Pengaruh Positioning Terhadap Peningkatan Profit Melalui Keputusan Penyewaan Ditinjau Dari Persfektif Ekonomi Islam (Studi Usaha Penyewaan Alat Pesta Pernikahan di Widury Galery)
Rahayu Ashari Rafli/01.18.3161 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang pengaruh positioning terhadap peningkatan profit
melalui keputusan penyewaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh positioning terhadap peningkatan profit melalui keputusan
penyewaan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positioning terhadap
peningkatan profit melalui keputusan penyewaan. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan pendekatan keilmuan. Penelitian ini menggunakan 40
sampel. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yakni
menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Kemudian, tekhnik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah CB-SEM (covariance-based structural equation
modeling).
Dari hasil analisis data, ditemukan ketiga variabel saling mempengaruhi, dimana:
Variabel keputusan penyewaan mempengaruhi variabel peningkatan profit. Variabel
positioning mempengaruhi keputusan penyewaan, dan variabel positioning
mempengaruhi variabel peningkatan profit. Adapun pengaruh variabel keputusan
penyewaan terhadap peningkatan profit adalah sebesar 0.626. Kemudian,besar
pengaruh variabel positioning terhadap variabel keputusan penyewaan adalah -0.295.
Selanjutnya, hasil uji pada variabel positioning terhadap variabel peningkatan profit
diperoleh nilai p-value 0.002 < 0.05 maka dapat disimpilkan bahwa variabel
positioning berpengaruh dan signifikan terhadap peningkatan profit dengan besar
pengaruhnya yaitu 0.438.
A. Kesimpulan
Positioning merupakan variabel dependen, peningkatan profit merupakan
variabel independen, dan keputusan penyewaan merupakan variabel intervening.
Dalam penelitian ini, ketiga variabel tersebut saling mempengaruhi. Variabel
keputusan penyewaan mempengaruhi variabel peningkatan profit. Variabel
positioning mempengaruhi keputusan penyewaan, dan variabel positioning
mempengaruhi variabel peningkatan profit. Adapun pengaruh variabel keputusan
penyewaan terhadap peningkatan profit adalah sebesar 0.626,. Kemudian, besar
pengaruh variabel positioning terhadap variabel keputusan penyewaan adalah -
0.295. Seterusnya, hasil uji pada variabel positioning terhadap variabel
peningkatan profit diperoleh nilai p-value 0.002 < 0.05 maka dapat disimpulkan
bahwa variabel inovasi berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan dengan
besar pengaruhnya yaitu 0.438.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat saran dari peneliti yang nantinya
dapat menjadi pertimbangan masyarakat dan peneliti selanjutnya agar menjadi
lebih baik lagi, yaitu:
1. Bagi Masyarakat
Dalam penyewaan alat pesta Widury Galeriy, masyarakat cenderung
masih mempertimbangkan faktor harga dan kualitas. Terlihat dari hasil
tabulasi data, belum sepenuhnya masyarakat melakukan penyewaan
dikarenakan kualitas dan harga. Mereka cenderung melakukan penyewaan
dikarenakan keterbatasan penyewaan alat pesta.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini hanya meliputi positioning, peningkatan profit, dan
keputusan penyewaan. Ketiga variabel tersebut saling mempengaruhi.
Variabel keputusan penyewaan mempengaruhi peningkatan profit yakni
sebesar 0,626. Sementara variabel positioning dengan keputusan penyewaan
adalah sebesar -0,295, dan variabel positioning dengan peningkatan profit
sebesar 0, 438. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya, dapat
mengembangkan penelitian ini dengan lebih banyak variabel dan cakupan
yang lebih luas lagi.
C. Implikasi
Dianatara tiga variabel yang digunakan, yakni positioning, peningkatan profit,
dan keputusan penyewaan. Diantara ketiga variabel tersebut, positioning adalah
faktor terbesar masyarakat dalam melakukan penyewaan sehingga dapat
meningkatkan profit.
melalui keputusan penyewaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana pengaruh positioning terhadap peningkatan profit melalui keputusan
penyewaan, dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh positioning terhadap
peningkatan profit melalui keputusan penyewaan. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan pendekatan keilmuan. Penelitian ini menggunakan 40
sampel. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling yakni
menjadikan seluruh populasi sebagai sampel. Kemudian, tekhnik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah CB-SEM (covariance-based structural equation
modeling).
Dari hasil analisis data, ditemukan ketiga variabel saling mempengaruhi, dimana:
Variabel keputusan penyewaan mempengaruhi variabel peningkatan profit. Variabel
positioning mempengaruhi keputusan penyewaan, dan variabel positioning
mempengaruhi variabel peningkatan profit. Adapun pengaruh variabel keputusan
penyewaan terhadap peningkatan profit adalah sebesar 0.626. Kemudian,besar
pengaruh variabel positioning terhadap variabel keputusan penyewaan adalah -0.295.
Selanjutnya, hasil uji pada variabel positioning terhadap variabel peningkatan profit
diperoleh nilai p-value 0.002 < 0.05 maka dapat disimpilkan bahwa variabel
positioning berpengaruh dan signifikan terhadap peningkatan profit dengan besar
pengaruhnya yaitu 0.438.
A. Kesimpulan
Positioning merupakan variabel dependen, peningkatan profit merupakan
variabel independen, dan keputusan penyewaan merupakan variabel intervening.
Dalam penelitian ini, ketiga variabel tersebut saling mempengaruhi. Variabel
keputusan penyewaan mempengaruhi variabel peningkatan profit. Variabel
positioning mempengaruhi keputusan penyewaan, dan variabel positioning
mempengaruhi variabel peningkatan profit. Adapun pengaruh variabel keputusan
penyewaan terhadap peningkatan profit adalah sebesar 0.626,. Kemudian, besar
pengaruh variabel positioning terhadap variabel keputusan penyewaan adalah -
0.295. Seterusnya, hasil uji pada variabel positioning terhadap variabel
peningkatan profit diperoleh nilai p-value 0.002 < 0.05 maka dapat disimpulkan
bahwa variabel inovasi berpengaruh dan signifikan terhadap pendapatan dengan
besar pengaruhnya yaitu 0.438.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan penelitian terdapat saran dari peneliti yang nantinya
dapat menjadi pertimbangan masyarakat dan peneliti selanjutnya agar menjadi
lebih baik lagi, yaitu:
1. Bagi Masyarakat
Dalam penyewaan alat pesta Widury Galeriy, masyarakat cenderung
masih mempertimbangkan faktor harga dan kualitas. Terlihat dari hasil
tabulasi data, belum sepenuhnya masyarakat melakukan penyewaan
dikarenakan kualitas dan harga. Mereka cenderung melakukan penyewaan
dikarenakan keterbatasan penyewaan alat pesta.
2. Bagi Peneliti Selanjutnya
Penelitian ini hanya meliputi positioning, peningkatan profit, dan
keputusan penyewaan. Ketiga variabel tersebut saling mempengaruhi.
Variabel keputusan penyewaan mempengaruhi peningkatan profit yakni
sebesar 0,626. Sementara variabel positioning dengan keputusan penyewaan
adalah sebesar -0,295, dan variabel positioning dengan peningkatan profit
sebesar 0, 438. Diharapkan bagi penelitian selanjutnya, dapat
mengembangkan penelitian ini dengan lebih banyak variabel dan cakupan
yang lebih luas lagi.
C. Implikasi
Dianatara tiga variabel yang digunakan, yakni positioning, peningkatan profit,
dan keputusan penyewaan. Diantara ketiga variabel tersebut, positioning adalah
faktor terbesar masyarakat dalam melakukan penyewaan sehingga dapat
meningkatkan profit.
Ketersediaan
| SFEBI20220234 | 234/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
234/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
