Pengaruh Label Halal, Kualitas dan Penentuan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Pada Wanita Muslim di Kabupaten Bone)
Mardiana/602022019166 - Personal Name
Perusahaan kosmetik didorong untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menerapkan
strategi pemasaran, dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan kuantitas penduduk
yang meningkat mendorong konsumen melihat keunggulan produk seperti label halal
sebelum memilih dan membeli produk tersebut. Selain label halal penilaian konsumen
dalam upaya pembelian produk ialah kualitas dan harga produk. Maka label halal,
kualitas dan harga produk menjadi salah satu pokok utama konsumen dalam pembelian
suatu produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh label halal, kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian produk
kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara
menyebarkan kuesioner secara online melalui google form kepada wanita muslim di
Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 412.591 jiwa. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan
cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang
digunakan diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara
bersama-sama (simultan) label halal, kualitas dan harga produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian ditunjukan dari nilai F hitung sebesar 33,290 sedangkan F tabel sebesar
3,091 artinya (F hitung > F tabel ). Secara parsial variabel label halal berpengaruh signifikan
dengan nilai t hitung > t tabel yaitu (2,368 > 1,66088), variabel kualitas produk berpengaruh
signifikan sebesar t hitung > t tabel yaitu (3,298 > 1,66088), dan variabel harga produk
berpengaruh signifikan sebesar t hitung > t tabel yaitu (2,478 > 1,66088).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat di ambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada
wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa adanya label halal
yang terdapat pada kemasan produk kosmetik akan meningkatkan keputusan
pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
2. Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa semakin
tinggi tingkat kualitas produk yang terdapat pada suatu produk kosmetik akan
meningkatkan keputusan pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten
Bone.
3. Penentuan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk
kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa
semakin rendah harga suatu produk kosmetik maka akan semakin tinggi
keputusan pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
4. Label halal, kualitas dan penentuan harga produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone.
Hal ini bermakna bahwa ketiga variabel tersebut tidak dapat dipisahkan antara
satu dengan yang lainnya. Dimana adanya label halal pada produk kosmetik,
kualitas dan penentuan harga produk yang baik, akan meningkatkan keputusan
pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh,
adapun saran yang dapat diberikan berhubungan dengan hasil penelitian ini sebagai
berikut:
1. Bagi perusahaan produk kosmetik, agar tetap mencantumkan label halal pada
setiap produknya yang akan dikeluarkan serta bekerja sama dengan LPPOM-
MUI dan pakar-pakar kesehatan agar mesyarakat lebih mendalami tentang
pentingnya kosmetik yang sehat dan suci, serta tetap memberikan kualitas yang
baik dan tarif harga yang sesuai dengan produkproduk yang akan dikeluarkan,
sehingga dapat meningkatkan proses keputusan pembelian.
2. Bagi konsumen, yang melakukan pembelian terhadap produk kosmetik
khususnya wanita muslim agar memilih produk yang harganya sesuai dengan
kualitas, manfaat yang dibutukan dan produk tersebut berlabelisasi halal dengan
memperhatikan label halal yang tertera pada setiap kemasan produk yang akan
dikonsumsinya, karena hal tersebut merupakan perintah Allah swt. seperti yang
dijelaskan dalam beberapa surah al-Quran yang harus dilaksanakan sesuai
dengan syariat Islam.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan
meneliti beberapa variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
seperti keputusan dalam memilih produk kosmetik sesuai dengan kesadaran
halal, citra merek, kebutuhan konsumen, dan sebagainya yang dapat
mempengaruhi keputusan pembeli terhadap produk kosmetik. Penelitian
selanjutnya juga dapat mengunakan metode lain seperti melakukan wawancara
terhadap konsumen, sehingga informasi yang diperoleh lebih bervariasi dari
pada jawaban kuesioner yang telah tersedia.
C. Implikasi
Implikasi pada penelitian ini ditujukan kepada wanita muslim di
Kabupaten Bone dan bagi perusahaan kosmetik. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pengetahuan berupa sumbangan pemikiran tentang pengaruh label
halal, kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
diantaranya:
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi produk halal memiliki implikasi
positif dalam membangun iklim bisnis halal di Indonesia. Bagi konsumen
sertifikat halal meberikan perlindungan, jaminan, informasi kehalalan produk
dan menjadi instrumen etika bisnis. Bagi para pelaku usaha, sertifikasi halal
memberikan keuntungan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan
meraih pasar pangan halal global. Sertifikasi halal juga mempengaruhi
kepercayaan konsumen pada produk bersertifikat halal untuk dikonsumsi karena
memiliki loyalitas dan legalitas produk yang digunakan.
2. Kualitas produk sebagai unsur kepuasan pelanggan, pentingnya manajemen
untuk memperhatikan kelima faktor yang ada untuk diterapkan yaitu keandalan,
daya tahan, mudah digunakan, nama merek yang terkenal dan dipercaya, serta
harga yang relatif rendah perlu diperhatikan dan menganalisis kembali apakah
kualitas yang diberikan saat ini sudah maksimal sehingga konsumen merasa
puas terhadap suatu produk.
3. Dengan adanya pengaruh penentuan harga terhadap keputusan pembelian
menunjukkan harga memiliki peranan penentu dalam pilihan pembeli.
Manajemen perlu memperhatikan harga yang merupakan bahan dasar konsumen
sebagai pembanding dengan harga produk pesaing, maka perlunya menganalisis
kembali apakah harga yang ditawarkan ataupun penetapan harga cukup
kompetitif dibandingkan pesaing.
strategi pemasaran, dengan pertumbuhan ekonomi yang maju dan kuantitas penduduk
yang meningkat mendorong konsumen melihat keunggulan produk seperti label halal
sebelum memilih dan membeli produk tersebut. Selain label halal penilaian konsumen
dalam upaya pembelian produk ialah kualitas dan harga produk. Maka label halal,
kualitas dan harga produk menjadi salah satu pokok utama konsumen dalam pembelian
suatu produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh label halal, kualitas dan harga produk terhadap keputusan pembelian produk
kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Penelitian ini menggunakan metode
pendekatan secara kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara
menyebarkan kuesioner secara online melalui google form kepada wanita muslim di
Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 412.591 jiwa. Sampel yang
digunakan sebanyak 100 responden dengan menggunakan rumus slovin, diambil dengan
cara probability sampling dengan teknik simple random sampling. Analisis data yang
digunakan diolah menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara
bersama-sama (simultan) label halal, kualitas dan harga produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian ditunjukan dari nilai F hitung sebesar 33,290 sedangkan F tabel sebesar
3,091 artinya (F hitung > F tabel ). Secara parsial variabel label halal berpengaruh signifikan
dengan nilai t hitung > t tabel yaitu (2,368 > 1,66088), variabel kualitas produk berpengaruh
signifikan sebesar t hitung > t tabel yaitu (3,298 > 1,66088), dan variabel harga produk
berpengaruh signifikan sebesar t hitung > t tabel yaitu (2,478 > 1,66088).
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat di ambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Label halal berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik pada
wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa adanya label halal
yang terdapat pada kemasan produk kosmetik akan meningkatkan keputusan
pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
2. Kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa semakin
tinggi tingkat kualitas produk yang terdapat pada suatu produk kosmetik akan
meningkatkan keputusan pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten
Bone.
3. Penentuan harga produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk
kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone. Hal ini bermakna bahwa
semakin rendah harga suatu produk kosmetik maka akan semakin tinggi
keputusan pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
4. Label halal, kualitas dan penentuan harga produk berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk kosmetik pada wanita muslim di Kabupaten Bone.
Hal ini bermakna bahwa ketiga variabel tersebut tidak dapat dipisahkan antara
satu dengan yang lainnya. Dimana adanya label halal pada produk kosmetik,
kualitas dan penentuan harga produk yang baik, akan meningkatkan keputusan
pembelian konsumen wanita muslim di Kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, pembahasan dan kesimpulan yang diperoleh,
adapun saran yang dapat diberikan berhubungan dengan hasil penelitian ini sebagai
berikut:
1. Bagi perusahaan produk kosmetik, agar tetap mencantumkan label halal pada
setiap produknya yang akan dikeluarkan serta bekerja sama dengan LPPOM-
MUI dan pakar-pakar kesehatan agar mesyarakat lebih mendalami tentang
pentingnya kosmetik yang sehat dan suci, serta tetap memberikan kualitas yang
baik dan tarif harga yang sesuai dengan produkproduk yang akan dikeluarkan,
sehingga dapat meningkatkan proses keputusan pembelian.
2. Bagi konsumen, yang melakukan pembelian terhadap produk kosmetik
khususnya wanita muslim agar memilih produk yang harganya sesuai dengan
kualitas, manfaat yang dibutukan dan produk tersebut berlabelisasi halal dengan
memperhatikan label halal yang tertera pada setiap kemasan produk yang akan
dikonsumsinya, karena hal tersebut merupakan perintah Allah swt. seperti yang
dijelaskan dalam beberapa surah al-Quran yang harus dilaksanakan sesuai
dengan syariat Islam.
3. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan
meneliti beberapa variabel lainnya yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini
seperti keputusan dalam memilih produk kosmetik sesuai dengan kesadaran
halal, citra merek, kebutuhan konsumen, dan sebagainya yang dapat
mempengaruhi keputusan pembeli terhadap produk kosmetik. Penelitian
selanjutnya juga dapat mengunakan metode lain seperti melakukan wawancara
terhadap konsumen, sehingga informasi yang diperoleh lebih bervariasi dari
pada jawaban kuesioner yang telah tersedia.
C. Implikasi
Implikasi pada penelitian ini ditujukan kepada wanita muslim di
Kabupaten Bone dan bagi perusahaan kosmetik. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan pengetahuan berupa sumbangan pemikiran tentang pengaruh label
halal, kualitas dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik
diantaranya:
1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi produk halal memiliki implikasi
positif dalam membangun iklim bisnis halal di Indonesia. Bagi konsumen
sertifikat halal meberikan perlindungan, jaminan, informasi kehalalan produk
dan menjadi instrumen etika bisnis. Bagi para pelaku usaha, sertifikasi halal
memberikan keuntungan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan
meraih pasar pangan halal global. Sertifikasi halal juga mempengaruhi
kepercayaan konsumen pada produk bersertifikat halal untuk dikonsumsi karena
memiliki loyalitas dan legalitas produk yang digunakan.
2. Kualitas produk sebagai unsur kepuasan pelanggan, pentingnya manajemen
untuk memperhatikan kelima faktor yang ada untuk diterapkan yaitu keandalan,
daya tahan, mudah digunakan, nama merek yang terkenal dan dipercaya, serta
harga yang relatif rendah perlu diperhatikan dan menganalisis kembali apakah
kualitas yang diberikan saat ini sudah maksimal sehingga konsumen merasa
puas terhadap suatu produk.
3. Dengan adanya pengaruh penentuan harga terhadap keputusan pembelian
menunjukkan harga memiliki peranan penentu dalam pilihan pembeli.
Manajemen perlu memperhatikan harga yang merupakan bahan dasar konsumen
sebagai pembanding dengan harga produk pesaing, maka perlunya menganalisis
kembali apakah harga yang ditawarkan ataupun penetapan harga cukup
kompetitif dibandingkan pesaing.
Ketersediaan
| SFEBI20230041 | 41/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
41/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
