Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali tentang Perilaku Pasar (Studi Kasus Pasar Tradisional di Kelurahan Tanete, Kec.Cina
Haruna/602022019137 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali
tentang Perilaku Pasar (Studi Kasus Pasar Tradisional di Kelurahan Tanete,
Kec.Cina). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali tentang Perilaku Pasar di kelurahan
Tanete, Kec.Cina.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu
penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah 1 pedagang, 2 pembeli. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang
perilaku pasar. Pertama untuk mendorong terjadinya kesejahteraan di dunia dan
akhirat melalui pertumbuhan ekonomi sector riil sebagaimana dijelaskan pada surat
atTaubah : 105 dan surat ash-Shaff : 10-11. Kedua, untuk melakukan koreksi
terhadap pola hubungan yang dikembangkan mekanisme pasar dalam rumpun
ekonomi positif dimana harga menghasilkan permintaan dan penawaran.
(2)Implementasi pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang perilaku pasar tradisional
Cina menurut pemikiran Imam al-Ghazali adalah perilaku deontology atau perilaku
relijius yang bersumber pada ajaran Islam seperti al-Qur’an, al-Hadits, dan Atsar.
Nilai-nilai Etika yang bersumber pada al-Qur’an, al-Hadits, dan Atsar dapat
diiternalisir oleh manusia pada aspek kognitif, afektif maupun psikopmotorik
sehingga melahirkan perilaku etis di pasar. Pada aspek kognitif, baik produsen
maupun konsumen harus mengerti nilai-nilai keadilan, ihsan dan menjunjung tinggi
ajaran Islam sebagai ajaran yang adiluhung. Pada aspek afektif, produsen harus
memiliki motivasi dan adalah niat yang sesuai dengan ajaran Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan
dalam bab III Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali tentang Perilaku
Pasar, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang perilaku pasar. Pertama untuk
mendorong terjadinya kesejahteraan di dunia dan akhirat melalui
pertumbuhan ekonomi sector riil yang dapat diliat dengan nilai-nilai
kebaikan yang bersumber pada al-Qur’an dan hadis yang di internalisir
manusia secara lahir dan batin pada aspek kongnitif (pengetahuan),
efektif (perasaan), dan psikomotorik (perbuatan segingga melahirkan
perilaku etis di pasar secara konseptual.
2. Implementasi tentang perilaku pasar tradisional Cina Implementasi
Etika Bisnis Islam para pedagang Pasar Cina Dalam
mengimplementasikan etika bisnis Islam dalam aktifitas berdagang,
para pedagang Pasar Tradisional cina meneladani lima prinsip dalam
etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas,
tanggung jawab dan ihsan, berupa pelayanan yang ramah, sopan
kepada pembeli, bermurah 104 hati, jujur dan adil dalam takaran, serta
menjual barang yang baik mutunya.
B. Saran
Sebagai penulis yang masih banyak kekurangannya, kami memberikan saran sebagai
berikut:
1. Bagi Peneliti Selanjutnya Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
referensi bagi peneliti selanjutnya terutama yang berkaitan dengan ekonomi
Islam di bidang perdagangan atau transaksi jual beli.
2. Bagi Pihak Pengelola Pasar cina Melalui hasil penelitian ini diharapkan
pihak pengelola Pasar Tradisional cina hendaknya selalu memantau dan
mengawasi kondisi pasar baik secara struktural maupun secara pribadi, guna
melihat kemungkinan diperlukanya peraturan harga dan juga untuk
menghindari oknum yang sengaja mempermainkan harga barang yang dijual
di pasar Tradisional cina. Dan pengelola harus selalu mengecek kondisi pasar
agar selalu dalam keadaan aman dan nyaman. Para pengelola diharapkan bisa
bekerjasama untuk membangun pasar menjadi lebih baik sehingga memiliki
nilai tambah dan daya saing dengan pasar modern yang selama ini di anggap
lebih unggul meskipun harganya relative lebih mahal jika dibandingkan
dengan pasar tradisional
3. Bagi Pedagang Diharapkan para pedagang Pasar Tradisional cina seluruhnya
menggunakan cara berdagang yang sah dan benar sesuai ajaran agama Islam,
salah satunya dengan menerapkan lima prinsip yang diterapkan dalam etika
bisnis Islam agar pedagang dapat mencapai tujuan dunia berupa harta
kekayaan yang halal dan manfaat, serta tujuan akhirat yaitu sebagai bekal
menuju surga Allah SWT. 4. Bagi Pembeli Masyarakat sekitar sebagai
pembeli diharapkan cerdas dan pintar dalam membeli, menghargai niat baik
pedagang untuk mencarikan keperluan pembeli, menggunakan etika yang
baik dalam membeli, serta ikut berperan dalam membangun perekonomian
pasar tradisional agar tidak tergeser oleh pasar modern sehingga dualisme
perekonomian dapat berjalan beriringan secara seimbang
tentang Perilaku Pasar (Studi Kasus Pasar Tradisional di Kelurahan Tanete,
Kec.Cina). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali tentang Perilaku Pasar di kelurahan
Tanete, Kec.Cina.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu
penelitian lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data
sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah 1 pedagang, 2 pembeli. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan (1) pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang
perilaku pasar. Pertama untuk mendorong terjadinya kesejahteraan di dunia dan
akhirat melalui pertumbuhan ekonomi sector riil sebagaimana dijelaskan pada surat
atTaubah : 105 dan surat ash-Shaff : 10-11. Kedua, untuk melakukan koreksi
terhadap pola hubungan yang dikembangkan mekanisme pasar dalam rumpun
ekonomi positif dimana harga menghasilkan permintaan dan penawaran.
(2)Implementasi pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang perilaku pasar tradisional
Cina menurut pemikiran Imam al-Ghazali adalah perilaku deontology atau perilaku
relijius yang bersumber pada ajaran Islam seperti al-Qur’an, al-Hadits, dan Atsar.
Nilai-nilai Etika yang bersumber pada al-Qur’an, al-Hadits, dan Atsar dapat
diiternalisir oleh manusia pada aspek kognitif, afektif maupun psikopmotorik
sehingga melahirkan perilaku etis di pasar. Pada aspek kognitif, baik produsen
maupun konsumen harus mengerti nilai-nilai keadilan, ihsan dan menjunjung tinggi
ajaran Islam sebagai ajaran yang adiluhung. Pada aspek afektif, produsen harus
memiliki motivasi dan adalah niat yang sesuai dengan ajaran Islam.
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil penelitian dan analisa yang telah penulis uraikan
dalam bab III Implementasi Pemikiran Ekonomi Al-Ghazali tentang Perilaku
Pasar, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
1. pemikiran ekonomi Al-Ghazali tentang perilaku pasar. Pertama untuk
mendorong terjadinya kesejahteraan di dunia dan akhirat melalui
pertumbuhan ekonomi sector riil yang dapat diliat dengan nilai-nilai
kebaikan yang bersumber pada al-Qur’an dan hadis yang di internalisir
manusia secara lahir dan batin pada aspek kongnitif (pengetahuan),
efektif (perasaan), dan psikomotorik (perbuatan segingga melahirkan
perilaku etis di pasar secara konseptual.
2. Implementasi tentang perilaku pasar tradisional Cina Implementasi
Etika Bisnis Islam para pedagang Pasar Cina Dalam
mengimplementasikan etika bisnis Islam dalam aktifitas berdagang,
para pedagang Pasar Tradisional cina meneladani lima prinsip dalam
etika bisnis Islam yaitu prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas,
tanggung jawab dan ihsan, berupa pelayanan yang ramah, sopan
kepada pembeli, bermurah 104 hati, jujur dan adil dalam takaran, serta
menjual barang yang baik mutunya.
B. Saran
Sebagai penulis yang masih banyak kekurangannya, kami memberikan saran sebagai
berikut:
1. Bagi Peneliti Selanjutnya Hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi
referensi bagi peneliti selanjutnya terutama yang berkaitan dengan ekonomi
Islam di bidang perdagangan atau transaksi jual beli.
2. Bagi Pihak Pengelola Pasar cina Melalui hasil penelitian ini diharapkan
pihak pengelola Pasar Tradisional cina hendaknya selalu memantau dan
mengawasi kondisi pasar baik secara struktural maupun secara pribadi, guna
melihat kemungkinan diperlukanya peraturan harga dan juga untuk
menghindari oknum yang sengaja mempermainkan harga barang yang dijual
di pasar Tradisional cina. Dan pengelola harus selalu mengecek kondisi pasar
agar selalu dalam keadaan aman dan nyaman. Para pengelola diharapkan bisa
bekerjasama untuk membangun pasar menjadi lebih baik sehingga memiliki
nilai tambah dan daya saing dengan pasar modern yang selama ini di anggap
lebih unggul meskipun harganya relative lebih mahal jika dibandingkan
dengan pasar tradisional
3. Bagi Pedagang Diharapkan para pedagang Pasar Tradisional cina seluruhnya
menggunakan cara berdagang yang sah dan benar sesuai ajaran agama Islam,
salah satunya dengan menerapkan lima prinsip yang diterapkan dalam etika
bisnis Islam agar pedagang dapat mencapai tujuan dunia berupa harta
kekayaan yang halal dan manfaat, serta tujuan akhirat yaitu sebagai bekal
menuju surga Allah SWT. 4. Bagi Pembeli Masyarakat sekitar sebagai
pembeli diharapkan cerdas dan pintar dalam membeli, menghargai niat baik
pedagang untuk mencarikan keperluan pembeli, menggunakan etika yang
baik dalam membeli, serta ikut berperan dalam membangun perekonomian
pasar tradisional agar tidak tergeser oleh pasar modern sehingga dualisme
perekonomian dapat berjalan beriringan secara seimbang
Ketersediaan
| SFEBI20230103 | 103/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
103/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
