Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fitur Produk BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kab.Bone
Arwini Lusya Pusfita/612062019181 - Personal Name
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Pengaruh kualitas layanan dan fitur produk
BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal, penelitian asosiatif kausal
yang menganalisis hubungan variabel-variabel dan menguji hipotesis yang sudah di
rumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik menyebarkan kuesioner
untuk mengumpulkan data primer. Data yang dikumpulkan lansung dari sumbernya
oleh peneliti disebut sebagai data primer dan juga mempunyai sifat up to date. Hasil
penelitian ini menguraikan tentang Profil, Visi-Misi dan Produk Layanan KC Bank
Syariah Indonesia Bone. Penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu: Uji validitas,
Uji reliabilitas, Analisis deskriptip responden, Statistik deskriptip, Uji asumsi klasik,
Uji multikolinieritas, Uji heteroskedastislitas, Analisis regresi linier berganda, Hasil
pengujian hipotesis: Uji t dan Uji f serta yang terakhir yaitu Koefisien determinasi.
Penelitian kuantitatif digunakan sebagai desain utama dengan mengambil sampel
sebanyak 100 responden yang berada di Kabupaten Bone dan di analisis
menggunakan regresi linier berganda. berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa
kualitas layanan dan fitur produk BSI Mobile secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahsan penelitian dengan menggunakan uji
regresi linier berganda dan uji hipotesis mengenai pengaruh kualitas layanan dan fitur
produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten
Bone, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dan uji t ditemukan
bahwasanya 0,001 merupakan nilai sig. variabel kualitas layanan yang mana
memperlihatkan bahwasanya kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah.
2. Pada perolehan analisis regresi linier berganda dan uji t, diketahui bahwa
0,792 merupakan nilai koefisien regresi dari variabel fitur produk yang mana
memperlihatkan bahwasanya nilai tersebut mempunyai arahpositif. Nilai sig
variabel fitur produk untuk uji t diemukan sebesar 0,000 yang menunjukkan
bahwa variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
3. Hasil Uji f menunjukkan bahwasanya nilai signifikan adalah 0,000 atau
kurang dari 0,05, berdasarkan hasil temuan. Kesimpulan: kepuasan pelanggan
di BSI Mobile secara signifikan dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan
dan karakteristik produk, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Nilai R
0,668 menunjukkan korelasi yang cukup baik antara kepuasan pelanggan atau
nasabah dengan produk kualitas dan layanan BSI Mobile. Kualitas layanan
dan karakteristik produk BSI Mobile memiliki pengaruh sebesar 44,6%
terhadap sisi yang dipengaruhi oleh faktor lain, sesuai dengan nilai R Square
sebesar 0,446 .
B. Saran
Berdasarkan temuan penelitian, kepuasan nasabah di BSI Mobile secara
signifikan dipengaruhi oleh kualitas layanan perusahaan dan atribut produk.
Berdasarkan temuan penelitian, PT. Bank Syariah Indonesia Tbk yang sudah
berkembang sebagai bank syariah terbesar di negara Indonesia harus selalu konsisten
dalam menaikkan atau meningkatkan mutu layanan produk pada BSI Mobile. Bank
Syariah Indonesia. selalu melakukan pembaruan atau berinovasi untuk meningkatkan
berbagai fitur yang tersedia pada BSI Mobile, sehingga nasabah hendak merasakan
kemudahan juga kenyamanan ketika menggunakan Bank Syariah IndonesiaMobile.
BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone.
Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal, penelitian asosiatif kausal
yang menganalisis hubungan variabel-variabel dan menguji hipotesis yang sudah di
rumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan teknik menyebarkan kuesioner
untuk mengumpulkan data primer. Data yang dikumpulkan lansung dari sumbernya
oleh peneliti disebut sebagai data primer dan juga mempunyai sifat up to date. Hasil
penelitian ini menguraikan tentang Profil, Visi-Misi dan Produk Layanan KC Bank
Syariah Indonesia Bone. Penelitian ini menggunakan beberapa uji yaitu: Uji validitas,
Uji reliabilitas, Analisis deskriptip responden, Statistik deskriptip, Uji asumsi klasik,
Uji multikolinieritas, Uji heteroskedastislitas, Analisis regresi linier berganda, Hasil
pengujian hipotesis: Uji t dan Uji f serta yang terakhir yaitu Koefisien determinasi.
Penelitian kuantitatif digunakan sebagai desain utama dengan mengambil sampel
sebanyak 100 responden yang berada di Kabupaten Bone dan di analisis
menggunakan regresi linier berganda. berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa
kualitas layanan dan fitur produk BSI Mobile secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahsan penelitian dengan menggunakan uji
regresi linier berganda dan uji hipotesis mengenai pengaruh kualitas layanan dan fitur
produk BSI Mobile terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia di Kabupaten
Bone, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dan uji t ditemukan
bahwasanya 0,001 merupakan nilai sig. variabel kualitas layanan yang mana
memperlihatkan bahwasanya kualitas layanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan nasabah.
2. Pada perolehan analisis regresi linier berganda dan uji t, diketahui bahwa
0,792 merupakan nilai koefisien regresi dari variabel fitur produk yang mana
memperlihatkan bahwasanya nilai tersebut mempunyai arahpositif. Nilai sig
variabel fitur produk untuk uji t diemukan sebesar 0,000 yang menunjukkan
bahwa variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.
3. Hasil Uji f menunjukkan bahwasanya nilai signifikan adalah 0,000 atau
kurang dari 0,05, berdasarkan hasil temuan. Kesimpulan: kepuasan pelanggan
di BSI Mobile secara signifikan dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan
dan karakteristik produk, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Nilai R
0,668 menunjukkan korelasi yang cukup baik antara kepuasan pelanggan atau
nasabah dengan produk kualitas dan layanan BSI Mobile. Kualitas layanan
dan karakteristik produk BSI Mobile memiliki pengaruh sebesar 44,6%
terhadap sisi yang dipengaruhi oleh faktor lain, sesuai dengan nilai R Square
sebesar 0,446 .
B. Saran
Berdasarkan temuan penelitian, kepuasan nasabah di BSI Mobile secara
signifikan dipengaruhi oleh kualitas layanan perusahaan dan atribut produk.
Berdasarkan temuan penelitian, PT. Bank Syariah Indonesia Tbk yang sudah
berkembang sebagai bank syariah terbesar di negara Indonesia harus selalu konsisten
dalam menaikkan atau meningkatkan mutu layanan produk pada BSI Mobile. Bank
Syariah Indonesia. selalu melakukan pembaruan atau berinovasi untuk meningkatkan
berbagai fitur yang tersedia pada BSI Mobile, sehingga nasabah hendak merasakan
kemudahan juga kenyamanan ketika menggunakan Bank Syariah IndonesiaMobile.
Ketersediaan
| SFEBI20230102 | 102/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
102/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
