Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program Pembiasaan Kegiatan Religius Di SMP Al-Araf Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi pendidikan karakter melalui
program pembiasaan kegiatan religius peserta didik di SMP Al-Araf Bone. Tujuan
Penelitian ini adalah untuk menegtahui implementasi pendidikan karakter melalui
program pembiasaan kegiatan religius peserta didik melalui pelaksanaan sholat
dhuha dan zikir pagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun lokasi dalam
penelitian ini dilaksanakan di SMP Al-Araf Bone tepatnya di Desa Kading
Kecamatan Awangpone. Penelitian ini dilakukan pada awal bulan juni hingga
selesai dalam jangka waktu yang tidak ditentukan. Data diperoleh dengan
mewawancarai Kepala SMP Al-Araf Bone, Guru Pendidikan Agama Islam dan
Peserta Didik. Pengumpulan Data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Data penelitian menunjukkan
bahwa pelaksanaan program sholat dhuha dan zikir pagi sangat membantu peserta
didik membiasakan kegiatan-kegiatan positif guna membangun karakter yang baik
di SMP Al-Araf Bone.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat
menyimpulkan bahwa:
Pendidikan karakter di SMP Al-Araf Bone dilakukan dengan beberapa cara
seperti:
1. Implementasi pendidikan karakter terbagi atas 3 yaitu kegiatan rutin
harian, mingguan dan tahunan. Kegiatan rutin harian seperti sholat dhuha
dan dzikir pagi bersama, sholat dzuhur dan zikir siang berjamaah,
membersihkan lingkungan sekolah. Adapun program rutin mingguan
seperti pelaksanaan upacara bendera dan pembacaan surah Al-Kahfi.
Sedangkan untuk kegiatan tahunan seperti tasmi’, kegiatan boarding
school, porseni, perayaan maulid dan isra miraj. Kegiatan rutin tersebut
dapat membuat peserta didik terbiasa dalam melakukan kegiatan positif.
Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter
yang dilaksanakan dapat memberikan perubahan positif kepada para
peserta didik di SMP Al-Araf Bone.
2. Ada 5 nilai karakter yang terintegrasi pada program pembiasaan kegiatan
di SMP Al- Araf Bone diantaranya: nilai religius, disiplin, gemar
membaca dan kerja keras. Tentu ke 5 nilai karakter ini bisa tercapai
dengan karena adanya kerja sama yang baik antara seluruh warga sekolah.
3. Faktor Pendukung dari pelaksanaan program pembiasaan religius ini ialah
tidak terlepas dari peran orang tua serta fasilitas yang di sediakan oleh
pihak sekolah demi kelancaran kegiatan bersama. Adapun Kendala dalam
pelaksanaan pendidikan karakter di SMP Al-Araf Bone diantaranya ialah
ketidakseragaman tenaga pendidik serta peserta didik yang terpapar
pengaruh buruk dari lingkungannya. Untuk mengatasi hal tersebut perlu
adanya kerjasama secara aktif antara guru dan siswa dalam menjalani
proses pendidikan karakter yang dapat diupayakan melalui kegiatan
evaluasi tenaga pengajar dan pembinaan disela-sela kegiatan rutin sekolah
sehingga seluruh warga sekolah dapat berperan aktif dan dapat saling
bekerjasama dengan baik dalam rangka menyukseskan pelaksanaan
pogram pembiasaan pendidikan karakter di SMP Al-Araf Bone.
B. Saran
Berdasarkan simpulan penelitian, dapat disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Untuk Mahasiswa
a) Penelitian ini perlu dikaji dan dikembangkan lagi guna membantu
kelancaran daripada proses penelitian sejenis yang akan datang.
2. Untuk Guru
a) Saling bekerjasama secara aktif dalam upaya melaksanakan
pendidikan karakter terhadap peserta didik.
b) Menjadi teladan bagi para peserta didik dengan menjadi insan yang
baik.
c) Harus berusaha dalam memenuhi kompetensi dasar seorang guru.
d) Selalu memerhatikan dan memahami peserta didik.
3. Untuk pihak Sekolah
a) Memperbaiki dan melengkapi fasilitas pembelajaran.
b) Mengadakan penyuluhan dan bimbingan kepada wali murid terkait
urgensi pendidikan karakter terhadap peserta didik.
c) Mengoptimalisasi fungsi guru dalam pelaksanaan pendidikan
karakter.
d) Meningkatkan SDM sekolah baik tenaga pengajar maupun peserta
didik.
e) Mengoptimalkan penggunaan fasilitas sekolah
Ketersediaan
STAR20240207207/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

207/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top