Implementasi Storytelling Dalam Mempertahankan Brand Equity Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Rc Teras Watampone)
Murnawati/602022019139 - Personal Name
Skripsi ini Implementasi Storytelling Dalam Mempertahankan Brand Equity
Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Rc Teras Watampone). Tujuan yang
dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui implementasi storytelling dalam
mempertahankan brand equity perspektif marketing syariah pada RC Teras
Watampone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field
research), adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
cara observasi dan wawancara. Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui
referensi seperti buku-buku, jurnal, maupun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan
fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh implementasi
storytelling pada RC Teras Watampone menggunakan foto dan video pada media
sosial, serta melakukan perencanaan storytelling sebulan sekali berupa pembuatan
schedule bertujuan untuk membantu brand equity RC Teras Watampone lebih dikenal
oleh masyarakat. Pada perspektif marketing syariah kegiatan storytelling
berlandaskan kebenaran dan kejujuran dan telah sesuai dengan bauran marketing
syariah tentang produk, harga, promosi dan tempat.
A. Kesimpulan
1. Implementasi storytelling yang dilakukan oleh RC Teras Watampone dalam
mempertahankan brand equity dengan menggunakan foto dan video melalui
media sosial Instagram dalam bentuk promosi dan sebagai sarana hiburan.
Perencanaan implementasi storytelling pada RC Teras Watampone dilakukan
sebulan sekali, perencanaan tersebut berupa pembuatan schedule kegiatan
storytelling dan pembuatan konten berupa foto dan video. Tujuan
pengimplementasian storytelling pada RC Teras Watampone yaitu agar dapat
memikat konsumen, memberikan kesan tentang produk dibenak konsumen
dan membantu brand equity RC Teras Watampone lebih dikenal oleh
masyarakat. Adapun dimensi visual storytelling yang digunakan yaitu berupa :
Design, Personalizaton, Uselfulness, Personality, Real time amplification.
Manfaat Brand equity bagi RC Teras Watampone yaitu dapat memberikan
keuntungan, mengurangi keinginan konsumen untuk berpindah brand lain
atau dengan kata lain kesetian konsumen akan produk RC Teras Watampone.
2. Implementasi storytelling dalam mempertahankan brand equity perspektif
marketing syariah pada RC Teras Watampone yang dimana kegiatan promosi
melalui storytelling dilandasi dengan kebenaran dan kejujuran tentang produk.
Pengimplementasian storytelling adalah untuk menyampaikan kepada
konsumen akan produk yang mereka butuhkan, dan konsumen mendapatkan
informasi yang sesuai dengan apa yang di promosikan. Kegiatan marketing
pada RC Teras Watampone telah sesuai dengan bauran marketing syariah
diantaranya yaitu : Produk, Harga, Promosi dan tempat. Etika marketing
syariah juga diterapkan oleh RC Teras Watampone seperti saling tolong
menolong, melayani konsumen dengan rendah hati serta jujur dalam
mempromosikan produk.
B. Saran
1. Pada perkembangan bisnis cafe ataupun sejenisnya semoga tetap memberikan
konstribusi terhadap perekonomian negara dengan tetap menerapakan prinsip-
prinsip marketing syariah.
2. Bagi calon peneliti selanjutnya bisa menyempurnakan penelitian tentang
impementasi storytelling dalam mempertahankan barand equity perspektif
marketing syariah.
Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Rc Teras Watampone). Tujuan yang
dicapai dalam penelitian ini yaitu Untuk mengetahui implementasi storytelling dalam
mempertahankan brand equity perspektif marketing syariah pada RC Teras
Watampone. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field
research), adapun pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh dengan
cara observasi dan wawancara. Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui
referensi seperti buku-buku, jurnal, maupun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan
fokus penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh implementasi
storytelling pada RC Teras Watampone menggunakan foto dan video pada media
sosial, serta melakukan perencanaan storytelling sebulan sekali berupa pembuatan
schedule bertujuan untuk membantu brand equity RC Teras Watampone lebih dikenal
oleh masyarakat. Pada perspektif marketing syariah kegiatan storytelling
berlandaskan kebenaran dan kejujuran dan telah sesuai dengan bauran marketing
syariah tentang produk, harga, promosi dan tempat.
A. Kesimpulan
1. Implementasi storytelling yang dilakukan oleh RC Teras Watampone dalam
mempertahankan brand equity dengan menggunakan foto dan video melalui
media sosial Instagram dalam bentuk promosi dan sebagai sarana hiburan.
Perencanaan implementasi storytelling pada RC Teras Watampone dilakukan
sebulan sekali, perencanaan tersebut berupa pembuatan schedule kegiatan
storytelling dan pembuatan konten berupa foto dan video. Tujuan
pengimplementasian storytelling pada RC Teras Watampone yaitu agar dapat
memikat konsumen, memberikan kesan tentang produk dibenak konsumen
dan membantu brand equity RC Teras Watampone lebih dikenal oleh
masyarakat. Adapun dimensi visual storytelling yang digunakan yaitu berupa :
Design, Personalizaton, Uselfulness, Personality, Real time amplification.
Manfaat Brand equity bagi RC Teras Watampone yaitu dapat memberikan
keuntungan, mengurangi keinginan konsumen untuk berpindah brand lain
atau dengan kata lain kesetian konsumen akan produk RC Teras Watampone.
2. Implementasi storytelling dalam mempertahankan brand equity perspektif
marketing syariah pada RC Teras Watampone yang dimana kegiatan promosi
melalui storytelling dilandasi dengan kebenaran dan kejujuran tentang produk.
Pengimplementasian storytelling adalah untuk menyampaikan kepada
konsumen akan produk yang mereka butuhkan, dan konsumen mendapatkan
informasi yang sesuai dengan apa yang di promosikan. Kegiatan marketing
pada RC Teras Watampone telah sesuai dengan bauran marketing syariah
diantaranya yaitu : Produk, Harga, Promosi dan tempat. Etika marketing
syariah juga diterapkan oleh RC Teras Watampone seperti saling tolong
menolong, melayani konsumen dengan rendah hati serta jujur dalam
mempromosikan produk.
B. Saran
1. Pada perkembangan bisnis cafe ataupun sejenisnya semoga tetap memberikan
konstribusi terhadap perekonomian negara dengan tetap menerapakan prinsip-
prinsip marketing syariah.
2. Bagi calon peneliti selanjutnya bisa menyempurnakan penelitian tentang
impementasi storytelling dalam mempertahankan barand equity perspektif
marketing syariah.
Ketersediaan
| SFEBI20230107 | 107/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
107/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
