi lonjakan kunjungan pelanggan dengan sistem pelayanan yang efisien.
Selain itu, Hola Dimsum mematuhi prinsip ekonomi Islam dengan mengutamakan
etika, keadilan, keberlanjutan, dan keberkahan dalam berbisnis dan (2)
Pengembangan usaha berbasis e-commerce memberikan dampak positif yang
signifikan bagi Hola Dimsum. Meningkatkan visibilitas merek, mencapai pasar yang
lebih luas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik telah membantu
Hola Dimsum menciptakan daya saing yang kuat.
A. Kesimpulan
1. Upaya pengembangan usaha Owner Shop Hola Dimsum dalam menciptakan
daya saing bisnis berbasis e-commerce, berfokus pada inovasi produk,
pelayanan pelanggan, dan pemanfaatan teknologi. Hola Dimsum lebih
cenderung menggunakan strategi pembedaan produk (differentiation).
Beberapa alasan yang mendukung pemilihan ini adalah: (1) fokus pada inovasi
produk dan variasi rasa, (2) pelayanan pelanggan sebagai prioritas utama dan
(3) mengatasi lonjakan kunjungan pelanggan dengan sistem pelayanan yang
efisien. Selain itu, Hola Dimsum mematuhi prinsip ekonomi Islam dengan
mengutamakan etika, keadilan, keberlanjutan, dan keberkahan dalam
berbisnis. Dengan langkah ini, mereka berhasil memenangkan hati konsumen
dan memperkuat posisi mereka di industri F&B yang kompetitif.
2. Pengembangan usaha berbasis e-commerce memberikan dampak positif yang
signifikan bagi Hola Dimsum. Meningkatkan visibilitas merek, mencapai
pasar yang lebih luas, dan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik
telah membantu Hola Dimsum menciptakan daya saing yang kuat.
Pemanfaatan teknologi dan analisis data juga meningkatkan efisiensi
operasional dan pengambilan keputusan yang cerdas. Meskipun ada tantangan
keamanan data dan persaingan ketat, Hola Dimsum terus berinovasi dan
berkomitmen untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan untuk
mencapai daya saing yang lebih baik di industri yang berkembang pesat.
B. Saran
Berdasarkan hasil dan analisis yang telah dilakukan, penelitian ini masih
banyak kekurangan dan kelemahan, sehingga masih banyak yang harus diperbaiki
dan diperhatikan lagi. Adapun saran yang ditujukan kepada peneliti selanjutnya
1. Bagi Usaha Hola Dimsum, sebaiknya mengembangkan inovasi pada produk
dimsum dan variasi rasa yang unik. Pelanggan cenderung tertarik pada menu
yang berbeda dan menarik. Dengan terus menawarkan menu baru yang
menarik, Hola Dimsum dapat menarik perhatian pelanggan dan
mempertahankan minat konsumen.
2. Bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya peneliti dapat memperluas ruang lingkup
penelitian sehingga menghasilkan penelitian yang baik dan akurat serta
penelitian ini dapat dijadikan acuan maupun bahan koreksi penelitian
selanjutnya.
Ketersediaan
| SFEBI20230137 | 137/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
137/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
