Sistem Kolaborasi pada Bisnis Kuliner dalam Perspektif Pemasaran Syariah (Studi pada Pengusaha Milenial di Watampone)

No image available for this title
Penelitian ini membahas sistem kolaborasi pada bisnis kuliner dalam
perspektif pemasaran syariah pada pengusaha milenial di watampone. Tujuan dari
penelitian ini adalah (1). Untuk mengetahui sistem kolaborasi bisnis kuliner
pengusaha milenial di Watampone. (2). Untuk mengetahui sistem kolaborasi bisnis
kuliner pengusaha milenial di Watampone dalam perspektif pemasaran syariah. Jenis
penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan
penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik ini digunakan untuk
mendeskripsikan data yang peneliti kumpulkan, baik data hasil wawancara, observasi,
maupun dokumentasi selama penelitian di RC Teras Watampone, Saoraja, dan Bevpa
x Kavi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Sistem kolaborasi bisnis kuliner
di Watampone melibatkan operasi yang kompleks untuk menghasilkan makanan dan
minuman yang dijual. Dan sistem kolaborasi ini penggunaan media sosial dan digital
sangat penting untuk mengjangkau target pasar, menegmbangkan menu kreatif,
menjaga konsistensi rasa, dan merespon umpan balik pelanggan yang menjadi faktor
kunci dalam mempertahankan dan menumbuhkan bisnis kuliner. (2). Sistem
kolaborasi bisnis kuliner dalam perspektif pemasaran syariah di Watampone berfokus
pada prinsip-prinsip yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kolaborasi dalam bisnis
kuliner syariah berusaha untuk mematuhi prinsip etika dan moral, serta memastikan
bahwa semua aspek operasional dan pemasaran sejalan dengan aturan-aturan islam,
pemasaran syariah dalam bisnis kuliner melibatkan penggunaan strategi yang
menjaga integritas dan kehalalan produk, serta menghindari hal yang dianggap tidak
sesuai dengan nilai-nilai agama.
A. Kesimpulan
1. Sistem kolaborasi bisnis kuliner pada di Watampone RC Teras, Saoraja, dan
Bevpa melibatkan operasi yang kompleks untuk menghasilkan dan menjual
makanan dan minuman, RC Teras dan Saoraja berfokus pada pengalaman
makan di tempat dengan menu yang lebih beragam, sementara Bevpa dan
cenderung menyajikan hidangan cepat saji. Dan sistem kolaborasi ini
penggunaan media sosial dan pemasaran digital sangat penting untuk
menjangkau target pasar. Mengembangkan menu kreatif, menjaga
konsistensi rasa, dan merespon umpan balik pelanggan menjadi faktor kunci
dalam mempertahankan dan menumbuhkan bisnis kuliner.
2. Sistem kolaborasi bisnis kuliner dalam perspektif pemasaran syariah di
Watampone berfokus pada prinsip-prinsip yang sesuai dengan nilai-nilai
islam. Kolaborasi dalam bisnis kuliner syariah berusaha untuk mematuhi
prinsip etika dan moral, serta memastikan bahwa semua aspek operasional
dan pemasaran sejalan dengan aturan-aturan islam, pemasaran syariah dalam
bisnis kuliner melibatkan penggunaan strategi yang menjaga integritas dan
kehalalan produk, serta menghindari hal yang dianggap tidak sesuai dengan
nilai-nilai agama.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan hasil dari penelitian di atas, maka peneliti
memberikan beberapa saran yang bersifat membangun dalam system
kolaborasi pada bisnis kuliner di Watampone :
1. Hendaknya para pihak dalam membuat suatu perjanjian kerjasama agar
kiranya dapat di buat dalam bentuk fakta otentik melalui pejabat
yangberwenang. Sehingga kontrak yang di buat para pihak secara substansial
memberikan masukan dari pertimbangan hukum, jika terjadinya ketidak
seimbangan hukum dalam pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut akta
otentik tersebut dapat dijadikan sebagai alat bukti yang kuat dan sempurna
dan kedudukan para pihak dalam melaksanakan hak dan kewajibannya dapat
memenuhi kesetaraan dalam perjanjian kerjasama.
2. Apabila terjadinya ketidak seimbangan hukum atau wanprestasi yang di
lakukan oleh salah satu pihak dalam pelaksanaan perjanjian yang di lakukan
oleh pihak Nabawi Foodcourt dengan pihak tenant, sebaiknya
sebelummelakukan penyelesaian melalui jalur pengadilan di upayakan
terlebih dahulu melalui penyelesaian alternatif seperti: konsultasi,
negosiasi,konsiliasi, mediasi, penilaian ahli dan atau arbitrase.
Ketersediaan
SFEBI20230121121/2023Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

121/2023

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi FEBI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top