Peran Kelas Tahfidz Quran Dalam Menumbuhkan Minat Menghafal Al-Quran Siswa di MTs DDI Seppange
Riski Amalia/862082020158 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kelas tahfidz dalam
menumbuhkan minat menghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh dengan mewawancarai tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan, siswa serta orang tua siswa di MTs DDI Seppange. Data penelitian
menunjukkan program kelas tahfidz di MTs DDI Seppange dapat memberikan
siswa wadah untuk menghafal serta siswa dapat mengembangkan bakatnya
khususnya dalam menghafal al-Qur‟an. Dibentuknya kelas tahfidz tersebut siswa
lebih semangat masuk dan menghafal al-Qur‟an, karena menghfal al-Qur‟an
merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah Swt. Motivasi dan bimbingan
dari pembimbing serta dorongan dari orang tua dapat menumbuhkan minat siswa
di MTs DDI Seppange dalam menghafal al-Qur‟an
A. Kesimpulan
Setelah penelitian dilakukan dengan berbagai pengumpulan data dan
analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang diajukan
dalam penelitian yang berjudul “Peran Kelas Tahfidz Qur‟an Dalam
Menumbuhkan Minat Menghfal Al-Qur‟an Siswa di MTs DDI Seppange” maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Peran kelas tahfidz qur‟an dalam menumbuhkan minat menghafal alqur‟an siswa di MTs DDI Seppange terkait perannya itu: sebagai wadah dalam
menghafal al-Qur‟an yang mencakup tentang sebagai wadah pengembangan
bakat, menumbuhkan minat menghafal serta meningkatkan motivasi siswa dalam
menghafal al-Qur‟an.
Menumbuhkan minat meghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange
terdapat 2 minat dalam menumbuhkan minat menghafal siswa, yakni minat
personal merupakan minat yang terkait dengan rasa sikap dan motiasi yang
tumbuh dari diri sendiri. Minat situasional merupakan minat yang muncul diluar
dari diri seseorang. Minat tersebut mengarah pada suasana kelas, cara mengajar
pembimbing ataupun dorongan dari orang tua.
Motivasi siswa dalam menghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange
terdapat 2 dorongan, yakni: dorongan dari keluarga khususnya orang tua dan
dorongan dari lingkungan seperti pertemanan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian serta analisis yang peneliti lakukan pada
peran kelas tahfidz qur‟an dalam menumbuhkan minat menghafal al-Qur‟an siswa
di MTs DDI Seppange, peneliti mengajukan saran dengan harapan dapat menjadi
bahan pertimbangan, sebagai berikut:
1. Kepada kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Seppange agar bisa memberikan
fasilitas yang baik lagi bagi siswa kelas tahfidz baik dalam sarana maupun
prasarana agar siswa bisa lebih semangat lagi dalam menghafal al-Qur‟an.
2. Kepada guru tahfidz MTs DDI Seppange supaya lebih meningkatkan tugasnya
baik dalam keaktifannya maupun didalam meneliti bacaan siswa yang sedang
menyetorkan hafalan. Maka sebaiknya metode tahfidz al-Qur‟an dapat
ditambah agar kualitas tahfidz al-Qur‟an di madrasah semakin lebih berkualitas
3. Kepada siswa supaya tidak mengandalkan kegiatan yang ada dalam madrasah,
maka sebaiknya siswa harus pintar dalam mensiasati agar hafalan al-Qur‟annya
lebih baik dan berkualitas
menumbuhkan minat menghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Data yang diperoleh dengan mewawancarai tenaga pendidik dan tenaga
kependidikan, siswa serta orang tua siswa di MTs DDI Seppange. Data penelitian
menunjukkan program kelas tahfidz di MTs DDI Seppange dapat memberikan
siswa wadah untuk menghafal serta siswa dapat mengembangkan bakatnya
khususnya dalam menghafal al-Qur‟an. Dibentuknya kelas tahfidz tersebut siswa
lebih semangat masuk dan menghafal al-Qur‟an, karena menghfal al-Qur‟an
merupakan salah satu ibadah yang dicintai Allah Swt. Motivasi dan bimbingan
dari pembimbing serta dorongan dari orang tua dapat menumbuhkan minat siswa
di MTs DDI Seppange dalam menghafal al-Qur‟an
A. Kesimpulan
Setelah penelitian dilakukan dengan berbagai pengumpulan data dan
analisis data yang digunakan dalam menjawab rumusan masalah yang diajukan
dalam penelitian yang berjudul “Peran Kelas Tahfidz Qur‟an Dalam
Menumbuhkan Minat Menghfal Al-Qur‟an Siswa di MTs DDI Seppange” maka
dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:
Peran kelas tahfidz qur‟an dalam menumbuhkan minat menghafal alqur‟an siswa di MTs DDI Seppange terkait perannya itu: sebagai wadah dalam
menghafal al-Qur‟an yang mencakup tentang sebagai wadah pengembangan
bakat, menumbuhkan minat menghafal serta meningkatkan motivasi siswa dalam
menghafal al-Qur‟an.
Menumbuhkan minat meghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange
terdapat 2 minat dalam menumbuhkan minat menghafal siswa, yakni minat
personal merupakan minat yang terkait dengan rasa sikap dan motiasi yang
tumbuh dari diri sendiri. Minat situasional merupakan minat yang muncul diluar
dari diri seseorang. Minat tersebut mengarah pada suasana kelas, cara mengajar
pembimbing ataupun dorongan dari orang tua.
Motivasi siswa dalam menghafal al-Qur‟an siswa di MTs DDI Seppange
terdapat 2 dorongan, yakni: dorongan dari keluarga khususnya orang tua dan
dorongan dari lingkungan seperti pertemanan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian serta analisis yang peneliti lakukan pada
peran kelas tahfidz qur‟an dalam menumbuhkan minat menghafal al-Qur‟an siswa
di MTs DDI Seppange, peneliti mengajukan saran dengan harapan dapat menjadi
bahan pertimbangan, sebagai berikut:
1. Kepada kepala Madrasah Tsanawiyah DDI Seppange agar bisa memberikan
fasilitas yang baik lagi bagi siswa kelas tahfidz baik dalam sarana maupun
prasarana agar siswa bisa lebih semangat lagi dalam menghafal al-Qur‟an.
2. Kepada guru tahfidz MTs DDI Seppange supaya lebih meningkatkan tugasnya
baik dalam keaktifannya maupun didalam meneliti bacaan siswa yang sedang
menyetorkan hafalan. Maka sebaiknya metode tahfidz al-Qur‟an dapat
ditambah agar kualitas tahfidz al-Qur‟an di madrasah semakin lebih berkualitas
3. Kepada siswa supaya tidak mengandalkan kegiatan yang ada dalam madrasah,
maka sebaiknya siswa harus pintar dalam mensiasati agar hafalan al-Qur‟annya
lebih baik dan berkualitas
Ketersediaan
| STAR20240199 | 199/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
199/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
